Comscore Tracker

UMKM Metro Kembangkan Olahan Susu, Pemkot Beri Bantuan Alat Produksi 

Pelatihan UMKM terbuka untuk seluruh kalangan masyarakat

Metro, IDN Times - Pemerintah Kota Metro menggelar Pelatihan Usaha Olahan Susu bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Tahun 2021, di Lec Kartikatama, Kelurahan Margorejo, Sabtu (19/6/2021).

Dalam pelatihan tersebut setiap kelompok UMKM akan mendapat bantuan berupa, mesin penepung susu, 15 wajan untuk 3 kelompok usaha, 1 mesin pasteurisasi, rak stainless, meja stainless, dan mesin continuous sealer.

"Ada tiga UKM kelompok susu yaitu Kelurahan Yosodadi mengolah susu bubuk, Kelurahan Rejomulyo mengolah susu karamel dan Kelurahan Yosomulyo mengolah aneka rasa susu," kata Kepala Dinas UMKM Kota Metro, Siti Aisyah.

Baca Juga: Hore! Kampung Alas Puri Metro jadi Kampung Digital Gradasi Kemenkoinfo

1. Pelaku UMKM harus mengasah keterampilan

UMKM Metro Kembangkan Olahan Susu, Pemkot Beri Bantuan Alat Produksi Wali Kota Metro, Wahdi meninjau langsung Pelatihan UMKM Kota Metro dan pemberian bantuan alat produksi (Instagram.com/pemerintah kota metro)

Siti menyampaikan, setiap pelaku UMKM diharapkan mampu terus mengasah keterampilan, keahlian baik dari pendidikan formal maupun kursus atau pelatihan lainnya.

“Pelatihan ini bertujuan untuk menumbuhkan pendapatan masyarakat, dan mengembangkan Sumber Daya Manusia di Kota Metro, untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif lagi,” ungkapnya.

2. UMKM menjadi lapangan pekerjaan bagi masyarakat

UMKM Metro Kembangkan Olahan Susu, Pemkot Beri Bantuan Alat Produksi Ilustrasi UMKM (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin. Menurutnya, UMKM merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan pekerjaan. UMKM juga memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat.

“Mengingat pertumbuhan dan aktifnya sektor yang dijalankan UMKM, akan mampu memberikan nilai tambah bagi masyarakat, terutama tersedianya lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan bagi masyarakat,” ujar Wahdi.

3. Pelatihan dapat diikuti seluruh kalangan masyarakat

UMKM Metro Kembangkan Olahan Susu, Pemkot Beri Bantuan Alat Produksi Pelatihan UMKM Kota Metro dan pemberian bantuan alat produksi (Instagram.com/pemerintah kota metro)

Menurut Wahdi, pemerintah daerah saat ini terus berupaya memberdayakan ekonomi masyarakat dengan penguatan pemilikan faktor-faktor produksi. Baik dari penguatan penguasaan distribusi dan pemasaran, penguatan masyarakat untuk mendapatkan penambahan ekonomi, serta penguatan masyarakat untuk memperoleh informasi, pengetahuan dan keterampilan.

“Hal tersebut tentunya harus dilakukan secara multi aspek, baik dari aspek masyarakat sendiri, maupun aspek kebijakan," ujarnya.

Pihaknya menambahkan, masyarakat dari apapun latar belakangnya dapat mengikuti kegiatan tersebut. Menurutnya untuk menjadi seorang pengusaha memang diperlukan dana tapi yang paling penting adalah niat, tenaga, kerja keras, serta ulet dalam menjalankan usaha tersebut.

Baca Juga: Metro Satu-Satunya Zona Merah di Lampung, Wali Kota Wahdi Bilang Ini

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya