UIN Raden Intan Luncurkan Alqur'an Terjemahan Bahasa Lampung

Proses terjemahan berbahasa Lampung dimulai sejak 2018

Bandar Lampung, IDN Times - Alqur’an adalah sebuah keniscayaan. Kebaikan dan kebenaran harus ditampakkan. Salah satunya adalah penerjemahan Alqur’an. Jangan sampai kebaikan seperti Alqur’an tidak ditampakkan.

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung Moh Mukri saat sosialisasi Alqur’an terjemahan bahasa Lampung di Pringsewu. Merujuk hal tersebut UIN Raden Intan Lampung bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu akan menerbitkan Alqur’an terjemahan bahasa Lampung.

1. Tak hanya sekadar cetak tapi sebagai motivasi

UIN Raden Intan Luncurkan Alqur'an Terjemahan Bahasa LampungRektor UIN Raden Intan Lampung bersama Pemerintah Kabupaten Pringsewu saat sosialisasi Al-Quran Terjemahan Bahasa Lampung (Web/UIN Raden Intan Lampung)

Rektor UIN Raden Intan Lampung Moh Mukri menjelaskan, Alqur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw sebagai petunjuk manusia dalam membangun peradaban. Sehingga dalam penerjemahan ini bukan sekadar mencetak saja, melainkan ada motivasinya.

"Yakni menarasikan dan mensosialisasikan supaya  menyelenggarakan ajaran kebaikan dalam Alqur’an. Penerjemahan ini akan menjadi legacy dan karya yang dikenang di masa mendatang," ujar guru besar bidang Ushul fiqh ini dalam keterangan tertulis, Kamis (17/12/2020).

2. Melestarikan bahasa Lampung

UIN Raden Intan Luncurkan Alqur'an Terjemahan Bahasa Lampungorbitmetro.com

Mukri menjelaskan, akan menjadi hal yang luar biasa. Karena sekaligus penghargaan untuk melestarikan bahasa Lampung. “Yang kita lakukan ini untuk membangun dan meningkatkan keadaban dan peradaban,”ungkapnya.

Menurutnya, kunci membangun peradaban unggul adalah dengan ilmu pengetahuan. “Wahyu pertama dalam Alqur’an adalah Iqra’, bacalah, belajarlah. Alqur’an ini ialah kitab yang paling cerdas dan lengkap. Selain cerdas intelektual, kita juga diharuskan cerdas secara emosional dan spiritual,” tambahnya.

3. Diluncurkan 2021

UIN Raden Intan Luncurkan Alqur'an Terjemahan Bahasa LampungANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

Bupati Pringsewu, Sujadi berharap, penerjemahan ini akan menjadi amal jariyah untuk kita semua. Dia beserta tim juga masih menerima masukan untuk menyempurnakan penerjemahan tersebut.

Tujuan lain penerjemahan ini di antaranya sebagai upaya menyiarkan agama Islam di Provinsi Lampung. Selain itu, membumikan dan melestarikan bahasa Lampung di wilayah setempat.

Selain itu, penerjemahan ini juga dapat menjadi destinasi pendidikan dan penelitian khususnya tentang bahasa dan budaya Lampung. Proses terjemahan Alqur’an berbahasa Lampung ini sudah dimulai sejak 2018. Rencananya, Alqur’an ini akan diluncurkan 2021. 

Baca Juga: Cerita UIN Raden Intan Lampung Bikin Podcast untuk Moderasi Beragama

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya