Rektor Baru Unila Resmi Dilantik, Dapat Pesan Khusus dari Kemendikbud

Prof Lusmeilia rektor perempuan pertama di Unila

Bandar Lampung, IDN Times -Prof.Dr.Ir. Lusmeilia Afriani, DEA, IPM, resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Lampung (Unila ) periode 2023 – 2027 pada acara Pelantikan Pejabat Kemendikbudristek di Gedung Kemendikbud lantai tiga, Jakarta, Rabu, (18/1/2023).

Pelantikan dilakukan Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti, itu disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Kemendikbud RI. Setelah dilantik, Prof.Lusmeilia atau akrab dipanggil Prof.Lusi, melakukan pemotretan berita acara serah terima jabatan Rektor Unila. Penandatanganan dilakukan Mohammad Sofwan Effendi, yang sebelumnya ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Rektor Unila sejak Agustus 2022.

Baca Juga: Warek Unila Suharso Berikan Kesaksian Berbeda dari BAP Penyidik

1. Pesan khusus untuk rektor Unila

Rektor Baru Unila Resmi Dilantik, Dapat Pesan Khusus dari KemendikbudProf.Dr.Ir. Lusmeilia Afriani, DEA, IPM, resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Lampung ( Unila ) periode 2023 – 2027(Unila.ac.id)

Prof Lusmeilia Afriani merupakan wanita pertama menjabat sebagai Rektor Unila. Dosen Teknik Sipil Unila itu mendapat 44 suara pada pemilihan rektor tahun lalu. Dalam acara pelantikan tersebut Rektor Unila mendapat pesan khusus dari Suharti untuk berani tegas berantas korupsi.

Lusmeilia diminta membangun kembali citra Unila akibat kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang melibatkan pejabat di Unila 2022 lalu.

“Mengembalikan marwah Unila yang ternodai karena kasus yang sedang terjadi, yang saat ini sedang dalam proses persidangan,” kata Suharti dalam sambutannya.

2. Diminta berantas praktik ilegal di kampus

Rektor Baru Unila Resmi Dilantik, Dapat Pesan Khusus dari KemendikbudProf.Dr.Ir. Lusmeilia Afriani, DEA, IPM, resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Lampung ( Unila ) periode 2023 – 2027(Unila.ac.id)

Lebih lanjut, Suharti juga meminta Rektor kelahiran Palembang 1965 itu memiliki komitmen dan keberanian dalam melawan praktik-praktik ilegal di lingkungan kampus. Menurut Suharti praktik-praktik yang tidak benar harus dihentikan di semua unit organisasi.

Pesan tersebut juga ditujukan kepada 7 pejabat lainnya yang ikut dilantik, agar seluruh pimpinan dan jajaran universitas untuk tetap dalam satu barisan serta memegang prinsip-prinsip yang sama.

3. Pimpinan kampus diminta terapkan prinsip integritas

Rektor Baru Unila Resmi Dilantik, Dapat Pesan Khusus dari Kemendikbudilustrasi integritas (pexels.com/Brett Jordan)

Suharti menambahkan, Kemendikbudristek mendukung visi misi Presiden untuk mewujudkan Indonesia maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Untuk itu transformasi yang dilakukan Kemendikbudristek selama tiga tahun terakhir benar-benar benar untuk memastikan tujuan yang telah ditetapkan. Menurutnya, kebijakan merdeka belajar yang dilaksanakan melalui beberapa program dan kegiatan pembangunan tidak hanya yang dibiayai pemerintah, tetapi juga masyarakat yang bergotong-royong dan berkolaborasi dengan pihak lain.

“Tentu menjadi tugas kita bersama untuk memastikan berjalan sebaik-baiknya. Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan mungkin tidak akan berhasil secara maksimal jika kita tidak memegang prinsip-prinsip integritas, kreatif dan inovatif, inisiatif pembelajaran menjunjung meritokrasi, terlibat aktif, dan juga tanpa pamrih,” terangnya.

Baca Juga: Profil dan Fakta Rektor Baru Unila, Lusmeilia Afriani

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya