Polres Lamsel Gelar Apel Pengamanan Nataru 2024, Cek Titik Lokasinya

Melibatkan personel gabungan

Intinya Sih...

  • Kepolisian Resort Lampung Selatan gelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Krakatau 2023 untuk pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024
  • Operasi melibatkan 129.923 personel dari TNI-Polri dan stakeholder terkait, ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu
  • Pengamanan dilaksanakan di tempat ibadah Natal, tempat wisata, lokasi keramaian malam tahun baru, arus mudik balik jalur JTTS dan arteri trans Sumatra serta pelabuhan Bakauheni

Lampung Selatan, IDN Times -Kepolisian Resort (Polres) Lampung Selatan menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Krakatau 2023, dalam rangka Pengamanan Perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru Tahun 2024 (Naturu), Kamis (21/12/2023).

Acara berlangsung di lapangan Korpri Pemda Setempat itu, dipimpin langsung oleh Kapolres Lampung Selatan, AKBP Yusriandi Yusrin.

Dalam amanat Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dibacakan oleh Pimpinan Apel AKBP Yusriadi Yusrin menyampaikan bahwa Polri dengan dukungan TNI, K/L, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2023 selama 12 hari, mulai 22 Desember 2023-2 Januari 2024.

Baca Juga: Begini Pengakuan Pria Beristri di Tanggamus Bunuh Teman Selingkuhan

1. Melibatkan 129.923 personel se-Indonesia

Polres Lamsel Gelar Apel Pengamanan Nataru 2024, Cek Titik LokasinyaPotret kesiapan JTTS menjelang Nataru 2023/2024. (DOK. Hutama Karya).

Yusriadi mengatakan, operasi ini melibatkan 129.923 personel terdiri dari TNI-Polri serta stakeholder terkait lainnya ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan.

"Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024 di Wilayah Kabupaten Lampung Selatan, Polres Lampung Selatan melibatkan personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Dishub, Pol PP, Dinkes, Damkar, Basarnas 18, dan instansi pendukung lainnya," jelasnya. 

2. Petakan masalah harus diwaspadai

Polres Lamsel Gelar Apel Pengamanan Nataru 2024, Cek Titik Lokasinya(Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) IDN Times/istimewa

Menurut Yusriadi, pengamanan Naturu merupakan tugas rutin harus dipastikan berjalan aman nyaman dan lancar, sebagaimana penekanan Presiden Joko Widodo bahwa Natal dan Tahun Baru ini merupakan rutinitas tetapi harus di persiapkan utamanya berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok.

“Pada Nataru tahun ini, Polri dan stakeholder terkait telah memetakan permasalahan kamseltibcar lantas dan kamtibmas yang harus diwaspadai,” ujarnya.

3. Lokasi pengamanan

Polres Lamsel Gelar Apel Pengamanan Nataru 2024, Cek Titik LokasinyaPelabuhan Belawan yang berada dikelola Pelindo Multi Terminal (Dok. IDN Times)

Yusriadi menambahkan, pelaksanaan pengamanan dilaksanakan meliputi kegiatan pengamanan di tempat ibadah Natal 2023, tempat wisata, lokasi keramaian di malam tahun baru 2023 dan pengamanan arus mudik dan balik disepanjang jalur JTTS dan arteri trans Sumatra serta serta pelabuhan penyeberangan Bakauheni.

“Guna menjamin pelaksanaan ibadah natal berjalan dengan hikmad dan aman, pastikan setiap lokasi ibadah sudah disterilisasi dan libatkan ormas-ormas keagamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi beragama,” tandasnya.

Baca Juga: Ops Lilin Krakatau 2023, 1.050 Gereja di Lampung Diamankan saat Natal

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya