Comscore Tracker

Pemkot Bandar Lampung Hentikan Proyek Pembangunan Lampung City

Imbas bangunan ambruk dan satu pekerja meninggal dunia

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung buka suara terkait ambruknya bangunan yang direncanakan menjadi mall dan apartemen Lampung City dikerjakan Nusa Raya Cipta General Contractor, Sabtu (27/3/2021). Pemkot meminta kepada pengembang pembangunan untuk menghentikan sementara proyek tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Bandar Lampung, Yustam Effendi saat dikonfirmasi awak media, Senin (29/3/2021).

1. Belum diketahui perusahaan mana akan bertanggung jawab

Pemkot Bandar Lampung Hentikan Proyek Pembangunan Lampung CitySebuah bangunan yang direncanakan akan menjadi mall dan apartemen Lampung City ambrol dari lantai paling atas pada Sabtu (27/3/2021). (IDN Times/Silviana).

Yustam mengatakan, sudah meninjau langsung ke lokasi kejadian. Namun ia belum bisa memastikan apa  membuat bangunan yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso itu ambruk.

"Kita masih belum bisa pastikan kenapa bisa ambruk. Polisi pun sekarang sedang menyelidikinya," ujarnya.

Yustam menambahkan, pihaknya juga mengatakan belum tahu secara pasti nama perusahaan yang akan bertanggung jawab kejadian ini. "Kalau kontraktornya kan NRC tapi kalau perusahaannya siapa itu kita juga belum tau ini," terangnya. 

Baca Juga: [BREAKING] Dua Rumah Mewah di Perumahan Bandar Lampung Ambruk

2. Kelalaian terjadi pada penyangga cor-coran tidak kokoh

Pemkot Bandar Lampung Hentikan Proyek Pembangunan Lampung CitySebuah bangunan yang direncanakan akan menjadi mall dan apartemen Lampung City ambrol dari lantai paling atas pada Sabtu (27/3/2021). (IDN Times/Silviana).

Menurut Yustam, diduga ada kelalaian proyek bangunan tersebut. Dari hasil tinjauannya di lokasi kejadian terlihat penyangga cor-coran yang runtuh kondisinya tidak kokoh.

"Jadi ada kaya semacam steger gitu gak sampai diujung. Jadi semacam cor-coran itu kurang kekuatan buat menahan beban," tuturnya.

Ia menyatakan, Pemkot saat ini sebatas melarang aktivitas pekerjaan pembangunan tersebut. Namun secara resmi belum bertemu dengn pihak pengembang. "Saya belum ketemu pengembang jadi cuma ada security tadi," terangnya.

3. Pekerja meninggal dunia warga Jateng

Pemkot Bandar Lampung Hentikan Proyek Pembangunan Lampung CityIlustrasi TKP (IDN Times/Mardya Shakti)

Ambruknya bangunan tersebut satu orang pekerja meninggal dunia adalah Ruslaini warga Brebes Jawa Tengah. Korban lainnya, Joni warga Bandar Lampung mengalami patah kaki saat ini dirawat di Rumah Sakit Budi Medika Bandar Lampung.

Kapolsek Telukbetung Selatan, Kompol Hari Budianto, mengatakan, korban meninggal dunia sudah dilakukan autopsi di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung. Pihaknya telah memeriksa tiga saksi dari pekerja dan satu orang bagian safety officer keselamatan.

Baca Juga: Bangunan Mal dan Apartemen Ambruk, Satu Pekerja Meninggal, Satu Kritis

Topic:

  • Silviana
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya