Libur Nataru 2023, Pemkab Lamsel Pastikan Keamanan Wisatawan 

Pengelola pantai diimbau melengkapi fasilitas keamanan

Lampung Selatan, IDN Times - Musim libur sekolah telah tiba. Antusias masyarakat mengunjungi tempat wisata saat liburan sekaligus menyambut momen tahun baru 2024 sangat tinggi. Demi menjaga keselamatan masyarakat dalam berwisata, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Pemkab Lamsel) bersama TNI/Polri, melakukan monitoring ke sejumlah tempat wisata pantai di Kecamatan Kalianda.

"Monitoring ini untuk  memastikan kesiapan pengelola wisata pantai terhadap fasilitas yang tersedia. Sehingga keamanan dan kenyamanan para pengunjung dapat terjamin dengan baik," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Lamsel, M. Sefri Masdian, Rabu (27/12/2023).

Tim gabung mengunjungi destinasi wisata Bagus Beach, Aruna Beach, M.Beach dan Star Light Cabin. Sebelumnya pada Kamis (21/12/2023), tim telah mendatangi Pantai Kedu, Pantai Pelangi Indah, Pantai Kalianda Beach, dan Pantai Kedu Warna.

Baca Juga: Arus Mudik Natal 2023, 127.755 Orang ke Jawa Lewat Pelabuhan Bakauheni

1. Imbau pengelola pantai jamin keamanan dan kenyamanan pengunjung

Libur Nataru 2023, Pemkab Lamsel Pastikan Keamanan Wisatawan instagram/embeach

Menurut Plt Kepala Dinas Pariwisata Lamsel, Kurnia Oktaviani, pihaknya telah memberikan surat imbauan ke beberapa destinasi wisata untuk membuat papan peringatan seperti dilarang mandi, menyediakan lifeguard, dan tidak menjual minuman beralkohol.

“Kami telah mengirimkan surat imbauan, termasuk Pantai Bagus, Aruna, dan MB Beach yang hari ini dikunjungi. Kami tinjau langsung apakah sudah sesuai surat imbauan. Kami juga ingin berinteraksi dan mendengar langsung pendapat pengunjung, serta berdiskusi dengan pengelola wisata,” terangnya.

Baca Juga: Sebelum Liburan Natal dan Tahun Baru 2022, Wajib Lapor Pamong Desa

2. Pengelola pantai sudah siapkan dua lifeguard

Libur Nataru 2023, Pemkab Lamsel Pastikan Keamanan Wisatawan potret Pantai Mindil (istockphoto.com/bloodstone)

Rustam, seorang penjaga destinasi wisata Bagus Beach menyatakan, pihaknya juga telah menyiapkan petugas tambahan untuk memantau pengunjung pada libur Nataru 2023.

“Kami juga menyiapkan petugas sebanyak dua orang yang senantiasa memantau para pengunjung, terutama yang bermain di bibir pantai,” katanya

3. Wisatawan diimbau tak berenang melewati garis pembatas

Libur Nataru 2023, Pemkab Lamsel Pastikan Keamanan Wisatawan instagram/embebeach

Manager MBeach, Abing menjelaskan, kenyamanan dan keamanan pengunjung menjadi prioritas utama pihaknya. Menurut Abing, pengunjung pantai MBeach bisa berenang hingga garis pembatas yang sudah terpasang.

“Tapi tidak boleh juga berenang hingga ke tengah, berbahaya. Kami juga selalu menyiapkan dua orang petugas untuk mengawasi pengunjung, terutama yang sedang mandi di laut,” ujarnya.

Abing menambahkan, terdapat sekitar 700 pengunjung setiap hari selama libur Nataru tahun ini. Pengunjung berasal dari berbagai daerah seperti Lampung Selatan, Bandar Lampung, Metro, Palembang, Jakarta, dan beberapa daerah lainnya.

Baca Juga: Lokasi SPKLU Ultra Fast Charging di Lampung, Isi Baterai Cepat

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya