Comscore Tracker

Dies Natalis ke-56, Rektor Percaya Diri Sebut Unila Kampus Besar

Ada beragam lomba dan cek kesehatan gratis

Bandar Lampung, IDN Times -Dies Natalis Universitas Lampung (Unila) ke 56 digelar secara terbatas di depan Gedung Rektorat Universitas Lampung, Selasa (7/9/2021). Ini merupakan kali kedua Unila merayakan Dies Natalis di tengah pandemik COVID-19.

Kendati demikian, Rektor Unila, Prof Karomani merasa bersyukur karena tetap bisa mengadakan kegiatan bermanfaat bagi mahasiswa mau pun masyarakat luas.

"Jadi kalau sekarang orang hanya tahu universitas berkualitas itu di Jawa, salah besar. Karena Unila juga berkualitas," kata rektor akrab disapa Aom itu.

1. Beri peluang untuk mahasiswa asing

Dies Natalis ke-56, Rektor Percaya Diri Sebut Unila Kampus BesarRektor Unila Prof Karomani beri sambutan pada acara Dies Natalis Unila ke 56, Selasa (7/9/2021) (IDN Times/Silviana)

Karomani mengajak seluruh civitas akademika Unila saling bersinergi membangun kemajuan Unila. Menurutnya Unila akan menjadi lebih besar jika dibangun dengan kekompakan.

"Yakin bisa kalau bersinergi. Jangan malah merasa tersaingi kalau ada guru besar baru," tuturnya.

Karomani mengatakan, saat ini Unila mulai mempekerjakan guru besar tidak tetap. Itu akan menjadi tonggak kerjasama dengan luar negeri.

"Kita juga lebih terbuka menerima mahasiswa asing. Sekarang sudah ada lima orang di Fakultas Ekonomi. Bahkan dari Pakistan malah memberi beasiswa untuk kuliah di Unila," terangnya.

2. Perbanyak kerjasama dengan berbagai pihak

Dies Natalis ke-56, Rektor Percaya Diri Sebut Unila Kampus Besarunplash.com

Selain itu, Karomani juga menjelaskan, saat ini Unila sudah memiliki 10 persen dosen lulusan luar negeri, atau lebih dari 110 orang. Sehingga, Karomani berharap lulusan luar negeri itu bisa membantu Unila menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik luar mau pun dalam negeri.

"Sekarang kita lagi menguatkan posisi daya saing. Jadi saya minta dan saya tunggu kontribusinya. Saya minta paling tidak ada delapan fakultas untuk kerjasama dengan luar negeri," ujarnya.

Baca Juga: Cerita Mahasiswa Unila Gagas Gedung Ramah Lingkungan

3. Bangun percaya diri menjadi kampus besar

Dies Natalis ke-56, Rektor Percaya Diri Sebut Unila Kampus BesarDies Natalis Unila ke 56 digelar di depan Gedung Rektorat Selasa (7/9/2021) (IDN Times/Silviana)

Karomani kembali mengajak civitas akademika Unila untuk optimistis dan percaya diri kampus ini sudah menjadi kampus yang besar. Ke depan ia berharap Unila bisa unggul menjadi kampus Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH).

"Meski LP3M kita mau dievaluasi saya yakin kita bisa kalau bersinergi. Jadi kita harus bangun optimis itu, bukan malah berkecil hati duluan," tandasnya.

4. Rangkaian lomba untuk mahasiswa

Dies Natalis ke-56, Rektor Percaya Diri Sebut Unila Kampus BesarMahasiswa Universitas Lampung yang mengikuti Pimnas 2020 (Unila.ac.id)

Rangkaian acara Dies Natalis Unila ke 56 ini mengadakan berbagai perlombaan seperti lomba website yang digelar pada 16-17 September.

Ada juga lomba merangkai bunga 15 September, lomba mahasiswa desain branding unila 7-9 September, karya ilmiah mahasiswa 13-15 September, lomba Mahasiswa MTQ 20-21 September dan lomba mahasiswa speech contest 14-15 September dan lomba Mahasiswa Photography.

5. Lomba untuk dosen dan pengabdian masyarakat

Dies Natalis ke-56, Rektor Percaya Diri Sebut Unila Kampus BesarKampus Universitas Lampung (Unila). (IDN Times/Silviana).

Selain mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan juga ada lombanya lho. Yakni pada 7-9 September ada lomba dosen berprestasi, 7-23 September lomba tendik berprestasi, 7-23 September lomba modul digital, 7-19 September lomba blog dosen dan 14-15 September lomba inovasi pembelajaran digital.

Bagi masyarakat luas, Unila menggelar pengabdian sunatan masal 8-10 September, pengabdian donor darah 8 September dan pengabdian pemeriksaan kesehatan 8-10 September.

Baca Juga: Fakta Unik 549 Peserta se-Indonesia Ikut Webinar Anggrek Unila

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya