Cara Unik Dinkes Metro Kampanye Hidup Sehat, Senam Gaya Hip Hop

Sosialisasikan hidup sehat pada pelajar SMA/SMK Kota Metro

Metro, IDN Times - Senam menjadi aktivitas menyehatkan jika dilakukan secara rutin. Tapi masyarakat kerap kali merasa malas karena gerakan senam terasa membosankan.

Menyiasati hal itu, Dinas Kesehatan Kota Metro mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan cara unik, yakni membuat gerakan senam dari gaya hip hop.

Melalui Subtansi Promosi Kesehatan dan PM berkolaborasi terintegrasi dengan Subtansi P2PM dan PTM Dinas Kesehatan Kota Metro mengkampanyekan pentingnya GERMAS kepada Anak Remaja SMA/SMK dalam acara Germas Goes to School (Aksi Bergizi di Sekolah).

"Kita ingin para remaja lebih sehat dengan lebih banyak bergerak dan melakukan olahraga atau senam,tapi karena senam itu biasanya membosankan, maka kami membuat gerakan-gerakan  diambil dari gaya hip-hop yang kemudian disesuaikan oleh para ahli dengan gerakan yang menyehatkan jantung," kata Koordinator Subtansi Promosi Kesehatan dan PM Dinas Kesehatan Kota Metro, Maryanto.

Menurut Maryanto, point penting roadshow tersebut adalah persamaan persepsi tentang pentingnya GERMAS di Sekolah, dan menerapkan perilaku hidup sehat dengan makan buah dan sayur setiap hari serta rajin beraktivitas fisik dan rutin datang ke fasyankes untuk mengecek kesehatan.

Baca Juga: Fashion Show Say Waway Kota Metro, Usung Isu Pelestarian Lingkungan

1. Butuh proses panjang menanamkan hidup sehat diri seseorang

Cara Unik Dinkes Metro Kampanye Hidup Sehat, Senam Gaya Hip HopDinas Kesehatan Kota Metro mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) pada siswa/siswi SMK Ma'arif 01 Kota Metro (IDN Times/Istimewa)

RoadShow Germas Goes to School (Aksi Bergizi di Sekolah) pertama kali diadakan di SMK MA’ARIF 01 METRO wilayah Kerja Puskesmas Banjarsari, kemarin. Kegiatan tersebut merupakan Salah satu rangkaian dari banyak agenda kegiatan Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Metro.

"RoadShow GERMAS Goes To School kali ini menargetkan peserta siswa dan siswi SMP dan SMA/SMK se-Kota Metro," jelas Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Diah Meirawati.

Menurutnya, menanamkan perilaku sehat dalam diri seseorang membutuhkan proses panjang dan komitmen kuat. Hal ini sejalan dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Germas agar masyarakat berperilaku sehat sehingga berdampak pada kesehatan terjaga, produktif dan lingkungan bersih.

2. Kenalkan program JAMA- PAI

Cara Unik Dinkes Metro Kampanye Hidup Sehat, Senam Gaya Hip HopDinas Kesehatan Kota Metro mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) pada siswa/siswi SMK Ma'arif 01 Kota Metro (IDN Times/Istimewa)

Diah menjelaskan, para guru dan siswa bersama sama mencanangkan Germas Go To School (aksi bergizi di sekolah) dengan tujuan menggerakkan anak anak remaja hidup sehat dengan beberapa langkah seperti minum tablet tambah darah, memenuhi gizi seimbang dan olahraga secara teratur.

Tak hanya itu sosialisasi tersebut juga sekaligus mengenalkan Program Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Ibu (JAMA-PAI) Kota Metro.

"Sosialisasi Jama Pai di Sekolah ini juga meningkatkan pemahaman Siswa/Siswi dalam pencegahan dan penanggulangan stunting. Jadi tujuan utama dari Jama-PAI yaitu mewujudkan Generasi Emas Indonesia Cemerlang, Karena itu, seluruh instansi terkait harus gencar mensosialisasikan program ini kepada masyarakat," jelas Diah.

3. Bentuk klub jantung remaja

Cara Unik Dinkes Metro Kampanye Hidup Sehat, Senam Gaya Hip HopDinas Kesehatan Kota Metro mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) pada siswa/siswi SMK Ma'arif 01 Kota Metro (IDN Times/Istimewa)

Para siswa dan siswi di sekolah tersebut juga dikenalkan dengan edukasi isi piringku (membawa bekal dan metode komunikasi antar pribadi) sehingga siswa memahami betul potensi dirinya dalam mempersiapkan kehidupan sehatnya.

Kemudian, dilanjutkan dengan Pembentukan KJR ( Klub Jantung Remaja) dan dan Pengenalan Senam Hip Heart Series 2 kepada Remaja SMK Ma’arif 01 Kota Metro.

"KJR di bawah naungan Yayasan Jantung Indonesia ini merupakan metode yang ditempuh untuk mempermudah koordinasi dalam pelaksanaan Gerakan Jantung Sehat Remaja, agar terciptanya remaja kader bangsa yang sehat dan produktif," ujar Diah.

Baca Juga: Kick Off Revitalisasi Rumah Asisten Wedana Metro Banyak Acara Seru

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya