Comscore Tracker

Cara Baru Melihat Keindahan Bandar Lampung dari Menara 114 Meter

Terbuka untuk umum

Bandar Lampung, IDN Times - Kamu sudah tahu kalau Bandar Lampung memiliki bangunan menara setinggi 114 meter? Angka ketinggian itu bukan tanpa sebab, karena menara yang berada di masjid Al-Furqon Kota Bandar Lampung ini diambil Al-Quran yang memiliki 114 ayat.

Bangunan bernuansa hijau dipadukan dengan kuning keemasan itu dibangun sejak awal 2017 lalu. Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandar Lampung, Iwan Gunawan, total biaya pembangunan menghabiskan Rp20 miliar.

1. Warga antusias hadir di peresmian menara Al-Furqon

Cara Baru Melihat Keindahan Bandar Lampung dari Menara 114 MeterWarga antusias datang ke acara peresmian menara Al-Furqon(IDN Times/Silviana)

Wali Kota (Wako) Bandar Lampung, Eva Dwiana, meresmikan secara langsung hari ini, Jumat (18/6/2021). Pihaknya meninjau kelayakan lift yang akan digunakan sebagai akses menuju lantai paling atas di ketinggian 100 meter.

Saat peresmian berlangsung di pelataran menara itu, warga pun antusias berdatangan untuk mengabadikan moment di depan menara masjid. Sayangnya, menara Al-Furqon masih belum bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

Baca Juga: Hore Ada Salju di Bandar Lampung! Ini Harga Tiket Trans Snow Lampung

2. Terapkan tarif seminimal mungkin

Cara Baru Melihat Keindahan Bandar Lampung dari Menara 114 MeterIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Ketua Pengurus masjid Al-Furqon, Ahmad Bukhori Muslim mengakui, pihaknya belum bisa memastikan kapan menara tersebut bisa dibuka untuk umum. Mereka harus berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Bandar Lampung untuk menentukan tarif bagi pengunjung.

"Kita akan menerapkan tarif seminimal dan sekecil mungkin. Ya sekadar mengganti biaya kebersihan dan perawatan. Karena masalah operasional Insyaallah dibantu ibu Wali Kota," ungkap dosen UIN Raden Intan Lampung itu.

3. Daya tampung menara hanya 10 orang

Cara Baru Melihat Keindahan Bandar Lampung dari Menara 114 MeterWarga antusias datang ke acara peresmian menara Al-Furqon(IDN Times/Silviana)

Pihaknya menambahkan, nantinya akan dibuat sebuah teropong di dalam menara. Pengunjung yang ingin menggunakan untuk melihat pemandangan kota, harus memasukkan koin terlebih dahulu.

"Jadi ini ada lima lantai, tapi nanti kalau naik langsung ke lantai paling atas, karena lantai bawah gak dibuka. Daya tampung buat naik itu maksimal 10 orang," jelasnya.

Selain itu, menara masjid Al-Furqon juga tidak hanya dibuka untuk umat muslim melainkan untuk umat agama lain. 

4. Pemkot bantu dana operasional menara masjid

Cara Baru Melihat Keindahan Bandar Lampung dari Menara 114 MeterWali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana (IDN Times/Silviana)

Eva Dwiana mengatakan, pemerintah membantu dana operasional masjid Al-Furqon sekaligus menaranya. Sebab di tengah pandemik ini, pemasukan Al-Furqon menurun karena tidak adanya sewa masjid untuk pernikahan. 

"Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk masyarakat Bandar Lampung, atau siapa pun yang datang ke sini yang melihat keindahan Bandar Lampung," kata Eva kepada awak media.

Baca Juga: Cerita Qyoko, Millennial yang Berdayakan Perempuan Lewat Anyaman

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya