BPBD Catat 22 Kali Pohon Tumbang di Bandar Lampung, Warga Diimbau Waspada

Sudah 22 kali pohon tumbang sejak Januari

Bandar Lampung, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung mencatat, sejak Januari hingga minggu kedua Februari 2021 terjadi 22 kali pohon tumbang di kota setempat.

Kejadian lainnya adalah tiga kali tanah longsor serta di sejumlah titik mengalami banjir ringan saat intensitas hujan cukup tinggi.

Secara topografis, berdasarkan hasil penelitian akademisi Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Provinsi Lampung memiliki lima satuan ruang, yaitu berbukit, bergelombang, dataran alluvial, rawa pasang surut dan daerah aliran sungai. Curah hujan Provinsi Lampung juga cukup tinggi, mencapai 2.000–3.000 mm per tahun.

1. Perubahan cuaca ekstrem berlangsung hingga Maret

BPBD Catat 22 Kali Pohon Tumbang di Bandar Lampung, Warga Diimbau Waspadafinancialexpress com

Berdasarkan keterangan dari Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Bandar Lampung Sutarno, pihaknya selalu berkoordinasi dengan BMKG Provinsi Lampung. Diprediksi,cuaca ekstrem akan berlangsung hingga Maret 2021. Sehingga 72 personel BPBD Kota Bandar Lampung sudah siap siaga 1x24 jam.

Menurutnya curah hujan tinggi disertai angin berpotensi menumbangkan pohon yang sudah rentan. Ia menambahkan, terkait sarana dan prasarana antisipasi bencana juga selalu dioptimalkan.

"Peralatannya kita optimalkan termasuk perahu karet. Kemudian mesin pompa, gergaji itu tiap hari kita cek kita asah semua sudah kita siapkan," kata Sutarno.

2. Kejadian darurat kebencanaan segara lapor BPBD

BPBD Catat 22 Kali Pohon Tumbang di Bandar Lampung, Warga Diimbau WaspadaIlustrasi Suasana Hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Sutarno juga mengimbau kepada masyarakat khususnya Kota Bandar Lampung untuk selalu hati-hati terutama saat sedang dalam perjalanan.

"Kalau hujan jangan neduh di bawah pohon atau baliho. Apalagi kalau disertai angin kencang kan berbahaya kalau ketimpa pohon atau baliho," ujarnya.

BPBD mengimbau, masyarakat memerlukan bantuan kebencanaan dapat menghubungi nomor 0721252741 BPBD Bandar Lampung yang siaga 1x24 jam.

3. Sudah dilakukan pemangkasan pohon

BPBD Catat 22 Kali Pohon Tumbang di Bandar Lampung, Warga Diimbau WaspadaIstimewa/BPBD Purbalingga

Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN menyampaikan, mengantisipasi terjadinya pohon tumbang akibat angin kencang, pihaknya sudah melakukan pemangkasan pohon di jalan protokol Kota Bandar Lampung.

Wali kota dua periode ini mengimbau masyarakat yang berada di daerah pinggiran sungai untuk selalu waspada. "Jangan membuang sampah di sungai apalagi selokan karena nanti bisa tersumbat dan menyebabkan banjir," terangnya.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya