Wisata Kuliner Ikon dan Destinasi Paling Diminati di Bandar Lampung

Balam juga punya wisata hiburan resort dan tempat berfoto

Bandar Lampung, IDN Times - Wisata kuliner menjadi salah satu wisata paling diminati pelancong luar kota saat berpelesir ke Kota Bandar Lampung.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung, Ariawan mengatakan tak hanya jadi wisata paling diminati, pemkot rencananya juga akan membuat wisata kuliner sebagai pariwisata unggulan Bandar Lampung di tahun mendatang.

“Kalau saya lihat, wisata kuliner di Bandar Lampung ini memang jadi jenis wisata yang paling diminati oleh wisatawan baik di dalam maupun Kota Bandar Lampung. Kita pengin ini nantinya bisa jadi unggulan untuk Kota Bandar Lampung ke depannya,” katanya, Minggu (12/11/2023).

1. Meski bisa ditemui di daerah lain, kuliner di Bandar Lampung memiliki ciri khas tersendiri

Wisata Kuliner Ikon dan Destinasi Paling Diminati di Bandar Lampunginstagram.com/vicky_jonathan

Ariawan menyampaikan, Bandar Lampung memiliki banyak sekali makanan khas atau restoran legend sehingga membuat wisatawan khususnya dari luar Lampung penasaran dan ingin mencicipi secara langsung kuliner tersebut. 

“Contohnya pempek. Pempek kan terkenal sebagai makanan Palembang. Tapi jangan salah, banyak juga lho yang sengaja datang ke Lampung untuk cicipi Pempek 123 di Lampung yang terkenal,” ujarnya.

Sehingga, menurutnya meski ada beberapa produk di Bandar Lampung juga bisa ditemui di daerah lain, ada ciri khas tersendiri pada beberapa kuliner Kota Tapis Berseri sebagai penarik minat wisatawan.

“Seperti bakso itu kan juga banyak di daerah lain. Tapi kalau ke Lampung yang mereka cari duluan pasti Bakso Sony. Kurang lebih seperti itu lah,” imbuhnya.

Baca Juga: Resep Kue Cucur Gula Merah Bersarang, Menggoda Lidah!

2. Bandar Lampung sebagai ibu kota menjadi pusat kuliner Lampung

Wisata Kuliner Ikon dan Destinasi Paling Diminati di Bandar LampungBakso sony (Instagram kuliner lampung)

Selain itu, Ariawan juga mengatakan Bandar Lampung sebagai ibu kota provinsi juga memiliki banyak privilege untuk menjadi pusat kuliner di Provinsi Lampung.

“Bandar Lampung kan ibu kota. Jadi semua kuliner di kabupaten kota Lampung itu kumpulnya, pusatnya di Bandar Lampung. Sehingga mereka bisa temukan kuliner dari daerah manapun di Lampung di sini,” jelasnya.

Beberapa kuliner Lampung dan tersedia di Bandar Lampung memang cukup banyak seperti lapis legit, engkak, segubal, pindang, seruit, kripik pisang, nanas kaleng maupun makanan olahan nanas dan sebagainya.

3. Fokus bidang barang dan jasa, Bandar Lampung juga punya wisata alam bagus

Wisata Kuliner Ikon dan Destinasi Paling Diminati di Bandar LampungPuncak Mas, salah satu tempat wisata di Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Sebagai kota penjual barang dan jasa, ia mengaku wisata alam di Bandar Lampung juga tak kalah bagus. Banyak wisata dengan fokus sebagai tempat berfoto. Selain itu juga ada wisata hotel dan resort

“Bandar Lampung ini lebih ke tempat hiburan metropolitan seperti ada hotel, resort, terus tempat wisata yang untuk foto-foto gitu kan kita banyak sekali ya, kita lebih ke arah sana,” imbuhnya.

Beberapa tempat wisata di Bandar Lampung antara lain Lampung Walk, Puncak Mas, Farm Day, Lembah Hijau, PKOR Wayhalim, Kampung Vietnam, Pintu Langit, Wira Garden, Suhita Bee Farm dan banyak lagi.

4. Destinasi wisata di Lampung selalu membludak saat libur akhir pekan atau libur panjang

Wisata Kuliner Ikon dan Destinasi Paling Diminati di Bandar LampungGlamping Wira Garden. (Google Review/Sigit Agus Saputra)

Ariawan menambahkan, wisata-wisata ini biasanya selalu dipadati oleh pengunjung saat mendekati hari libur seperti akhir pekan atau liburan panjang seperti hari raya atau libur sekolah.

“Gak sedikit yang dari luar Lampung seperti Palembang gitu misalnya datang ke Lampung hanya untuk liburan. Entah mereka ke pantai, ke destinasi wisata kita, yang jelas mereka pasti akan kulineran juga di tempat kita,” 

Ia menyampaikan, untuk pengembangan pariwisata khususnya bidang kuliner tersebut pihaknya sudah merencanakannya di 2024 mendatang. Meski begitu, Ariawan mengaku masih belum bisa membocorkan hal tersebut.

Baca Juga: Melihat Fasilitas Mutakhir Terminal 2 Bandara Changi, Ada Wonderfall!

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya