Warga Lampung Kini Bisa Pinjam Buku di Perpusnas dengan Kartu Sakti

Mengembalikan bukunya juga bisa lewat Perpusda Lampung

Intinya Sih...

  • Warga Lampung dapat meminjam buku dari Perpusnas dengan Kartu Sakti, serta mengembalikan buku pinjaman melalui Perpustakaan Daerah Provinsi Lampung.
  • Kartu Sakti terhubung dengan data peminjaman di perpusnas, memungkinkan akses buku fisik dan elektronik di Perpusda Lampung dengan lebih dari 70.000 koleksi buku.
  • Pembuatan kartu sakti gratis, cukup membawa KTP untuk verifikasi data, serta mendaftar ke e-Perpus Lampung untuk akses e-book secara mudah.

Bandar Lampung, IDN Times - Bagi warga Lampung dan pernah ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) pasti tahu betul nih kalau warga non domisili Jakarta gak boleh meminjam buku dari sana.

Tapi sekarang warga Lampung sudah bisa nih meminjam buku dari Perpustakaan Nasional hanya dengan Kartu Sakti. Dengan kartu keanggotaan Perpustakaan daerah Provinsi Lampung ini kamu bisa meminjam buku dari Perpusnas secara bebas.

“Misalnya sedang ke Jakarta, bisa pinjam buku di Perpusnas dengan Kartu Sakti,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Riski Sofyan, Minggu (3/3/2024).

1. Mengembalikan buku Perpusnas bisa lewat Perpusda Lampung

Warga Lampung Kini Bisa Pinjam Buku di Perpusnas dengan Kartu SaktiPerpusda Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Tak hanya meminjam buku dari Perpusnas, kamu juga bisa mengembalikan buku pinjamanmu lewat Perpustakaan Daerah Provinsi Lampung lho! Jadi selama tenggat waktu peminjaman, bukunya bisa kamu bawa ke Lampung.

Sistem kartu sakti ini juga terhubung dengan data peminjaman di perpusnas sehingga secara otomatis kamu terkonfirmasi mengembalikan buku. Barulah buku milik perpusnas ini akan disampaikan oleh perpusda ke Jakarta.

“Selain buku fisik, juga ada koleksi buku elektronik. Dengan kartu ini masyarakat bisa mengakses buku secara digital juga,” imbuhnya.

Baca Juga: 1.000 Buku Paket SDN 2 Rajabasa Terendam Banjir, Perpustakaan Dipindah

2. Perpusda memiliki lebih dari 70.000 lebih koleksi buku

Warga Lampung Kini Bisa Pinjam Buku di Perpusnas dengan Kartu SaktiPerpusda Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Selain di perpusnas, tentunya Kartu Sakti juga bisa digunakan untuk meminjam buku di Perpusda Lampung ya! Ada lebih dari 70.000 koleksi buku fisik dan elektronik dengan berbagai genre.

Secara rinci, terdapat 14 jenis buku atau bacaan yang bisa diakses oleh masyarakat di Perpusda Lampung. Jumlah buku menurut jenisnya hingga Februari 2024 ini ada Karya Umum 5.691 buku, Agama 5.427 buku, Bahasa 3.906 buku, Filsafat 4.023 buku, dan Ilmu Sosial 12.740 buku.

Lalu ada Ilmu Murni sebanyak 4.245 buku, Ilmu Terapan 10.656 buku, Sejarah/Geografis 4.320 buku, Kesusasteraan 2.679 buku, Olahraga 2.574 buku, Fiksi 6.081 buku, Koleksi Anak 1.136 buku, Berkalasa 21 buku, dan lainnya 1.682 buku.

Kartu ini bisa dibuat oleh siapa saja baik akademisi maupun masyarakat umum. Selain meminjam buku, perpusda juga menyediakan ruang baca dengan kapasitas cukup luas dan fasilitas seperti kursi, meja, stopkontak, dan wifi.

3. Cara membuat Kartu Sakti

Warga Lampung Kini Bisa Pinjam Buku di Perpusnas dengan Kartu SaktiPerpusda Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Jika kamu ingin membuat kartu sakti, kamu bisa datang langsung ke Perpusda Lampung membawa KTP. Nanti petugas perpustakaan akan membantumu mengisi borang secara elektronik untuk pendaftaran.

Setelah itu, kamu akan diminta menunjukkan KTP untuk verifikasi data di borang. Lalu kamu akan dipersilakan mengambil foto untuk dicetak di kartu saktimu. Tak perlu menunggu beberapa lama kartumu sudah selesai dicetak.

“Membuat kartu sakti gratis. Hanya bawa KTP untuk verifikasi data saja. Tapi kalau mau meminjam buku sebaiknya bawa pasfoto juga untuk ditempel dikartu peminjaman (milik perpusda),” ujarnya.

4. Cara untuk akses buku elektronik Perpusda Lampung

Warga Lampung Kini Bisa Pinjam Buku di Perpusnas dengan Kartu Saktie-Perpus Lampung. (Appstore)

Untuk mengakses buku atau bacaan secara elektronik di Perpusda Lampung caranya cukup mudah. Kamu tinggal mendaftarkan diri ke e-Perpus Lampung. Jika mendaftar via laptop/PC silakan buka lama https://kubuku.id/download/perpusda-provinsi-lampung/.

Sedangkan untuk akses melalui ponsel kamu bisa download aplikasi e-Perpus Lampung di playstore atau appstore. Setelah itu, isi data pribadi tersedia di laman/aplikasi dan nantinya borang pendaftaranmu akan dikonfirmasi/disetujui oleh admin melalui email.

Setelah selesai, kamu sudah bisa langsung memanfaatkan e-book dengan akun yang sudah didaftarkan. Namun e-book ini baru bebas dibaca saja ya, tak bisa dipinjamkan. Jika ada kesulitan bisa menghubungi kontak 0815-4081-2941 dan 0852-7316-7675.

Baca Juga: Intip Potret Perpusda Lampung Pasca Renovasi, Ada 70.000 Koleksi Buku!

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya