Unila Siap Kerahkan Mahasiswa Tanggulangi Sampah Masyarakat

Karomani: karena sampah harus diselesaikan dari hulu

Bandar Lampung, IDN Times - Universitas Lampung (Unila) siap mengerahkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke masyarakat desa/kelurahan di Bandar Lampung. Itu dalam rangka menanggulangi masalah sampah di TPA Bakung.

Rektor Universitas Lampung, Karomani mengatakan penanggulangan sampah dimaksud adalah dengan melakukan edukasi sampah ke tingkat rumah tangga di Kota Bandar Lampung.

“Tidak mungkin sampah itu tidak diselesaikan dari hulunya, karena sampah itu juga kan berasal dari rumah tangga,” katanya, Rabu (25/5/2022).

1. Sampah tak ditangani dari hulu akan berdampak buruk di TPA Bakung

Unila Siap Kerahkan Mahasiswa Tanggulangi Sampah MasyarakatRektor Unila, Karomani. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Menurut Karomani, selain mengkaji pengolahan sampah di TPA Bakung, masalah sampah tak bisa hanya diselesaikan dengan mengolah muara sampah atau hilirnya saja. Dari hulu juga perlu ditangani.

“Misalnya sampah di tingkat rumah tangga itu bisa dipilah dulu, lalu nanti diolah oleh lingkungan RT, baru sisanya di buang ke TPA Bakung. Kalau misalnya tidak diolah dan semua dibuang ke sana, bisa meledak Bakung (oleh sampah),” katanya.

Oleh karenanya penanganan sampah dengan cara edukasi ini mungkin bisa dilakukan oleh mahasiswa KKN yang akan turun ke masyarakat melalui program kerja, dan Unila siap akan hal itu.

Baca Juga: Unila Wisuda 711 Lulusan, Wisudawan Terbaik Sarjana Raih IPK 3,93

2. Tim riset TPA Bakung masih proses pengkajian

Unila Siap Kerahkan Mahasiswa Tanggulangi Sampah MasyarakatTPA Bakung Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Diketahui 7 Februari 2022 Pemerintah Kota Bandar Lampung dan Unila telah menandatangani MoU kesepakatan bersama. Dalam kerja sama tersebut, Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana meminta Unila ikut andil dalam proyek mempercantik Kota Bandar Lampung salah satunya penanggulangan sampah dan penghijauan area kampus.

Menanggapi permintaan wali kota tersebut, Karomani bersedia menyiapkan tim riset yang akan mempelajari sampah Bandar Lampung khususnya di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Bakung untuk menemukan solusi terbaiknya.

“Sampai saat ini tim kita sedang berjalan, saya juga sampaikan ke walikota kalau misalnya diperlukan untuk menangani sampah, Unila siap,” imbuhnya.

3. Lebih dari 3.000 mahasiswa Unila akan melaksanakan KKN tahun ini

Unila Siap Kerahkan Mahasiswa Tanggulangi Sampah MasyarakatIlustrasi mahasiswa Unila. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Karomani menyebutkan, ada sekitar 3.000-4.000 mahasiswa Unila siap ia kerahkan untuk edukasi sampah di desa atau kelurahan Bandar Lampung. Dilansir dari laman https://kkn.unila.ac.id/, saat ini pihak Unila sudah selesai melakukan proses pendaftaran untuk kegiatan KKN Periode II Tahun 2022.

“Apalagi sekarang sudah ada namanya bank sampah, bisa buat pupuk sendiri, dan lain-lain. Kalau misalnya masing-masing RT atau bahkan rumah tangga bisa lakukan itu kan keren, itu harus dikompakan komunikasinya dan mahasiswa perlu hadir mendampingi,” tutupnya.

4. Pihak pemkot juga mendukung mahasiswa mau mengedukasi masyarakat soal sampah

Unila Siap Kerahkan Mahasiswa Tanggulangi Sampah MasyarakatKepala Dinas Pendidikan Bandar Lampung, Eka Afriana. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Pemkot yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung, Eka Afriana setuju program edukasi sampah dari mahasiswa KKN. “Kami juga pada intinya akan menyikapi dan akan turut serta berpartisipasi dalam program edukasi sampah ke masyarakat,” katanya.

Pihaknya juga akan melakukan koordinasikan lebih lanjut terkait hal tersebut bersama walikota, organisasi, dan OPD terkait.

Baca Juga: Pemkot Balam Klarifikasi Mobil Alphard untuk Wali Kota Medan Bobby

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya