Tiga Plt Kepala Dinas Pemkot Bandar Lampung Didefinitifkan

Dinas Pemadam Kebakaran bakal buka lowongan!

Bandar Lampung, IDN Times - Tiga Plt Kepala Dinas Kota Bandar Lampung kembali didefinitifkan, Senin (25/7/2022) sore. Meski begitu, ketiga Plt ini tidak didefinitifkan sesuai jabatan sebelumnya.

Pejabat eselon II yang dilantik tersebut adalah Budiman, sebelumnya menjabat Plt Asisten 1 Bidang Pemerintahan menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung.

Lalu ada Riana Apriliana sebelumnya menjabat sebagai Camat Bumi Waras sekaligus Plt Kadis Lingkungan Hidup kini menjabat Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandar Lampung.

Ketiga ada Anthony Irawan, semula menjabat sebagai Camat Kedamaian sekaligus Plt Kepala Badan Polisi PP, kini didefinitifkan sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung.

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, Pengawas, dan Kepala UPT Puskesmas di Lingkungan Pemerintah Kota Bandar Lampung ini dilakukan di Aula Gedung Semergo Kantor Pemkot setempat.

1. Dilantik bersama 69 pejabat lainnya

Tiga Plt Kepala Dinas Pemkot Bandar Lampung DidefinitifkanPelantikan Jabatan di Lingkungan Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Pelantikan ini dilakukan bersama dengan 69 pejabat lainnya, di antaranya 1 Camat yaitu Sarkono sebagai Camat Bumi Waras, 12 Kepala UPT Puskesmas, sisanya adalah pejabat administrator seperti lurah.

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana berharap para pemangku jabatan dapat melaksanakan amanahnya dengan baik khususnya dapat mempertahankan PPKM Level 1 di Bandar Lampung atau lebih baik lagi.

“Tolong kerjanya makin dimaksimalkan lagi, yang kemarin sudah baik ini harus lebih baik lagi. Jabatan yang saudara pegang adalah amanah, tolong dilakukan dengan rasa tanggung jawab penuh sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Baca Juga: Korban Kebakaran Balam Harus Segera Urus Dokumen Hilang untuk PKH

2. Tiga jabatan kepala OPD masih Plt

Tiga Plt Kepala Dinas Pemkot Bandar Lampung DidefinitifkanPelantikan Jabatan di Lingkungan Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Diketahui delapan jabatan Eselon II telah selesai melaksanakan ujian Seleksi Jabatan Pimpinan Tertinggi Pratama dan tinggal menunggu pelantikan saja.

Pada 3 Juni 2022 lalu, Socrat Pringgodanu telah didefinitifkan sebagai Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung, kemudian ditambah 3 jabatan lagi hari ini telah dilantik.

Sehingga Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum melakukan pelantikan antara lain Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan Dinas Penanaman Modal dan PTSP.

3. Kantor Dinas Pemadam Kebakaran untuk sementara bergabung dengan BPBD

Tiga Plt Kepala Dinas Pemkot Bandar Lampung DidefinitifkanWali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Eva mengatakan, lantaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung memang baru dibentuk, untuk sementara kantornya akan bergabung dulu dengan BPBD.

"(Kantor kadisnya) di pemkot sini dulu sementara, tapi biar damkarnya di BPBD dulu. Soalnya kita juga lagi merapikan, tempatnya sudah ditentukan Insya Allah di Kantor Dinas Perikanan, karena kita butuh tempat yang besar dan harus ditengah-tengah supaya ke 20 kecamatan bisa movingnya bagus," kata Eva.

Sedangkan untuk Dinas Perikanan akan dipindahkan ke Bumi Waras. Begitupun dengan personel, Eva mengatakan sebentar lagi Pemkot akan membuka lowongan untuk mengisi banyak posisi di Dinas Pemadam Kebakaran. "Tapi bukan honor ya karena kan honor mau dihapuskan, nanti kita diskusikan lagi lah soal ini," ujarnya.

4. Pejabat Plt eselon II lainnya masih belum diketahui pasti pelantikannya

Tiga Plt Kepala Dinas Pemkot Bandar Lampung DidefinitifkanKepala BKD Kota Bandar Lampung, Herliwaty. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Kepala Badan Kepegawain Daerah Kota Bandar Lampung, Herlywati mengatakan untuk pelantikan kepala OPD lainnya belum ditentukan kapan pastinya.

“Yang pasti segera lah, kami (BKD) hanya mengikuti apa yang bunda (wali kota) minta. Kalau bunda minta pelantikannya sekarang ya sekarang. Tapi ini belum tahu selanjutnya kapan, kita bertahap,” katanya.

Namun yang pasti, Herlywati dapat memastikan kepala OPD lain akan dilantik di tahun ini. Hal itu dikarenakan keputusan dari hasil lelang jabatan telah diserahkan kembali kepada wali kota.

Baca Juga: KTP Digital, Dukcapil Kota: Data Digital Penduduk Tak Akan Diretas

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya