Punya 105 Guru Besar, Rektor Unila Tak Punya Target Jumlah Tahun Ini

Minggu depan akan ada pengukuhan guru besar lagi

Bandar Lampung, IDN Times - Guru besar di Universitas Lampung bertambah lagi. Sebanyak 7 guru besar telah dikukuhkan di GSG Unila, Bandar Lampung pada Rabu (10/3/2023).

Rektor Universitas Lampung, Lusmeilia Afriani mengatakan, bertambahnya tujuh profesor ini, maka Unila telah memiliki 105 guru besar dari berbagai fakultas.

“Insya Allah minggu depan kita akan nambah lagi guru besar. Untuk total keseluruhan semua guru besar ditambah yang sekarang ada 105 orang. Kita akan terus dorong agar angka ini terus bertambah,” katanya.

Baca Juga: Catat Tanggalnya! Sidang Vonis Eks Rektor Unila Karomani Cs 25 Mei

1. Nama guru besar dikukuhkan hari ini

Punya 105 Guru Besar, Rektor Unila Tak Punya Target Jumlah Tahun IniRektorat Unila. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Ketujuh guru besar tersebut di antaranya adalah:

  1. Prof. Dr. Agr.Sc. Diding Suhandy, S.T.P., M.Agr. dengan fokus ilmu Teknik Pertanian dan orasi ilmiah berjudul “Uji Keaslian Kopi Bubuk Spesialti Indonesia Menggunakan Teknologi Uv-Visible Spectroscopy dan Kemometrika”,
  2. Prof. Dr. Nairobi, S.E., M.Si, dengan fokus ilmu Ekonomi Publik dengan judul orasi "Pengaruh Kompetisi Politik Terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Permodelan dan Bukti Empiris",
  3. Prof. Dr. Sugeng Sutiarso, S.Pd., M.Pd. dengan ilmu Pendidikan Matematika dengan orasi ilmiah berjudul "ALQURUN teaching model: Suatu Alternatif Model Pembelajaran Matematika".
  4. Prof. Dr. Hardoko Insan Qudus, M.S. di bidang ilmu Kimia Analitik dengan orasi ilmiah berjudul "Aplikasi Metode Voltammetri Siklik untuk Mengkaji Reaktivitas Bahan Kimia,”
  5. Prof. Dr. Ari Darmastuti, M.A. di bidang ilmu Politik dengan judul orasi "Perempuan dan Politik, Subyek dalam Proses”
  6. Prof. Dr. Ir. Sugeng Triyono, M.Sc. di bidang ilmu Rekayasa Sumberdaya Air dengan judul orasi "Menuju Sistem Pertanian Berkelanjutan Melalui Rekayasa Sumberdaya Air dan Pendayagunaan Limbah Organik"
  7. Prof. Dr. Risma Margaretha S, M.Hum di bidang ilmu Antropologi dengan judul orasi "Komodifikasi Kekerabatan dalam Hubungan Multikultural: Produksi dan Reproduksi Nilai Budaya Piil Pesenggiri Etnik Lampung".

2. Lusmeilia tak punya target khusus jumlah guru besar tahun ini

Punya 105 Guru Besar, Rektor Unila Tak Punya Target Jumlah Tahun IniRektor Unila, Lusmeilia Afriani. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Lusmeilia menyampaikan, tidak punya target khusus untuk jumlah guru besar Unila tahun ini. Ia hanya berharap para guru besar dikukuhkan bisa meningkatkan aktivitas institusi termasuk jurusan. Ia juga berharap akan lebih banyak lagi karya ilmiah yang dihasilkan oleh guru besar.

“Kalau target tahun ini, 110 orang? 120 orang? Atau lebih bahkan. Kita berharap dengan bertambahnya guru besar bisa memperluas aktivitas institusi, mereka bisa menghasilkan karya-karya ilmiah terbaik mereka termasuk dosen-dosen lainnya,” katanya.

Ia juga mengatakan pihaknya akan terus melakukan kontrol agar para dosen dan guru-guru besar tetap selalu produktif dan menghasilkan karya besar dan bermanfaat di bidang keilmuan maupun untuk masyarakat.

3. Unila miliki sekitar 700 penelitian dari dosen guru besar

Punya 105 Guru Besar, Rektor Unila Tak Punya Target Jumlah Tahun IniPengukuhan guru besar Unila (10/5/2023). (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Lusmeilia juga menyebutkan hingga saat ini, sudah ada sekitar 700 penelitian mandiri karya para dosen Unila. Oleh karenanya ia menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja para dosen Unila yang menurutnya sudah cukup baik.

“Itu belum termasuk penelitian lainnya seperti penelitian PKM dan sebagainya. Mungkin kalau ditotal dengan penelitian bersama juga akan banyak sekali,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga berpesan kepada para ke 105 guru besar Unila untuk terbuka dengan ilmu pengetahuan sehingga bisa mencari penelitian baru dan menarik di luar Unila.

Baca Juga: Kedokteran Salah Satu Fakultas Favorit di UTBK-SNBT 2023 Unila

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya