Kalender Wisata Juni 2023 Lampung, Ada Kejuaraan Dunia Selancar!

World Surf League diadakan 12-18 Juni 2023 di Pesisir Barat

Pesisir Barat, IDN Times - Jika kamu punya rencana liburan ke Lampung dalam waktu dekat, Juni 2023 ini mungkin bisa jadi pilihan tepat. Karena bertepatan dengan international surfing atau Krui Pro WSL (World Surf League) QS 5000 2023 di Krui, Kabupaten Pesisir Barat.

Ajang bergengsi tahunan ini rencananya akan digelar 12-18 Juni 2023 di Pantai Tanjung Setia. Kepala Dinas Kominfotiksan Kabupaten Pesisir Barat, Suryadi mengatakan sudah ada sekitar 200 lebih peserta dari 11 negara mendaftar.

“Termasuk dari Indonesia ada juga dari Jepang, Afrika Selatan, Spanyol, Inggris, Prancis, Australia, Amerika Serikat, Peru, Brazil, dan Italia. Alhamdulillah sudah melebihi target kita 200 peserta,” katanya, Minggu (14/5/2023).

1. Perubahan spot surfing dari tahun sebelumnya

Kalender Wisata Juni 2023 Lampung, Ada Kejuaraan Dunia Selancar!WSL Krui Pro 2022. (Kemenparekraf.go.id)

Untuk event Krui Pro 2023 ini, Suryadi mengatakan spot surfing akan berpindah sedikit dari spot surfing sebelumnya di Ombak Indah menjadi di spot surfing Karang Imbor Pantai Tanjung Setia Kecamatan Pesisir Selatan.

Hal itu dilakukan setelah dilakukan survei dan lainnya dan spot surfing Karang Imbor dinilai bisa menjadi spot terbaik tahun ini dan pelaksanaan WSL Krui Pro 2023 bisa lebih baik lagi.

“Kalau tamu-tamu baik tamu undangan kita atau dari luar nanti lah ya itu nanti kita arahkannya ke Pantai Mandiri Kecamatan Krui Selatan. Gak jauh kok itu dari Tanjung Setia, memang kita siapkan di sana karena salah satu pantai unggulan Pesibar juga,” ujarnya.

Baca Juga: Rainbow Slide Pertama di Lampung, Sensasi Meluncur dari Ketinggian!

2. UMKM lokal akan memeriahkan WSL Krui Pro 2023

Kalender Wisata Juni 2023 Lampung, Ada Kejuaraan Dunia Selancar!WSL Krui Pro. (Pesisirbaratkab.go.id)

Suryadi juga mengatakan pemkab setempat pun sudah mewanti-wanti masyarakat serta para pegiat UMKM lokal untuk ikut menjaga lingkungan sekitar khususnya daerah yang menjadi pilihan ajang WSL Krui Pro 2023.

Ia juga mengatakan, agenda ini bisa menjadi wadah bagi UMKM lokal untuk mempromosikan produknya karena Pesibar akan kedatangan pendatang tak hanya dari peserta saja tapi juga influencer dan wisatawan.

“Pak sekda juga kemarin sudah sampaikan pada kami juga bahwa event ini akan meningkatkan perekonomian kabupaten bahkan provinsi. Karena para tamu ini pasti menginap, makan di restoran, jajan, beli oleh-oleh dan sebagainya,” katanya.

3. Ada tiga kategori peserta WSL Krui Pro 2023

Kalender Wisata Juni 2023 Lampung, Ada Kejuaraan Dunia Selancar!WSL Krui Pro 2022. (Kemenparekraf.go.id)

Diketahui WSL Krui Pro merupakan kegiatan tahunan di Krui Pesisir Barat. Kompetisi skala dunia ini diadakan di Pesisir Barat karena kabupaten satu ini memiliki Pantai Tanjung Setia. Pantai dengan ombak menawan dan menjadi salah satu spot surfing terbaik di dunia.

Tahun lalu ada 250 peserta dari 17 negara berpartisipasi dalam kompetisi ini. Tahun ini, kompetisi ini dibuka dengan tiga kategori yakni Men’s QS5000, Women’s QS5000, dan Pro Junior.

4. Rekomendasi destinasi wisata hingga makanan khas Pesisir Barat

Kalender Wisata Juni 2023 Lampung, Ada Kejuaraan Dunia Selancar!Pelepasan tukik di Penangkaran Penyu Tembulih Pesisir Barat. (Instagram/ekafendiaspara_alliwa)

Selain Pantai Tanjung Setia, ada beberapa destinasi wisata terkenal di Pesisir Barat yakni Penangkaran Penyu Tembulih, Pulau Pisang, Air Terjun Keghamian, Pantai Walur, dan Gua Matu.

Jangan heran kalau Pesisir Barat banyak wisata pantainya karena hampir semua daerahnya merupakan wilayah pesisir. Untuk menginap kamu bisa juga pilih beberapa resort dan hotel di sana seperti Cabana Surf and Stay, Lovina Krui Surf, Sumatra Surf Resort, Krui Surfing, dan sebagainya.

Untuk kulinernya, beberapa makanan khas Pesisir Barat wajib kamu coba di antaranya adalah Kue Engkak, Sayur Gabing (terbuat dari batang kelapa masih muda), Gulai Taboh, Kue Geguduh, dan tentunya makanan khas seluruh Lampung yakni Seriut.

Baca Juga: Mengenal Jenis Kartu Transportasi di Berbagai Negara dan Harganya!

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya