Hore! JPO Aestetik Pemkot Bandar Lampung Mulai Dibangun

Pembangunan tahap satu hanya sampai struktur jembatan

Bandar Lampung, IDN Times - Pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) aestetik penghubung Gedung Parkir Kantor Pemerintah Kota Bandar Lampung dan Masjid Agung Al Furqon sudah mulai dilaksanakan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Kota Bandar Lampung, Iwan Gunawan ketika diwawancarai IDN Times, Kamis (13/7/2023).

“Sudah mulai (dibangun) dari 3-4 hari lalu. Kalau nanti ke sana boleh lihat di Al Furqon sudah ada alat berat di sana. Soalnya kemarin saya juga lewat sana dan sudah ada ekskavator,” katanya.

Baca Juga: Dibangun Akhir Juni 2023, JPO Aestetik Pemkot Dianggarkan Rp5 Miliar

1. Pembangunan tahap satu hanya sampai struktur bangunan jembatan saja

Hore! JPO Aestetik Pemkot Bandar Lampung Mulai DibangunMasjid Al Furqon dari Gedung Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Iwan mengatakan pembangunan JPO aestetik ini merupakan pembangunan tahap satu. Pelaksanaannya akan dilakukan awal Juli hingga Desember 2023 mendatang.

“Pengerjaannya sampai Desember tahun ini. Tapi ini baru tahap satu ya. Jadi setelah pembangunan tahap satu, kita akan buka lelang lagi untuk tahap kedua di awal 2024,” jelasnya.

Ia menjelaskan, pembangunan JPO tahap satu, bentuk bangunan hanya sampai struktur bangunannya saja. Sedangkan untuk tahap dua baru mulai dipercantik atau pemasangan aksesori agar JPO terlihat indah.

2. Anggaran pembangunan tahap satu mencapai Rp5 miliar

Hore! JPO Aestetik Pemkot Bandar Lampung Mulai DibangunSekretaris Kota Bandar Lampung, Iwan Gunawan. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Untuk pembangunan tahap satu ini, Iwan Gunawan menganggarkan Rp5 miliar menggunakan dana APBD 2023. Sementara untuk rencana anggaran pembangunan tahap dua ia masih belum bisa berkomentar terkait hal itu.

“Kita fokus yang tahap pertama dulu. Kalau masalah gratis atau gaknya nanti ketika dipakai ya gratis. Karena ini sebenarnya hanya JPO biasa tapi kita percantik, supaya aestetik. Dijamin akan indah,” ujarnya.

Tak hanya itu, selain keberadaan JPO ini sudah menarik, pemkot juga rencananya akan membuat kios-kios untuk UMKM lokal akan dijual berbagai suvenir dengan tema Masjid Al Furqon dan Bandar Lampung sebagai oleh-oleh wisatawan.

3. Ukuran dan lokasi jembatan dibangun

Hore! JPO Aestetik Pemkot Bandar Lampung Mulai DibangunGedung Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Diketahui Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana mengatakan hendak membuat spot wisata lokal berupa JPO aestetik untuk masyarakat. JPO ini bisa dijadikan akses penyeberangan pegawai pemkot dan masyarakat  menuju Masjid Al Furqon sekaligus tempat selfie.

Diketahui JPO ini direncanakan akan dibuat dengan ukuran lebar 4 meter, tinggi 10 meter, dan panjang jembatan sekitar 200 meter. Lokasi jembatan ini akan membentang menyeberangi Jalan Diponegoro mulai dari lantai 3 gedung parkir pemkot menuju taman mural Al Furqon.

Eva juga menyebutkan keberadaan JPO ini juga nantinya diprediksi bakal menjadi angin segar bagi Kota Tapis Berseri sehingga akan mendatangkan wisatawan dari kabupaten/kota lain di luar Bandar Lampung.

Baca Juga: PAD Balam Juli 2023 Rp350 Miliar, Masih Jauh dari Target?

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya