Bandar Lampung Kini Punya 5 Mobil Khusus Jenazah, Gratis?

Selama ini hanya memiliki mobil ambulans saja

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandar Lampung kini memiliki mobil jenazah khusus. Plt Kepala Dinas Kesehatan Bandar Lampung, Desti Mega Putri mengatakan selama ini Kota Bandar Lampung hanya memiliki mobil ambulans saja.

“Jadi selama ini baik mengantar pasien atau jenazah kita antarnya pakai mobil ambulans. Cuma kan memang kalau mengantar jenazah pakai ambulans itu  harus dipasangi seatbelt, kalau mobilnya khusus seperti ini kan ada keranda khususnya,” kata Desti, Senin (4/9/2023).

Desti menyebutkan, pemkot mengadakan sebanyak 5 mobil jenazah untuk operasional di Kota Bandar Lampung. Sedangkan total sebanyak 10 mobil ambulans saat ini bisa khusus melayani pasien sakit saja.

Baca Juga: Pemkot Pasang RFID, Alat Cegah Kecurangan dan Kebocoran Pajak Reklame

1. Mobil jenazah tidak dipungut biaya

Bandar Lampung Kini Punya 5 Mobil Khusus Jenazah, Gratis?Mobil Jenazah Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana menyampaikan, bagi masyarakat Bandar Lampung dibuktikan dengan kepemilikan KTP Bandar Lampung bisa menggunakan mobil jenazah ini secara gratis.

“Jadi gak perlu kasih uang makan, uang bensin, dan sebagainya karena kita sudah kasih operasional khusus pada Satpol PP yang memang biasa bawa mobil ambulans ini untuk jalan,” ujarnya.

Sehingga apabila ada oknum meminta bayaran untuk penggunaan mobil jenazah ini, masyarakat bisa langsung melaporkan hal itu ke Pemerintah Bandar Lampung maupun media sosial Eva Dwiana.

2. Mobil jenazah bisa mengantar hingga keluar kota

Bandar Lampung Kini Punya 5 Mobil Khusus Jenazah, Gratis?Mobil Jenazah Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Eva mengatakan, operasional mobil jenazah ini pun tak hanya untuk wilayah Bandar Lampung saja. Artinya, apabila ada warga Bandar Lampung hendak meminta mengantarkan jenazah hingga keluar Bandar Lampung pun bisa.

“Mau memberangkatkan ke luar kota juga tidak dipungut bayaran. Tolong diperhatikan benar ya ini karena ini bentuk perhatian dari Pemerintah Kota Bandar Lampung,” imbuhnya.

Ia juga meminta para OPD dan pamong desa untuk menginformasikan hal ini pada khalayak ramai agar masyarakat dapat mengerti dengan baik.

3. Setiap mobil akan dibawa oleh petugas

Bandar Lampung Kini Punya 5 Mobil Khusus Jenazah, Gratis?Mobil Jenazah Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Selain itu Eva juga menyampaikan pada petugas Satpol PP selaku petugas pembawa mobil jenazah untuk menyiapkan dua orang untuk tiap mobil jenazah.

“Jadi pastiin dua orang lah satu mobil. Satu sopir satunya yang nemenin di mobil kalau memang dari rumah sakit tidak ada perawat (yang ikut di mobil jenazah),” jelasnya.

Bagi masyarakat hendak menggunakan mobil jenazah maupun mobil ambulans bisa menghibungi call center dinomor kontak 0822-7822-1400. 

Baca Juga: Hingga Juni 2023, Lebih dari 945 Ribu Orang Berlibur ke Bandar Lampung

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya