Workshop Ranger, Cara PLN UID Lampung Tingkatkan Kinerja Perusahaan

Butuh konsistensi pegawai

Bandar Lampung, IDN Times - Melalui penguatan penerapan budaya perusahaan, PLN UID Lampung yakin meraih peningkatan kinerja perusahaan. Hal itu disampaikan oleh General Manager PLN UID Lampung, I Gede Agung Sindu Putra dalam Workshop Ranger digelar di Sheraton Hotel Lampung 18-19 Juli 2022.

Bertemakan Drive Synergy Perform Operasional Excellent, workshop dilaksanakan secara antusias pegawai PLN dari seluruh unit di PLN UID Lampung disebut sebagai Ranger.

Baca Juga: Kompetisi Inovasi Kelistrikan Digagas PLN Berhadiah Rp2,5 Miliar! 

1. Penguatan implementasi budaya

Workshop Ranger, Cara PLN UID Lampung Tingkatkan Kinerja PerusahaanWorkshop Ranger digelar PLN UID Lampung di Sheraton Hotel Lampung 18-19 Juli 2022. (Dok. PLN UID Lampung).

I Gede Agung Sindu Putra berharap kepada seluruh pegawai PLN agar memiliki pemahaman yang sama terkait penguatan implementasi budaya setelah dilaksanakan workshop tersebut. 

“Mereka (ranger) juga sudah membuat program, kita harapkan dengan adanya program yang dibuat mereka dapat disebarkan kepada pegawai lain. Mengajak teman-teman lain yang jumlahnya lebih dari 400 orang lagi di luar sana untuk dapat ikut menerapkan penguatan budaya,” terangnya dalam pernyataan resmi, Rabu (20/7/2022).

Ia menyampaikan, jika pegawai telah memiliki gerak langkah dan pemahaman yang sama, maka diharapkan penguatan budaya di kalangan PLN UID Lampung dapat segera diwujudkan. 

2. Butuh konsistensi pegawai PLN UID Lampung

Workshop Ranger, Cara PLN UID Lampung Tingkatkan Kinerja PerusahaanWorkshop Ranger digelar PLN UID Lampung di Sheraton Hotel Lampung 18-19 Juli 2022. (Dok. PLN UID Lampung).

Sindu menyadari, apabila penguatan budaya terwujud, kinerja terwujud, pada akhirnya akan memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Ia tak menampik, proses implementasi penguatan budaya ini tidak akan mudah. Butuh waktu dalam penerapan dan pelaksanaan ke depannya. Sehingga keterlibatan dan konsistensi setiap individu di lingkungan PLN UID Lampung tentu sangat dibutuhkan. 

"Ini juga akan menghasilkan dampak jangka pendek, jangka panjang dan jangka menengah. Mungkin untuk jangka pendeknya akan dirasakan dengan timbulnya kinerja yang makin membaik dan konsisten secara terus-menerus," tukasnya.

3. Serahkan penghargaan unit terbaik

Workshop Ranger, Cara PLN UID Lampung Tingkatkan Kinerja PerusahaanWorkshop Ranger digelar PLN UID Lampung di Sheraton Hotel Lampung 18-19 Juli 2022. (Dok. PLN UID Lampung).

Pada momen tersebut, PLN UID Lampung juga menyerahkan penghargaan kepada Unit Terbaik Implementasi Sistem Manajemen Terintegerasi (SMT) semester I 2022. Lomba diikuti seluruh Unit Layanan Pelanggan di lingkungan PLN UID Lampung. Tujuannya untuk mendapatkan refleksi tingkat kematangan (maturity level) terkait proses dilakukan masing-masing unit sehingga  dapat merumuskan strategi guna mendorong terciptanya budaya GRC (Governance Risk Compliance) dalam organisasi. 

Penghargaan diberikan kepada Unit Layanan Pelanggan terbaik berdasarkan kriteria Penilaian Maturity Level periode Semester I tahun 2022 atau dinilai sejak Januari 2022. Berdasarkan penilaian, Unit dengan Implementasi SMT Terbaik III diberikan kepada PLN ULP Rumbia, terbaik II jatuh pada PLN ULP Sukadana, dan terbaik I jatuh pada PLN ULP Kota Metro.

Menurut Sindu, digelarnya kompetisi antar unit tersebut untuk menciptakan langkah-langkah perbaikan (improvement) dalam rangka peningkatan system dan standar kerja di perusahaan. 

Baca Juga: Kampanye Motor Listrik, PLN Siap Bangun 3 SKPLU Baru di Bandar Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya