Peternak Lampung Mitra Binaan Pertamina Dapat Tips Cara Beternak Sapi

Mitra binaan peternak sapi ingin eksis di masa pandemik

Bandar Lampung, IDN Times – Sebanyak 30 peternak sapi dari tiga kecamatan di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung antusias menghadiri pelatihan cara beternak sapi. Pelatihan itu digagas PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel, menggandeng Rumah Kreatif BUMN, Dinas Peternakan dan Asosiasi Kelompok Wanita Tani Mulia

Region Manager Communication, Relations & CSR Sumbagsel, Dewi Sri Utami, mengatakan, peternak sapi yang mengikuti pelatihan merupakan Mitra Binaan Pertamina. Mereka berasal dari tiga kecamatan di Lampung Tengah yakni Rumbia, Punggur dan Seputih Raman.

Ia menambahkan, pelatihan berlangsung di Balai Desa Astomulyo, Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan COVID-19 yakni menjaga jarak. Peserta dibagi dalam beberapa kelompok dengan waktu pelatihan terbatas dan lebih banyak menerapkan praktik.

1. Beternak sapi perlu penanganan khusus dibanding usaha penggemukan

Peternak Lampung Mitra Binaan Pertamina Dapat Tips Cara Beternak SapiIDN Times/Ayu Afria

Materi pelatihan bagi peternak sapi diberikan oleh Supardi dari Dinas Peternakan Lampung Tengah. Ia memberikan pembekalan mulai dari pemilihan jenis sapi, penyiapan kandang, pembuatan kandang, pemilihan bibit sapi yang unggul dan pemberian pakan.

“Semua proses tersebut harus memilih bibit sapi, perlu penanganan khusus dibandingkan usaha penggemukan. Serta dalam beberapa proses diperlukan sebuah standar yang baku dan valid terutama dalam memperoleh bibit unggul,” jelasnya.

Salah satu peserta menanyakan perihal penanganan keluhan penyakit sapi seperti perut kembung, penyakit kulit dan cacingan. “Apa karena faktor makanannya yang kurang higienis atau karena berkaitan dengan fermentasi pakan,” tanya Tusiah, peternak sapi potong asal Desa Astomulyo.

Baca Juga: Keren! 57 SPBU di Lampung Terdigitalisasi, Transaksi Lebih Akurat

2. Peserta mendapat sertifikat pelatihan

Peternak Lampung Mitra Binaan Pertamina Dapat Tips Cara Beternak SapiGoogle

Region Manager Communication, Relations & CSR Sumbagsel, Dewi Sri Utami, menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan bersertifikat bagi peternak sapi di masa pandemik COVID-19. Harapannya, ada peningkatan daya produksi sapi bagi mitra binaan peternak sapi agar eksis di masa pandemik.

Usai mendapatkan pelatihan, peserta mendapatkan sertifikat yang secara simbolis diserahkan oleh Raras Pandu Respati Ningrum, selaku Supervisor Rumah Kreatif BUMN Pertamina di Lampung Tengah.  

3. Pertamina beri pinjaman modal usaha

Peternak Lampung Mitra Binaan Pertamina Dapat Tips Cara Beternak SapiIlustrasi uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Program Kemitraan Pertamina memberikan solusi kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah untuk tetap eksis dan berdaya. Caranya, melalui pinjaman modal usaha maksimal 200 juta dengan jasa ringan yaitu sebesar 3 persen menurun.

Bagi UMKM yang berkeinginan bergabung menjadi Mitra Binaan Pertamina, dapat mengunjungi situs www.pertamina.com/id/program-kemitraan. Situs itu juga terdapat panduan pengisian aplikasi yang memudahkan UMKM untuk mengisinya.

"Dengan menjadi binaan Pertamina, UMKM bisa memperoleh kesempatan berbagai pembinaan, antara lain pelatihan kewirausahaan, sertifikasi, pameran, hingga kesempatan membuka akses pasar,” kata Dewi.

Baca Juga: Hore, Pertamina Beri Promo Beli Pertamax dapat Cashback 30 Persen 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya