Peringatan HGN Kota Metro, Gelar Napak Tilas hingga Peluncuran Buku

Digelar sederhana namun sarat makna

Metro, IDN Times - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bekerjasama Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Metro bakal menggelar Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2021, Kamis (25/11/2021).

Kadisdikbud Kota Metro, Suwandi mengatakan peringatan HGN 2021 ini merupakan kerjasama Disdikbud, Dispusarda, TACB Metro dan para Guru MGMP Peserta Bimtek Penulisan Sejarah dan komunitas "Acara tahun ini merupakan gotong-royong bersama digelar secara sederhana namun sarat makna," jelasnya saat dikonfirmasi, Rabu (24/11/2021).

Salah satu dukungan komunitas datang dari Koffieswoning menyediakan 100 cup kopi untuk para peserta acara.

1. Napak tilas sejarah

Peringatan HGN Kota Metro, Gelar Napak Tilas hingga Peluncuran BukuProgram Metro Historical Walking Tour. (IDN Times/Istimewa).

Febri dari Metro Walking Tour mengatakan, acara akan dimulai sejak pagi hari menggelar Walking Tour dari Menara Masjid Taqwa hingga Rumah Informasi Sejarah.

"Peringatan HGN 2021 juga berupaya memperkenalkan cagar budaya kepada para guru khususnya guru IPS di Kota Metro. Sekaligus promosi wisata Kota Metro," ujarnya.

Baca Juga: Cerita Mia Wisudawan Terbaik UM Metro, Bekerja, Urus Anak dan Kuliah

2. Peresmian pojok baca dan taman

Peringatan HGN Kota Metro, Gelar Napak Tilas hingga Peluncuran BukuTaman Pojok Bacah Kota Metro. (IDN Times/Istimewa).

Kabid Kebudayaan Disdiskbud Kota Metro, Siti Rogayati Seprita menjelaskan, usai mengikuti Walking Tour akan dilakukan peresmian Pojok Baca Sejarah serta Taman dr Mas Soemarno Hadiwinoto. "Peresmian pojok baca dan taman ini rencananya akan dihadiri oleh wali kota dan bunda literasi Metro," jelasnya.

Kabid Perpustakaan Dispusarda Kota Metro, Mega menambahkan, pojok baca sejarah di Rumah Informasi Sejarah Metro ini sebagai upaya meningkatkan gairah literasi dan minat baca masyarakat.

"Lewat pojok baca ini diharapkan minat baca masyarakat Metro khususnya terkait sejarah akan meningkat,terlebih mayoritas buku yang disediakan terkait adalah buku-buku sejarah," jelasnya.

3. Taman hormati jasa dokter pertama bertugas di Metro

Peringatan HGN Kota Metro, Gelar Napak Tilas hingga Peluncuran Bukuilustrasi pemeriksaan dokter (freepik.com/jcomp)

Anggota TACB Metro, Ika Pusparini mengatakan, Taman Sormarno Hadiwinoto dibuat untuk menghormati jasa dokter pertama yang bertugas di Metro.

"Taman ini didedikasikan untuk menghormati jasa dr.Soemarno Hadiwinoto yang tak hanya berperan sebagai dokter semasa bertugas di Metro,"jelasnya.

Sejarah juga mencatat bahwa Soemarno Hadiwinoto juga berperan sebagai adviseur pendirian Sekolah Muhammadiyah pertama di Kota Metro.

4. Peluncuran dua buku

Peringatan HGN Kota Metro, Gelar Napak Tilas hingga Peluncuran BukuDinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bekerjasama Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Metro bakal menggelar Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2021, Kamis (25/11/2021).

Kabid Kearsipan Dispusarda Metro, Lutfiana Imawati menjelaskan, acara lain akan digelar adalah peluncuran buku. Dua buku yang dirilis adalah buku Metro Era 1942-1950 dikerjakan Bidang Kearsipan Dispusarda bersama para penulis serta buku karya para guru peserta Bimtek Penulisan Sejarah yang digelar Disdikbud beberapa waktu lalu," jelasnya.

Adi Setiawal dari Pensil Bersejarah berharap kehadiran penerbit lokal dan buku-buku sejarah lokal khususnya akan meningkatkan literasi sejarah masyarakat. "Lewat produksi buku-buki sejarah lokal diharapkan literasi sejarah masyarakat Kota Metro akan semakin meningkat,"harpanya.

Diskusi buku akan menghadirkan Bunda Literasi Metro dr Silvi Naharani bersama perwakilan guru, perwakilan penulis dan IKAPI Lampung.

Baca Juga: Dinkes Metro Siapkan Vaksinasi COVID-19 Anak Usia di Bawah 12 Tahun  

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya