Comscore Tracker

PDIP Bidik Sapu Bersih Pilkada 8 Kabupaten/Kota di Lampung

Rekomendasi bakal calon tidak akan berubah

Bandar Lampung, IDN Times – Sudin, selaku Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Lampung menargetkan sapu bersih Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di delapan kabupaten/kota provinsi setempat. Target itu diusung pasca partai berlambang banteng ini sudah mengeluarkan seluruh surat rekomendasi kepada delapan bakal calon kepala daerah (balonkada) di provinsi setempat.

"Kita target menang di delapan daerah. Hari ini kita umumkan rekomendasi empat daerah untuk Bandar Lampung, Pesawaran, Way Kanan, dan Lampung Timur. Empat kabupaten lainnya juga sudah kita umumkan beberapa waktu lalu,” jelasnya saat ditemui awak media di Kantor DPD PDIP Provinsi Lampung, Selasa (11/8/2020).

Sudin menambahkan, delapan balonkada yang mendapat surat rekomendasi dari PDIP merupakan kader terpilih dan dinilai terbaik untuk memenangkan Pilkada 2020. Ia memastikan, surat rekomendasi yang diberikan kepada delapan calon tersebut tidak akan diganti. “Rekomendasi ini tidak bakal berubah, kami konsisten,” tegas anggota DPR RI ini.

1. Eva Dwiana masih tunggu rekomendasi Gerindra dan PKS

PDIP Bidik Sapu Bersih Pilkada 8 Kabupaten/Kota di LampungCalon wali kota Bandar Lampung Eva Dwiana menunjukkan surat rekomendasi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan untuk Pilkada Serentak 2020, Selasa (11/8/2020). (IDN Times/Martin L Tobing)

Bakal calon wali kota dan wakil wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana-Dedi Amarullah resmi mendapat rekomendasi PDIP. Itu berdasarkan surat nomor: 1544/IN/DPP/VII/2020 tentang rekomendasi Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandar Lampung 2020 ditandatangani Ketua Bambang Wurianto dan Sekretaris Jendral DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto tertanggal 1 Juli 2020.

Terkait surat itu, perempuan akrab disapa Bunda Eva ini bersyukur.  "Alhamdulilah, Bunda mengucapkan terimakasih kepada Ketum PDI Perjuangan Ibu Megawati yang sudah memberikan amanah kepada bunda," ujarnya kepada awak media pasca menerima rekomendasi di Kantor DPD PDIP, Selasa (11/8/2020).

Eva berharap, jika diberi amanah memimpin Kota Tapis Berseri dapat melanjutkan program pembangunan Wali Kota Bandar Lampung Herman HN tak lain suami Eva. "Harapan ke depan bunda akan dapat membuat kota Bandar Lampung lebih baik lagi, melanjutkan kepemimpinan pak Herman HN," kata dia.

Diketahui PDIP memiliki sembilan kursi di DPRD Kota Bandar Lampung. Duet Eva Dwiana-Dedi Amarullah sebelumnya telah mendapat rekomendasi Partai NasDem menduduki 5 kursi di DPRD kota. Pasangan ini memenuhi persyaratan sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota Pilkada Serentak 2020 Kota Bandar Lampung lantaran telah meraih sebanyak 14 kursi. Sedangkan syarat minimal pencalonan 10 kursi.

Terkait hal itu Eva menyatakan bersyukur. Di sisi lain, ia tak menampik pihaknya akan mendapat rekomendasi dari partai lain. Partai yang mungkin akan memberikan rekomendasi yaitu, Gerindra dan PKS masing-masing memiliki tujuh kursi dan enam kursi di DPRD Kota Bandar Lampung.

Baca Juga: [BREAKING] Sah! PDIP Pilih Eva Dwiana Balonkada Kota Bandar Lampung

2. Bupati Raden Adipati Surya pilih setia dengan pasangannya saat ini

PDIP Bidik Sapu Bersih Pilkada 8 Kabupaten/Kota di LampungBakal calon bupati Kabupaten Way Kanan yang juga petahana Raden Adipati Surya memegang surat rekomendasi dari DPD PDIP Provinsi Lampung, Selasa (11/8/2020). (IDN Times/Martin L Tobing)

Tiga petahana bupati Kabupaten Pesawaran, Lampung Timur, dan Way Kanan resmi mendapat surat rekomendasi dari PDIP. Mereka adalah Dendi Ramadhona-Marzuki tertuang dalam surat nomor: 1543/IN/DPP/VII/2020 tentang rekomendasi Calon Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran 2020 tertanggal 1 Juli 2020. Raden Adipati Surya-Edward Antony tertuang dalam surat nomor: 1542/IN/DPP/VII/2020 tentang rekomendasi Calon Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan 2020 tertanggal 1 Juli 2020. Terakhir,  pasangan Zaiful Bokhari-Sudibyo tertuang dalam surat nomor: 1797 IN/DPP/VII/2020 tentang rekomendasi Calon Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur 2020 tertanggal 7 Agustus 2020.

Dari tiga pasangan balonkada tersebut, tercatat petahana Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya memilih “setia” dengan pasangannya saat ini yaitu Edward Antony. Edward merupakan Wakil Bupati Way Kanan saat ini.  Sedangkan Dendi Ramadhona dan Zaiful Bhokari memilih pasangan baru untuk bersama-sama mengarungi Pilkada Serentak 2020 di wilayah Kabupaten Pesawaran dan Kabupaten Lampung Timur.

3. Sebanyak 75 pasangan balonkada se-Indonesia resmi diumumkan virtual oleh PDIP

PDIP Bidik Sapu Bersih Pilkada 8 Kabupaten/Kota di LampungBakal calon bupati Kabupaten Pesawaran yang juga petahana Dendi Ramadhona (dua dari kiri) memegang surat rekomendasi pencalonan dari PDIP, Selasa (11/8/2020). (IDN Times/Martin L Tobing).

DPP PDI Perjuangan (PDIP) resmi mengumumkan 75 pasangan calon kepala daerah Pilkada Serentak 2020. Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri memimpin rapat partai dalam rangka pengumuman, yang digelar secara virtual, Selasa (11/8/2020) bersama Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto.Nama-nama calon kepala daerah dibacakan oleh Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani

Ketua DPD PDI Perjuangan Lampung, Sudin menjelaskan, empat surat rekomendasi DPP PDIP untuk balonkada di Kota Bandar Lampung, Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Lampung Timur, dan Kabupaten Way Kanan digelar hari ini merupakan periode terakhir menjelang Pilkada Serentak 2020. Keempat surat rekomendasi kandidat bakal cakon kepala daerah itu ditandatangani oleh Ketua Bambang Wurianto dan Sekretaris Jendral DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Sebelumnya PDIP telah mengeluarkan rekomendasi untuk empat daerah di Lampung. Rinciannya, Anna Morinda-Fritz Akhmad Nuzir di Kota Metro, Loekman Djoyosoemarto-Ilyas Hayani Muda di Lampung Tengah, Nanang Ermanto-Pandu Kesuma Dewangsa di Lampung Selatan, dan Pieter-Fahrurrazi di Pesisir Barat.

Baca Juga: PDIP Umumkan Paslon Pilkada 2020, Pengamat: Targetnya Pilpres 2024 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya