Comscore Tracker

Masjid BSI jadi Cikal Bakal Pembukaan Bakauheni Harbour City

Peresmian kawasan BHC itu bakal dilakukan akhir Oktober 2022

Lampung Selatan, IDN Times - Masjid BSI akan menjadi cikal bakal pembukaan Bakauheni Harbour City (BHC) berlokasi di Lampung Selatan. Peresmian kawasan BHC itu bakal dilakukan akhir Oktober 2022.

Hal itu disampaikan Dirut PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi saat menghadiri pembukaan Festival Krakatau ke-31 Tahun 2022 di Anjungan Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (27/8/2022). 

"Masjidnya ikonik, mengusung budaya Lampung. Kemudian sekitar lebaran 2023 nanti, Krakatau Park yang dibangun oleh Jatim Park Group sudah ada di sini. Lampung akan menjadi tujuan utama pariwisata, bukan alternatif lagi," katanya.

1. Lampung bakal jadi pilihan utama wisata ke depan

Masjid BSI jadi Cikal Bakal Pembukaan Bakauheni Harbour Cityinstagram.com/pulaupahawang.lampung

Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan, pembangunan infrastruktur Kawasan Ekonomi Khusus (Bakauheni Harbour City), sudah ditetapkan menjadi Proyek Strategis Nasional. 

"Sudah menjadi tugas, kewajiban dan fungsi kami untuk memberi dukungan penuh. Jadi bukan hanya dukungan infrastruktur tapi juga kesiapan SDM-nya dan kesiapan paket-paket wisatanya," jelas Sandiaga. 

Ia meyakini, Provinsi Lampung ke depan akan menjadi pilihan utama dalam berwisata, karena jarak tempuhnya yang relatif dekat dari Jakarta.

"Dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam dari Jakarta, Lampung yang tadinya alternatif, sekarang menjadi pilihan utama. Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, akan kita geliatkan lagi, kita tingkatkan lagi potensi wisata di Lampung," kata Menparekraf.

"Buat teman-teman, mulailah menabung, siap-siap untuk pergi ke Lampung," ajak Sandiaga. 

Baca Juga: Tour GAK, Acara Unggulan Paling Dinanti Festival Krakatau 2022

2. Wisata Lampung dapat perhatian khusus pemerintah pusat

Masjid BSI jadi Cikal Bakal Pembukaan Bakauheni Harbour CityPembukaan Festival Krakatau di Anjungan Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (27/8/2022). (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi menjelaskan, pembangunan sektor kepariwisataan Provinsi Lampung telah mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat. Salah satu keunggulan dimiliki Provinsi Lampung menurutnya adalah aksesibilitas yang mudah dan dekat dengan ibukota negara. 

"Alhamdulillah, Provinsi Lampung tahun 2021 lalu telah mendapatkan dukungan dari pusat dengan dimulainya Ground Breaking Kawasan Pariwisata Terintegrasi Bakauheni Harbour City," kata gubernur. 

Arinal juga menginformasikan, Triwulan II tahun 2022 ini, pertumbuhan ekonomi Lampung mengalami peningkatan sebesar 9,12 persen dibandingkan dengan Triwulan I dan merupakan pertumbuhan ekonomi tertinggi se-Indonesia. 

"Mudah-mudahan kita bisa terus mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang tinggi untuk mendukung pembangunan Lampung di berbagai sektor, termasuk sektor pariwisata," katanya.

3. Tembus Kharisma Event Nusantara 2022

Masjid BSI jadi Cikal Bakal Pembukaan Bakauheni Harbour CityPembukaan Festival Krakatau di Anjungan Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (27/8/2022). (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif, mengapresiasi Pemerintah Provinsi Lampung dan Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, karena Festival Krakatau berhasil menembus Kharisma Event Nusantara 2022. Hal tersebut disampaikan Sandiaga Salahuddin Uno saat membuka acara Pesona Kemilau Festival Krakatau ke-31 Tahun 2022.

Ia menambahkan, untuk menembus Kharisma Event Nusantara adalah sesuatu tidak mudah karena hanya event-event terpilih dan terbaik di Indonesia saja yang masuk dalam event itu. Serta terkurasi dengan penuh kehati-hatian. Sandiaga juga mengapresiasi Festival Krakatau yang mengajak tenaga kesehatan dalam Tour Krakatau

4. Rangkaian Festival Krakatau 2022

Masjid BSI jadi Cikal Bakal Pembukaan Bakauheni Harbour CityFestival Krakatau 2022 siap digelar. (IDN Times/Istimewa).

Plt Kadis Pariwisata & Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, Qudrotul Ikhwan melaporkan, Festival Krakatau merupakan wadah apresiasi dan puncak kreatifitas bagi seniman, budayawan dan masyarakat Lampung serta momentum pengingat erupsi Gunung Krakatau pada tahun 1883. 

Pada gelaran ke-31 tahun 2022 ini, Festival Krakatau mengambil tema "Tangguh Berjaya" masuk dalam 110 kalender kepariwisataan nasional Kharisma Event Nusantara 2022. Acara Budaya Pesona Kemilau Krakatau dan Tour Krakatau yang dilaksanakan pada hari ini merupakan rangkaian kegiatan utama Festival Krakatau tahun 2022. 

Qudrotul juga menginformasikan, Tour Krakatau akan diikuti oleh 300-400 peserta, terdiri dari tenaga kesehatan yang merupakan trip reward selama penanganan COVID-19, peserta Lampung Familiarization Trip 2022 yaitu para influencer, vlogger, blogger serta jajaran Pemprov Lampung, Forkopimda dan undangan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Baca Juga: Festival Krakatau 2022 Siap Digelar, Ada Tour Gunung Anak Krakatau!

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya