Libur Idul Adha 2023, ASDP Bakauheni Prediksi Penumpang Naik 10 Persen

Peningkatan naik dibandingkan penyeberangan hari normal

Lampung Selatan, IDN Times - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni memperkirakan terjadi peningkatan angkutan penumpang dan kendaraan sebesar 5 persen sampai 10 persen. Peningkatan itu selama libur panjang Idul Adha 1444 H dibandingkan dengan penyeberangan hari normal khususnya pelabuhan menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera.

General Manager ASDP Cabang Bakauheni Rudi Sunarko mengatakan, prediksi puncak arus mudik libur panjang Idul Adha 28 Juni 2023. Sejak minggu lalu pihaknya telah mempersiapkan berbagai fasilitas mendukung operasional penyeberangan dan pelabuhan.

Baca Juga: Tarif Baru Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, HK Beri Diskon 20 Persen

1. Puncak arus balik diprediksi 2 Juli 2023

Libur Idul Adha 2023, ASDP Bakauheni Prediksi Penumpang Naik 10 PersenPenampakan suasana Pelabuhan Bakauheni H-3 Lebaran 2023, Rabu (19/4/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Sedangkan puncak arus balik dari Bakauheni diperkirakan terjadi 2 Juli 2023. Itu sesuai berakhirnya cuti bersama bagi ASN 28 hingga 30 Juni 2023 serta jelang berakhirnya libur sekolah.

“Berdasarkan data perbandingan antara Idul Adha 2022 dan Idul Adha 2019, ASDP Cabang Bakauheni memperkirakan adanya peningkatan trafik kendaraan sebesar 1 persen dibandingkan dengan Idul Adha 2022, dengan total kendaraan mencapai 9.972 unit kendaraan setiap hari,” ujar Rudi, Kamis (29/6/2023).

Terkait sarana kapal disiapkan di lintasan Bakauheni-Merak selama periode libur panjang Idul Adha, Rudi mengatakan melalui koordinasi dan jadwal ditetapkan BPTD sebanyak 28 unit kapal akan dioperasikan 24 jam. Pelabuhan Bakauheni akan mengoperasikan 7 dermaga, terdiri dari 6 dermaga reguler dan 1 dermaga eksekutif.

2. Wajib bertiket H-1

Libur Idul Adha 2023, ASDP Bakauheni Prediksi Penumpang Naik 10 PersenSuasana arus balik lebaran di Pelabuhan Bakauheni, Jumat (6/5/2022) malam. (IDN Times/Martin L Tobing).

Adanya peningkatan jumlah penumpang di Merak maupun Bakauheni, Corporate Secretary Shelvy Arifin meminta agar para pengguna jasa yang akan berlibur menggunakan kapal ferry agar mengatur waktu perjalanan agar tidak mengalami antrean.

Untuk kelancaran perjalanan, idealnya pengguna jasa telah bertiket minimal sehari sebelumnya. "Ini kuncinya, agar melakukan reservasi tiket jauh-jauh hari melalui Ferizy. Karena sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan," ujarnya.

Sebagai bentuk peningkatan pelayanan, ASDP membuka penjualan tiket ferry sejak 60 hari sebelum hari keberangkatan. Tujuannya, masyarakat dapat melakukan reservasi tiket jauh-jauh hari sehingga perjalanan lebih terjamin, lebih aman, tidak perlu mengantre, dan pastinya lebih nyaman. 

3. Diimbau check in 2 jam sebelumnya

Libur Idul Adha 2023, ASDP Bakauheni Prediksi Penumpang Naik 10 PersenPotret malam mudik H-3 Lebaran 2023/1444 Hijriah, Rabu (19/4/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Shelvy mengatakan, pengguna jasa telah membeli tiket untuk mengatur waktu di hari H agar tidak terlambat dan melakukan check in 2 jam sebelumnya. Tiket akan expired jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan. Apabila tiba di pelabuhan belum bertiket, maka kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan.

"Jangan lupa saat membeli tiket via online, pastikan pengguna jasa mengisi daftar penumpang dalam kendaraan secara tepat dan lengkap, termasuk data kendaraannya. Ini penting terkait hak asuransi setiap penumpang dan memperlancar proses perjalanan," tuturnya.

Shelvy menyatakan, selama masa angkutan Idul Adha 2023 ini ASDP siap memberikan pelayanan terbaik tentunya dengan dukungan dari seluruh pihak terkait dan pengguna jasa dalam menjaga kelancaran serta menciptakan perjalanan yang aman, nyaman dan selamat.

Baca Juga: Long Weekend, Penyeberangan di Bakauheni Diprediksi Naik 5 Persen

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya