Comscore Tracker

Jemput Anak Bimbel, Pencuri Bobol Harta Pemilik Rumah Rp400 Juta

Curi emas batangan, uang tunai dolar, hingga logam mulia

Bandar Lampung, IDN Times – Polsek Tanjungkarang Timur (TKT) menyelidiki aksi pencurian barang berharga di satu rumah di Perumahan Kedamaian Indah, Kecamatan Kedamaian, Kota Bandar Lampung. Imbas kejadian itu, korban kehilangan emas dan barang berharga

Kapolsek TKT, AKP Dony Arianto, mengatakan, menjelaskan, korban telah membuat laporan LP Nomor 19/01/2021/lPG/Resta Balam/SekTkT. "Saat ini masih lidik," ujarnya, Kamis (14/1/2021).

Ia menambahkan, tahap penyelidikan awal dilakukan pihaknya, menemukan sertifikat dan koper di lapangan. Sedangkan barang berharga lainnya dibawa pelaku.

1. Petugas keamanan duga ada orang pura-pura bertamu

Jemput Anak Bimbel, Pencuri Bobol Harta Pemilik Rumah Rp400 JutaProgram pelatihan satpam kepada pemuda sekitar perusahaan Inalum (Dok.IDN Times/istimewa)

Petugas keamanan perumahan menerangkan, peristiwa tersebut terjadi  sekitar pukul 10.00 WIB. Pelaku “menyambangi” rumah saat korban sedang tidak ada di rumah.

"Saya kebetulan sedang tidak tugas dan gak ada di lokasi. Tapi dari info, ada yang datang pura-pura bertamu, jadi tetangga gak curiga," jelas pria yuang enggan disebutkan namanya ini.

Lebih lanjut disampaikannya, pencuri mengambil sejumlah barang berharga seperti emas, sertifikat, dan uang. Korban sudah melaporkan kejadian ini dan pihak kepolisian sudah melakukan Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Baca Juga: Viral Warga Gagalkan Aksi Pencurian Motor, Pelaku Diamuk Massa

2. Kerugian ditaksir Rp400 juta

Jemput Anak Bimbel, Pencuri Bobol Harta Pemilik Rumah Rp400 JutaIlustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Yuli Susanti (42) selaku korban menyatakan, imbas pencurian dialaminya, kerugian ditaksir hampir Rp400 juta. Ia merinci barang yang hilang seperti logam mulia 50 gram, emas batangan 250 gram, uang tunai dolar Singapura sebesar Rp5 juta, hingga 500 butir batu cincin.

Sedangkan sertifikat berharga seperti rumah, tanah, dan apartemen sempat dicuri pelaku. Beruntung, sertifikat ditemukan tercecer di lapangan Jalan Ridwan Rais.

“Kondisinya (sertifikat) basah semua, ketemu sore. Saya juga sudah lapor ke polisi,” jelas Yuli.

3. Tidak ada saksi yang melihat

Jemput Anak Bimbel, Pencuri Bobol Harta Pemilik Rumah Rp400 JutaIlustrasi Maling (IDN Times/Mardya Shakti)

Yuli menerangkan, saat kejadian sedang menjemput anaknya di tempat bimbingan belajar. Tidak ada saksi melihat langsung kejadian ini.

“Tapi tetangga sempat mendengar suara yang mencurigakan. Tetangga saya bilang sekitar jam setengah sebelas ada yang ketok-ketok pintu. Tetangga kira tamu saya,” ujarnya.

Yuli menambahkan, berdasarkan informasi lain diterimanya, pelaku mengendarai mobil jenis minibus warna hitam nomor polisi dari Sumatera Selatan. “Satu di mobil dan satu masuk (ke rumah pakai topi)," ujarnya.

4. Korban menduga kediamannya sudah diintai, pot tanaman pecah

Jemput Anak Bimbel, Pencuri Bobol Harta Pemilik Rumah Rp400 Jutarafael-home-biz.com

Menurut korban, pelaku diduga sudah mengintai kediamannya sejak tiga pekan lalu. Itu merujuk pot tanaman miliknya pecah dua kali.

“Itu dua kali (kejadian). Saya gak ada pikiran (pencuri).Kejadian ketiga kali ini barang hilang,” katanya.

Baca Juga: Polisi Lepas Dua Tembakan ke Udara, Dua Pencuri Motor Kabur

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya