Comscore Tracker

IIB Darmajaya PTS Terbaik di Bandar Lampung Versi Kemendikbud

Klasterisasi pendidikan digulirkan Kemendikbud 2020

Bandar Lampung, IDN Times – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Kota Bandar Lampung. Itu merujuk klasterisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) 2020.

Rektor IIB Darmajaya, Dr (Can) Ir H. Firmansyah Y Alfian, MBA, menerangkan, Kemendikbud RI mengeluarkan klasterisasi pertengahan Agustus 2020 lalu. Ada total 2.136 perguruan tinggi dan sebanyak 48 perguruan tinggi berada di Provinsi Lampung.

Di Provinsi Lampung IIB Darmajaya menempati posisi ketiga di bawah Universitas Lampung dan Universitas Muhammadiyah Metro. “Hasil klasterisasi ini juga untuk memacu IIB Darmajaya untuk lebih meningkatkan mutu dalam pembelajaran kepada mahasiswa lebih baik,” ujarnya, Senin (31/8/2020).

1. Maksimalkan learning management system era pandemik COVID-19

IIB Darmajaya PTS Terbaik di Bandar Lampung Versi KemendikbudIIB Darmajaya. (IDN Times/Istimewa).

Menurut Rektor IIB Darmajaya, Firmansyah era Revolusi Industri 4.0 dan wabah pandemik COVID-19, perguruan tinggi dituntut dapat memberikan pembelajaran maksimal melalui pemanfaatan dalam jaringan (daring). Kampus ini telah menjalani pembelajaran daring dan memaksimalkan kembali learning management system (LMS) untuk meningkatkan pembelajaran dalam masa pandemi ini.

Ia menambahkan, pihaknya juga memiliki program studi kekinian seperti Desain Komunikasi Visual dan Bisnis Digital. “Kedua Prodi ini juga lulusannya saat ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan maupun lembaga pemerintah sesuai dengan Era Revolusi Industri 4.0,” papar Firman, sapaan akrab pria ini.

Ketua Yayasan Alfian Husin, Dr Andi Desfiandi, S.E., M.A, menambahkan, sebagai kampus internasional dan entrepreneur, IIB Darmajaya terus meningkatkan mutu dalam pembelajaran. “Pemeringkatan ini juga dapat mendorong untuk mencetak lulusan yang siap kerja dan mampu beradaptasi dalam kondisi global,” ungkapnya.

Menurutnya, di tengah wabah pandemi ini juga IIB Darmajaya sebagai kampus teknologi mampu melakukan pembelajaran daring lebih maksimal. “Tanpa mengurangi mutu dan kualitas pembelajaran, IIB Darmajaya melakukan pembelajaran daring maksimal yang juga mengikuti aturan Kemdikbud RI dalam penerapan merdeka belajar,” tegasnya.

Baca Juga: Wabah COVID-19 Tak Urungkan Niat Mahasiswi Rintis Bisnis Udang Vaname

2. PTS terbaik kedua di Sumatera versi webometrics

IIB Darmajaya PTS Terbaik di Bandar Lampung Versi Kemendikbuddarmajaya.ac.id

Peringkat webometrics Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya kembali meningkat urutan ke 71 dari sebelumnya yang berada di peringkat 76. Webometrics merupakan lembaga indeks universitas yang melakukan pemeringkatan terhadap perguruan tinggi di dunia dan Indonesia. 

Di Provinsi Lampung, IIB Darmajaya menempati posisi ketiga di bawah Universitas Lampung dan Universitas Muhammadiyah Metro. Di Pulau Sumatera, IIB Darmajaya PTS terbaik kedua di Sumatera versi webometrics dan terbaik ke 14 PTN/PTS.

Berdasarkan situs webometrics, IIB Darmajaya meraih nilai dari empat indikator terdiri dari presence rank 4.236, impact rank 1.395, opennes rank 5.821, dan excellence rank 6.528. Sebanyak 2.693 perguruan tinggi, sekolah tinggi hingga institut yang tercatat dalam webometrics di Indonesia.

Rektor IIB Darmajaya, Firmansyah, mengatakan peningkatan peringkat webometrics IIB Darmajaya ini juga sebagai keterbukaan informasi publik yang ditampilkan dalam laman informasi utama dari kampus biru. “Ini merupakan kerja keras semua pihak untuk terus meningkatkan peringkat webometrics yang saat ini telah menempati urutan 71,” terangnya.

Firmansyah juga menuturkan dengan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 ini membuat trafik kunjungan website mengalami peningkatan.  Informasi di website utama juga akan terus ditingkatkan dengan menampilkan yang terbaru. “Dengan capaian ini juga jangan sampai terlena untuk cepat puas tetapi harus terus dapat meningkatkan kinerja untuk mencapai 50 besar,” katanya.

3. Bayar uang semester dan SKS via Tokopedia

IIB Darmajaya PTS Terbaik di Bandar Lampung Versi KemendikbudBayar uang semester dan SKS mahasiswa IIB Darmajaya kini bisa melalui Tokopedia. (IDN Times/Istimewa).

IIB Darmajaya menjalin kerjasama dengan Tokopedia untuk memudahkan pembayaran biaya pengembangan program (BPP), sistem kredit semester (SKS), dan lain-lain mahasiswa.

Kepala Bagian Kerjasama IIB Darmajaya, Ketut Artaye, S.Kom., M.T.I, mengatakan, implementasi kerjasama ini memberikan kemudahan kepada mahasiswa dan calon mahasiswa dalam melakukan pembayaran pendidikan di IIB Darmajaya. Ada beberapa poin kerjasama yang telah disepakati untuk dijalankan di antaranya program beasiswa, Tech A Break Goes to Campus, dan Tokopedia Corner.

Wakil Rektor 2 IIB Darmajaya, Ronny Nazar, S.E., M.M, menambahkan, mahasiswa baru ataupun lama dapat melakukan pembayaran administrasi perkuliahan dengan memanfaatkan marketplace Tokopedia. Selama ini juga pembayaran dapat dilakukan dengan transfer melalui bank maupun virtual account.

“Kini ditambah dengan kerjasama Tokopedia yang membuat mahasiswa maupun calon mahasiswa lebih mudah dan efisien. Suasana yang masih dalam wabah pandemi Covid-19 juga sebagai bagian dari memutus penyebarannya dengan metode pembayaran cashless,” ujarnya.

Baca Juga: Dua Mahasiswa Lampung Terpilih Jadi Peserta Ajang Digelar PBB 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya