Comscore Tracker

Hore, 5.050  Siswa SMA di Lampung Dapat Kuota 30GB Gratis dari XL

Dapat digunakan untuk belajar daring

Bandar Lampung, IDN Times – Sebanyak 5.050 siswa jenjang SMA/SMK di Provinsi Lampung mendapatkan kuota internet gratis dari operator seluler PT XL Axiata, Selasa (1/9/2020). Para siswa tersebut mendapatkan kuota gratis sebesar 30GB yang dapat digunakan untuk belajar dalam jaringan (daring).

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung, Aswarodi, menyatakan, mengapresiasi kerja sama antara Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi) dan provider XL Axiata dalam menyediakan kuota internet gratis bagi pelajar.

"Ada kepedulian dari provider bagi dunia pendidikan yang saat ini menerapkan belajar dari rumah secara daring guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19," katanya.

1. Siswa di daerah ada yang masih terkendala akses internet

Hore, 5.050  Siswa SMA di Lampung Dapat Kuota 30GB Gratis dari XLtheconversation.com

Wakil Ketua Askompsi Provinsi Lampung, Achmad Chrisna Putra, menjelaskan, siswa terkena imbas pandemi COVID-19 karena kegiatan belajar tidak bisa dilakukan di sekolah. Adanya akses internet diberikan gratis sangat dibutuhkan siswa untuk proses belajar daring.

Ia tak menampik, tidak semua siswa di beberapa daerah dapat mengakses internet dengan mudah. Itu terkait kendala jaringan dan akses internet.

"Adanya kegiatan ini wujud kepedulian Askompsi kepada anak bangsa dengan dukungan dari XL Axiata berupa pemberian akses internet gratis kepada siswa. Harapannya siswa dapat terus belajar disaat pandemi COVID-19,” papar Chrisna.

Baca Juga: Kisah Dian Siswarini, Sang CEO XL Axiata yang Pernah Panjat Tower BTS!

2. Sasar 260.450 siswa terima kuota data gratis

Hore, 5.050  Siswa SMA di Lampung Dapat Kuota 30GB Gratis dari XLTerlihat para siswa juga menggunakan laptop yang disediakan KPU Jombang untuk menikmati wifi gratis. IDN Times/Zainul Arifin

PT XL Axiata, Tbk (XL Axiata) bekerjasama dengan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi) memberikan paket internet gratis khusus bagi pelajar di berbagai provinsi. Dukungan ini sebagai bentuk kepedulian XL Axiata dan ASKOMPSI mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam masa pandemik Covid-19.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, mengatakan, kerjasama XL Axiata – Askompsi akan disalurkan donasi berupa kuota data gratis ke 260.450 pelajar setingkat SMP dan SMA di 1.000 sekolah berada di 28 provinsi. Data pelajar dan sekolah berdasarkan rekomendasi dari Dinas Pendidikan Provinsi.

Penyaluran donasi ini akan dilakukan dua skema. Pertama, sebanyak 450 paket diberikan untuk pelajar kurang mampu, yang bisa dipakai untuk mengakses internet selama empat bulan. Kedua, sebanyak 260.000 paket berupa akses internet gratis selama dua bulan. Paket kuota data gratis ini sudah bisa mulai dipergunakan pada 1 September 2020.

Desy menambahkan, mekanisme penyaluran ke setiap siswa akan dilakukan oleh kepala sekolah dengan cara berkoodinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi. Kuota data yang diterima para siswa ini bisa dipakai untuk mengakses layanan Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom dan juga Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu.

Kuota ini juga bisa dipergunakan untuk mendapatkan materi belajar yang disediakan Rumah Belajar Kemendikbud disitus https://belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud https://spada.kemdikbud.go.id atau https://lmsspada.kemdikbud.go.id/.

3. Pembelajaran jarak jauh perlu terobosan pemanfaatan internet dan teknologi digital

Hore, 5.050  Siswa SMA di Lampung Dapat Kuota 30GB Gratis dari XLdewacoding.com

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, mengatakan, pihaknya senantiasa berkomitmen untuk ikut serta berpartisipasi mengembangkan dan memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Menurutnya, proses pembelajaran jarak jauh memang memerlukan terobosan memanfaatkan layanan internet dan teknologi digital.

“Kami merasa bertanggung jawab membantu meringankan beban masyarakat yang terus berusaha agar anak-anaknya tetap bisa belajar. Selain itu, kerja sama XL Axiata dan Askompsi merupakan implementasi kedua pihak mendukung pemerintah dalam menyelenggarakan proses belajar dan mengejak secara online selama pandemi Covid-19 masih berlangsung.”

Namun, untuk melaksanakannya, muncul kendala terkait dengan kemampuan masyarakat dalam menyediakan sarana smartphone, membeli paket kuota data, serta kualitas jaringan atau sinyal dari operator yang belum sepenuhnya menjangkau setiap area. Program kerja sama XL Axiata–Askompsi ini diharapkan bisa memperingan beban sebagian pelajar dan orang tuanya dalam mendapatkan kuota data untuk mengikuti PJJ.

XL Axiata sebelumnya juga telah menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) untuk menyediakan paket khusus kuota data guna memperingan mahasiswa dan dosen. Kebutuhan ini muncul karena selama pandemi, perkuliahan tatap muka ditiadakan dan digantikan dengan perkuliahan jarak jauh juga.

Baca Juga: Pelanggan XL Axiata Capai 50,5 Juta di Indonesia

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya