Heri Bermimpi Desa Bagelen Pesawaran Jadi Sentra Kambing Lampung

Ternak kambing bak panggilan hidup baginya

Gedongtataan, IDN Times - Pagar lahan seluas sekira 5.000 meter di pinggir sungai Desa Bagelen, Kecamatan Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran tertempel label “Dijual”. Ada bangunan yang tak terpakai lagi di sisi pinggir kali.

Lahan itu sesungguhnya sudah terbeli, tetapi Heriyanto, sang pemilik baru, belum sempat membuang tulisan yang dilengkapi dengan nomor telepon itu. Di bagian tengah, ada hamparan tanaman odot, salah satu jenis rumput pakan ternak amat subur. Dan di balik tembok sebelahnya, puluhan kambing berbagai jenis berbaris di dalam kandang.

Heriyanto pemilik lahan itu sedang memberi pakan kambing-kambingnya. Lelaki 34 tahun itu mengaku punya obsesi besar untuk membuat “pasar” wedus (kambing) di desanya.

Heri, sapaan akrabnya, bermimpi dan menciptakan imaji kepada masyarakat Lampung “Jika butuh wedus, ke Bagelen Aja!”

1. Ternak kambing bak panggilan hidup

Heri Bermimpi Desa Bagelen Pesawaran Jadi Sentra Kambing Lampungfoodnavigator-asia.com

Ternak kambing bak sudah menjadi panggilan hidup Heri. Anak pedagang beras yang lahir dan besar di Desa Transmigrasi itu mengaku sejak bujang sudah belajar dagang wedus.

Sampai berkeluarga, mempunyai anak, hingga sekarang, kata dia, ternak dan jual beli kambing selalu menyertai kiprahnya mengunduh rezeki. Ia beralasan, hewan itu punya pasar eksklusif.

Pria lulusan Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jurusan Pemasaran ini menyebut, daging kambing tidak lagi bernilai sebagai bahan protein atau makan saja, tetapi memiliki makna dalam ibadah umat Islam.

“Kambing itu sekarang kan bukan sekadar daging. Memang harga daging kambing sedikit lebih murah dibanding daging sapi, tetapi cukup stabil. Dan sekarang, kambing tidak lagi bernilai sebagai daging konsumsi. Sekarang setiap anak lahir (muslim), hampir pasti diakikahi. Kalau kambing akikah atau kurban, harganya pasti lebih tinggi,” katanya, Rabu (10/2/2021).

Baca Juga: PTPN VII Gandeng Polda Lampung Jaga Keamanan Aset Perusahaan

2. Bagelen sentra kambing bukan sekadar angan

Heri Bermimpi Desa Bagelen Pesawaran Jadi Sentra Kambing LampungANTARA FOTO/Rahmad

Impiannya untuk menjadikan Bagelen sebagai salah satu sentra kambing bukan cuma angan-angan. Saat ini, selain di lahan di dekat kandang, Heri sedang menanam rumput odot dan indogofera seluas satu hektare di lahan lain.

Beberapa bulan ke depan, ia akan menambah jumlah kambing seiring tumbuhnya tanaman bahan baku pakan ternak itu siap panen. Ia mengatakan memelihara kambing itu kuncinya ada di pakan.

“Kalau pakan sudah siap, maka kambing berapa pun bisa kita pelihara. Nah, nantinya di lokasi ini (sambil menunjuk pekarangan luasnya) akan saya bikin kandang semua. Nanti kalau ada pembeli tinggal pilih mana yang mau dibeli,” kata dia.

Soal pakan, pengalaman sejak bujang dagang kambing sudah menguji pengetahuannya. Saat ini, kata dia, selain rumput odot, bahan pakan dari daun  indogofera sedang tren sebagai pakan ternak berprotein sangat baik untuk kambing maupun sapi. Cara pemberian pakannya juga bisa diawetkan dengan cara fermentasi.

“Indogofera itu sejenis tanaman mirip johar atau kelor, tetapi tidak langu (bau). Pertumbuhannya cepat dan kambing senang makannya. Sekarang sedang tren dan harganya juga cukup mahal. Saya baru beli seribu polybag. Harga per polybag ukuran tinggi 50-70 cm lima ribuan,” kata dia.

3. Usaha tidak bisa dikerjakan sendiri

Heri Bermimpi Desa Bagelen Pesawaran Jadi Sentra Kambing Lampungpexels.com

Usaha ternak kambing digelutinya kini tak bisa dikerjakan sendiri. Heri kini memekerjakan 10 pemuda. Heri juga memiliki usaha dua kilang beras, toko bahan bangunan, ternak kambing, ternak sapi, hingga memelihara tanaman rumputnya yang luas.

Ia berani keluar dari zona nyaman sebagai petani padi beralih ke tanam rumput odot dan Indogofera untuk pakan kambing. Di desa yang bertetangga dengan Kebun PTPN VII Unit Wayberulu itu, Heri bertekad menjadikan desanya kandang produktif.

Ia juga menyampaikan terima kasihnya kepada PTPN VII yang membantu mewujudkan obsesinya. Heri berkeyakinan, jika desanya tumbuh subur sentra-sentra ekonomi produktif, warganya akan sejahtera. Dan, kesejahteraan itu akan menciptakan keamanan yang sebenarnya.

4. Dapat dana pinjaman program kemitraan PTPN VII

Heri Bermimpi Desa Bagelen Pesawaran Jadi Sentra Kambing Lampungbprdbl.co.id

Mendapat dana pinjaman dari PT Perkebunan Nusantara VII melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), Heri semakin serius. Tambahan modal Rp20 juta dari PTPN VII yang dia terima akhir Desember 2020 lalu ia belikan kambing semua. Sebab, infrastruktur atau berbagai fasilitas untuk memelihara kambing itu sudah jauh-jauh hari dia siapkan.

Bapak tiga anak ini mengatakan, pengajuan pinjaman dana kemitraan PTPN VII yang bunganya sangat kecil itu memakai proposal penggilingan padi. Dalam rencana bisnis yang disampaikan kepada PTPN VII melalui Kantor Unit Way Berulu, tetangga desanya, dana pinjaman akan digunakan untuk pembelian padi hasil panen tahun 2020.

Namun, kata dia, proses pencairan oleh PTPN VII ternyata melewati musim panen padi di daerahnya. Akhirnya, Heri menggunakan dana lain untuk membeli padi musim panen itu. “Tapi gak apa-apa, karena cairnya sudah selesai panen, akhirnya saya belikan kambing. Alhamdulillah semua bisa berjalan dengan baik,” kata lelaki enerjik itu.

Baca Juga: Kala Gubernur Gorontalo Jajal Trek Offroad Kebun Karet PTPN 7 Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya