Gubernur Lampung Sumbang 2 Ekor Sapi untuk NU dan Muhammadiyah

Salat Idul Adha di PKOR terapkan protokol kesehatan ketat

Bandar Lampung, IDN Times – Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim dipilih masyarakat Bandar Lampung mengikuti salat Idul Adha 1441 Hijriah, Jumat (31/7/2020). Termasuk Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Berdasarkan pantauan, pelaksanaan salat Idul Adha menerapkan protokol kesehatan. Jamaah yang datang ke lokasi terlebih dahulu wajib mengikuti protokol kesehatan COVID-19. Jamaah juga wajib memakai masker, membawa perlengkapan salat masing-masing, dan menjaga jarak.

1. Gubernur minta masyarakat selalu bersyukur di tengah pandemik

Gubernur Lampung Sumbang 2 Ekor Sapi untuk NU dan MuhammadiyahGubernur Lampung Arinal Djunaidi mengikuti salat Idul Adha 1441 Hijriah di PKOR Way Halim, Bandar Lampung, Jumat (31/7/2020). (Istimewa/IDN Times)

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutannya menyatakan, momentum Idul Adha 1441 Hijriah tahun ini dirayakan saat pandemik COVID-19. Momentum itu diharapkan masyarakat selalu bersyukur dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Arinal juga berharap momentum Idul Adha membuat masyarakat kembali ke kampung rohani. Maknanya, semakin bijaksana sebagai manusia dan mendoakan Provinsi Lampung pada masa yang akan datang kian aman dan sejahtera.

Menurut Arinal, Hari Raya Idul Adha erat kaitannya dengan pelaksanaan ibadah Haji yang merupakan rukun Islam kelima. "Ibadah Haji sejatinya merupakan langkah kembali menuju rumah Allah SWT. Karena itu Ibadah Haji dapat dikatakan sebagai perjalanan pulang menuju kampung rohani," jelas gubernur.

Baca Juga: Resep Masak Daging Kambing Lada Hitam Pedasnya Bikin Nagih 

2. Arinal Djunaidi Sumbang dua ekor sapi untuk NU dan Muhammadiyah

Gubernur Lampung Sumbang 2 Ekor Sapi untuk NU dan MuhammadiyahGubernur Lampung menyerahkan dua ekor sapi sebagai hewan kurban kepada pengurus Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah usai salat Idul Adha 1441 Hijriah di PKOR Way Halim (Istimewa/IDN Times)

Arinal Djunaidi menyumbang dua ekor sapi para perayaan Idul Adha 1441 Hijriah sebagai hewan kurban. Sapi itu disumbang ke Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah untuk disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima.  

“Berbagi rezeki yang diwujudkan dalam ibadah kurban saat corona masih belum mereda, harapannya ibadah berkurban dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Semoga bantuan ini dapat didistribusikan dengan baik sesuai dengan syariat agama sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat yang membutuhkan," kata Gubernur.

Arinal mewakili Pemerintah Provinsi Lampung mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah. “Semoga hari raya ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan di tengah pandemi Covid-19 ini,” jelasnya.

3. Teladani sikap nabi Ibrahim

Gubernur Lampung Sumbang 2 Ekor Sapi untuk NU dan MuhammadiyahJamaah yang akan salat Idul Adha diperiksa suhu tubuh oleh petugas di PKOR Way Halim, Bandar Lampung, Jumat (31/7/2020). (Istimewa/IDN Times)

Juanda Naim, selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Lampung meminta masyarakat untuk meneladani sifat nabi Ibrahim AS. Ia menjelaskan, hal utama momentum hari raya kurban adalah menumbuhkan jiwa sosial antar masyarakat.

Ia menambahkan, pihaknya menyumbangkan 60 ekor sapi kepada masyarakat Lampung yang berhak menerima. Donasi itu berasal dari Kanwil Kemenag Lampung, Kantor Urusan Agama (KUA) hingga madrasah yang tersebar di Lampung.

Ustaz Abdullah Kafy Hamdan dalam tausiah Idul Adha di PKOR Way Halim menjelaskan, manusia adalah makhluk yang sangat lemah. Merujuk hal itu, sudah sepantasnya sebagai manusia tak layak menyombongkan diri dan berbangga dengan apa yang dimiliki.

Lebih lanjut disampaikannya, perayaan Idul Adha beserta ibadah kurban adalah ibadah yang mengingatkan kita kepada keimanan, kesabaran, kejujuran serta ketaatan Nabi Ibrahim Alaihissalam. “Ketaatan pada perintah Tuhan yang dilakukan Nabi Ibrahim sangat luar biasa. Walaupun sesulit apapun dan melibatkan perasaan yang terdalam, beliau tetap melaksanakanya. Seperti halnya ketika Nabi Ibrahim diperintah mengorbankan putra tersayang Ismail beliaupun dengan penuh keyakinan tetap melaksanakannya,” jelasnya.

Baca Juga: PTPN VII Sumbang Hewan Kurban 30 Ekor Sapi dan 60 Ekor Kambing

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya