Comscore Tracker

Cerita Winarko, Lirik Peternakan Kambing Perah dan Produksi Susu Kambing

Produksi susu kambing segar dan bubuk

Metro, IDN Times – Susu sapi mungkin paling digemari masyarakat. Tapi di sisi lain, susu kambing kekinian juga mulai dilirik karena manfaat sehatnya.

Hal ini pun memicu Winarko Heri Setiono, salah satu peternak kambing perah asal Kecamatan Metro Timur, Kota Metro, Provinsi Lampung mengembangkan peternakan kambing perah sejak 2017. Peternakan itu ia beri nama Telaga Rizqy.

Berikut IDN Times rangkum kisah inspirasi dan kegigihan Winarko menekuni peternakan kambing perah hingga menghasilkan produk susu kambing murni mulai dikenal masyarakat Lampung, Palembang, hingga Pulau Jawa.

1. Dipasarkan di Lampung, Palembang dan Pulau Jawa

Cerita Winarko, Lirik Peternakan Kambing Perah dan Produksi Susu KambingIlustrasi Peta Indonesia (IDN Times/Arief Rahmat)

Winarko mengatakan, usaha peternakan kambing perah Telaga Rizqy beroperasi sejak 2017. Peternakan itu satu-satunya di Provinsi Lampung. Alasannya menekuni peternakan kambing perah sederhana, susu kambing digemari masyarakat karena manfaat sehatnya.

Berbagai produk susu yang dihasilkan di antaranya susu kambing segar yang dikemas dalam botol ukuran 250 mililiter (ml) dengan berbagai varian rasa dan susu bubuk. Produk-produk tersebut sudah berhasil dipasarkan ke beberapa beberapa daerah Lampung, Palembang dan Pulau Jawa.

Susu segar yang dipasarkan berasal dari peternakan empat jenis kambing yaitu peranakan etawa, sanen, sapera dan jawa randu. “Jenis kambing ini memiliki kelebihan diolah secara higenis, tidak berbau dan telah mendapat perizinan terdaftar,” jelas Pak Win, sapaan akrabnya, Sabtu (6/2/2021).

Baca Juga: CSR Pertamina Ajak Warga Pesisir Lampung Kelola Sampah Jadi Ecobrick

2. Omzet Rp30 juta per bulan

Cerita Winarko, Lirik Peternakan Kambing Perah dan Produksi Susu KambingIlustrasi Uang Rupiah (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Buah kerja kerasnya menekuni peternakan kambing perah tak bertepuk sebelah tangan. Produk yang dipasarkan makin dikenal luas.

Terkait omzet, Pak Win mengatakan, penjualan susu mencapai 30 juta per bulan. Terkini, ia juga terpilih sebagai mitra binaan PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel.

“Terdapat 76 ekor kambing, kami berharap kemitraan dengan Pertamina dapat terus terjalin melalui penguatan modal usaha dan kedepannya memiliki lebih banyak jumlah kambing sehingga usaha susu murni dapat diproduksi lebih banyak lagi dan dapat dipasarkan di Supermarket, di beberapa kota di Indonesia,” ujarnya.

3. Jalin kerja sama dengan peternak kambing lainnya

Cerita Winarko, Lirik Peternakan Kambing Perah dan Produksi Susu KambingWinarko Heri Setiono, salah satu peternak kambing perah asal Kecamatan Metro Timur, Kota Metro, Provinsi Lampung

Setelah mendapat bantuan Program Kemitraan (PK) dari Pertamina, omzet usaha Winarko meningkat. Ia membuka kerja sama dengan beberapa peternak kambing, yang mengirimkan hasil susu untuk diolah.

“Susu kambing tidak hanya dijadikan susu segar dan susu cair saja. Namun juga diolah menjadi susu bubuk sehingga dapat bertahan lama dan dapat meningkatkan jangkauan pemasaran hingga keluar kota,” paparnya.

Winarko menambahkan, kerja sama dengan peternak kambing mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan / Suistainable Development Goals (TPB/SDGs). Itu merupakan kesepakatan pembangunan berkelanjutan pilar ke 1 dan 8 yaitu menghapus kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi.

4. Harapannya makin banyak mitra binaan merengkuh kesuksesan

Cerita Winarko, Lirik Peternakan Kambing Perah dan Produksi Susu KambingWinarko Heri Setiono, salah satu peternak kambing perah asal Kecamatan Metro Timur, Kota Metro, Provinsi Lampung

Pjs Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II Agustina Mandayati, menyatakan, kesuksesan mitra binaan Pertamina mengelola usaha menjadi bukti kesungguhan perusahaan dalam membina para pengusaha kecil. Harapannya, dengan banyaknya mitra binaan yang sukses, bisa membuka peluang lapangan kerja baru.

“Pertamina akan terus mendukung dan juga memfasilitasi para pelaku Usaha Mitra Kecil Menengah (UMKM) agar lebih berkembang dan naik kelas,” terang Tina, sapaan akrabnya.

Masyarakat ingin mendapatkan produk susu murni Telaga Rizqy dapat memesan via online melalui market place Shopee Telaga Rizqy, Instagram @telagarizqy_21 , dan bisa langsung datang di Toko Telaga Rizqy Kecamatan Metro Timur, Kota Metro, Lampung.

Baca Juga: Semangat Siti Halimah Berdayakan Difabel hingga Napi pada Bisnisnya

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya