Baru Jabat Kapolres Tulang Bawang, AKBP James Sampaikan Commander Wish

Usung istilah SKA upgrade sikap personel

Intinya Sih...

  • Kapolres Tulang Bawang sampaikan commander wish dan tema kegiatan "Optimisme Membangun Polres Tulang Bawang Menuju Transformasi Polri Yang Presisi".
  • Polri harus siap menerima kritikan dari masyarakat terutama di dunia maya, serta meningkatkan skill, knowledge, dan attitude (SKA) personel.
  • Penekanan Kapolres untuk laksanakan program prioritas Kapolri dan Kapolda Lampung, jaga soliditas internal, tingkatkan kepercayaan masyarakat, optimalkan sinergitas dengan TNI dan Pemda.

Tulang Bawang, IDN Times - Kapolres Tulang Bawang, AKBP James H Hutajulu menyampaikan commander wish kepada PJU Polres, para kapolsek jajaran serta para kanit polres dan polsek jajaran. Kegiatan ini digelar di Aula Mapolres setempat, Sabtu (6/1/2024) sore.

Tema diusung dan disampaikan langsung kapolres dalam kegiatan tersebut yakni "Optimisme Membangun Polres Tulang Bawang Menuju Transformasi Polri Yang Presisi".

1. Kamtibmas hajatan pesta demokrasi 2024

Baru Jabat Kapolres Tulang Bawang, AKBP James Sampaikan Commander WishTiga kandidat presiden di pemilu 2024. (IDN Times/Aditya Pratama)

Kapolres mengatakan, sepanjang 2024 ini, ada hajatan Pemilihan Umum (Pemilu) mulai dari Pemilihan Presiden/Wakil Presiden (Pilpres), Pemilihan Calon Legislatif (Pileg) dan dilanjutkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) gubernur, bupati/wali kota.

Merujuk hal itu, kamtibmas menjadi tanggung jawab Polri untuk mengamankan Pemilu 2024 yang merupakan agenda nasional. Bila kamtibmas dapat berjalan dengan aman dan kondusif pastinya akan dianggap biasa-biasa saja, tapi bila terjadi keributan serta aksi unjuk rasa hingga menelan korban, Polri akan dianggap gagal.

"Saat ini dengan kemajuan teknologi yang berkembang dengan pesat, Polri harus siap menerima kritikan oleh masyarakat terutama di dunia maya. Untuk itu saya ingatkan kepada seluruh personel Polres Tulang Bawang agar selalu sadar dengan kamera, dan tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan, serta menciderai institusi Polri," ujar Alumni Akpol 2004 ini.

Baca Juga: 2023 Polres Tulang Bawang Ungkap 635 Perkara dan Tangkap 210 Tersangka

2. Usung istilah SKA

Baru Jabat Kapolres Tulang Bawang, AKBP James Sampaikan Commander WishKapolres Tulang Bawang, AKBP James H Hutajulu menyampaikan commander wish kepada PJU Polres, para kapolsek jajaran serta para kanit polres dan polsek jajaran. (Dok. Polres Tuba).

James menyatakan, resolusi di tahun 2024 ini adalah tetap mendukung program serta kebijakan telah diluncurkan oleh Kapolri dan Kapolda Lampung. Itu agar mendapatkan legitimasi, baik legitimasi sosial maupun legitimasi penegakan hukum oleh masyarakat.

Untuk mendukung itu semua imbuh kapolres, personel jangan pernah berpuas pada diri saat ini. Tapi justru harus memiliki skill (keterampilan), knowledge (pengetahuan), dan attitude (sikap/perilaku yang baik) yang dia singkat dengan istilah SKA.

"SKA ini harus terus diupgrade agar kita dianggap terampil dan memiliki kompotensi. Selain itu, personel Polres Tulang Bawang juga harus memiliki pendidikan umum minimal S1 sehingga akan memiliki daya saing yang tinggi," terang peraih Adhi Makayasa ini.

3. Poin commander wish kapolres

Baru Jabat Kapolres Tulang Bawang, AKBP James Sampaikan Commander WishKapolres Tulang Bawang, AKBP James H Hutajulu menyampaikan commander wish kepada PJU Polres, para kapolsek jajaran serta para kanit polres dan polsek jajaran. (Dok. Polres Tuba).

Berikut penekanan Kapolres Tulang Bawang untuk dipedomani dan dipahami oleh seluruh personel agar commander wish yang disampaikannya bisa terwujud, serta berjalan sesuai dengan jalur yang telah ditentukan.

  1. Laksanakan program prioritas Kapolri dan Kapolda Lampung.
  2. Jaga soliditas dan kerjasama internal.
  3. Tingkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan hadirkan Polisi ditengah masyarakat, berikan pelayana prima Kepolisian kepada masyarakat, penegakkan hukum berkeadilan, quick respon dalam tindak lanjut pengaduan masyarakat (dumas), berikan solusi atas permasalahan (problem solving), tidak ada anggota yang mencoreng nama baik Polri, dan manajemen media.
  4. Optimalkan sinergitas dengan TNI, Pemerintah daerah (Pemda) dan stakeholder lainnya.
  5. Amankan dan kawal agenda Pemilu, serta demokrasi

Baca Juga: Seorang Pria di Tulang Bawang Cabuli Ibu Muda Kampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya