AQUA Alirkan Air Bersih ke Ratusan Rumah di Pekon Teba Tanggamus 

Mengalirkan 4,2 liter/detik air bersih

Tanggamus, IDN Times - Air hal sangat penting dalam kehidupan manusia. Kita semua membutuhkan air agar dapat menjalani kehidupan ini dengan baik.

Hal itu disebabkan karena 70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Bahkan pada organ-organ tubuh tertentu kandungan airnya mencapai lebih dari 90 persen, misalnya darah dan otak.

Merujuk dari hal tersebut, pabrik AQUA Tanggamus sejak 2017 mengelola mata air Galih Batin. Lokasinya di Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) untuk dialirkan ke rumah-rumah penduduk di Pekon Teba dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Air bersih dialirkan ke 165 rumah

Koordinator CSR Pabrik AQUA Tanggamus, Radhitya Pratama mengatakan, sejak 2017 sumber air di pabrik AQUA Tanggamus ini mengalirkan 4,2 liter/detik air bersih. Air itu dialirkan ke 165 rumah di Pekon Teba untuk pemenuhan kebutuhan air bersih sehari-hari.

Selain itu air dari sumber ini pun dialirkan untuk keperluan irigasi di Pekon Teba. Pabrik AQUA Tanggamus juga aktif melakukan penanaman pohon, pembuatan biopori, pembuatan rorak

“Hingga saat ini kami telah melakukan penanaman pohon sebanyak 11.329 yang berlokasi di Kaki Gunung Tanggamus, pembuatan rorak sebanyak 134 lubang, 1085 lubang biopori,” tambah Radhit sapaan akrabnya, Selasa (15/3/2022).

Kerja sama dengan masyarakat dan mitra bentuk BPSAB

Pabrik AQUA Tanggamus bekerjasama dengan masyarakat setempat dan mitra pelaksana membentuk Badan Pengelola Sarana Air Bersih (BPSAB) Pekon Teba. Badan itu sedari awal melakukan perencanaan, melakukan sosialisasi kepada masyarakat, membentuk kelompok, membangun sarana air bersih, memasang instalasi pipa air bersih langsung ke rumah-rumah penduduk, dan kini terus menjaga air bersih agar terus mengalir dengan baik.

“Hingga saat ini sebanyak 200 rumah di Pekon Teba yang telah menikmati air bersih di rumah masing-masing. Kami sangat bersyukur karena penduduk di Pekon Teba tidak perlu repot untuk mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari, untuk mandi, mencuci, masak, dan lain-lain 24 jam sehari tanpa kendala sama sekali,” tutur salah seorang anggota BPSAB yang juga penduduk Pekon Teba bernama Tarmizi, Selasa (15/3/2022).

Pastikan air dapat mengalir lancar

AQUA Alirkan Air Bersih ke Ratusan Rumah di Pekon Teba Tanggamus Pixabay

Lukman, anggota BPSAB lainnya yang sudah berpuluh-puluh tahun menetap di Pekon Teba menjelaskan, warga senang memeroleh kemudahan memperoleh air bersih. Kendati demikian, BPSAB bakal terus memastikan agar air dari Galih Batin ini dapat mengalir lancar.

"Oleh karena itu kami setiap hari memantau mata air Galih Batin ini. Alhamdulillah, airnya selalu banyak. Selain itu BPSAB melakukan pemeliharaan dan perbaikan jika ada yang rusak,” ujarnya.

Terkait hal itu, Radhit mengatakan, berbagai upaya dilakukan Pabrik AQUA Tanggamus untuk menjaga keberlanjutan alam dan lingkungan yang mendorong terciptanya bisnis yang berkelanjutan. Termasuk melakukan perlindungan sumber daya air.

"Proses pelestarian lingkungan yang dilakukan AQUA di Tanggamus telah dimulai sejak pabrik mulai dibangun. Berbagai kegiatan sosial dan lingkungan telah dijalakan sejak tahun 2014 dan dilanjutkan hingga saat ini," jelasnya.

Baca Juga: Blue Operation Danone Aqua, Produksi Ramah Lingkungan 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya