TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

889 Pemudik di Lampung Positif COVID-19 dan Bakal Meningkat

Hasil pemeriksaan di tujuh pos penyekatan sejak 17-27 Mei 20

Ilustrasi pemudik di Terminal Rajabasa (IDN Times/Silviana)

Bandar Lampung, IDN Times - Juru Bicara Satgas COVID-19 Provinsi Lampung, Reihana mengungkapkan, sebanyak 889 orang pemudik di Lampung terkonfirmasi positif COVID-19. Jumlah itu didapat dari pemeriksaan di tujuh pos penyekatan sejak 17-27 Mei 2021.

Menurut Reihana, pihaknya terus mencari tempat isolasi. Sebab hingga 31 Mei mendatang, jumlah pemudik yang positif diprediksi akan terus meningkat. Pihaknya berusaha tidak memasukkan para pasien COVID-19 tanpa gejala (OTG) ke rumah sakit.

"Tapi sudah kita isolasi dan ada yang karantina. Memang ada dua orang dirujuk ke rumah sakit karena hamil dan muntah-muntah. Kalau satunya ada gejala sesak nafas," ungkapnya, Jumat (28/5/2021).

Baca Juga: Duh! 451 Pemudik Positif COVID-19 di Pelabuhan Bakauheni

1. Minta kabupaten atau kota isolasi warganya masing-masing

Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Lampung, Reihana (IDN Times/Silviana)

Reihana mengaku sudah berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 di kabupaten atau kota. Mereka diminta menjemput warganya dan mengisolasi di daerahnya masing-masing.

Ia juga mengatakan, pemerintah akan segera mengaktifkan Pos Windu bagi Lansia. Sebab angka kematian tertinggi akibat COVID-19 terjadi pada lansia.

"Ini harus kita aktifkan segera agar mendeteksi lansia-lansia yang mempunyai komorbid," terangnya.

2. Masih banyak pelaku perjalanan tak membawa surat bebas COVID-19

IDN Times/Silviana

Demi mengantisipasi penyebaran COVID-19 di Provinsi Lampung, Gubernur Arinal Djunaidi sudah mengirim surat kepada seluruh Gubernur di Sumatra agar mengimbauan kepada warganya membawa surat bebas COVID-19 saat menyeberang melalui pelabuhan Bakauheni.

"Antisipasi kita juga di tujuh tiitik penyekatan, itu sudah persiapan sekali ya. Tapi kenyataannya, kebanyakan pelaku perjalanan tidak membawa surat bebas COVID-19," kata Reihana.

Baca Juga: Ops Ketupat 2021 Usai, Polda Lampung Catat 22 Pemudik Positif COVID-19

Berita Terkini Lainnya