Pemkot Bandar Lampung Gelontor Rp3,4 Miliar Beli 126 Randis Lurah

Randis ditujukan untuk menunjang kinerja kelurahan

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandar Lampung menghabiskan anggaran sekitar Rp3,4 miliar untuk membeli kendaraan dinas (randis) roda dua sebanyak 126 unit.

Menurut pantauan IDN Times Lampung, 126 kendaraan roda dua ini telah berjajar rapi sejak pagi di depan halaman Gedung Satu Atap Pemkot Bandar Lampung bersama sekitar 126 perwakilan kelurahan se-Kota Bandar Lampung.

Diketahui randis ini memang diperuntukan untuk tiap kelurahan di Bandar Lampung. Kendaraan merek Yamaha Lexi S ini pun secara bersama-sama dibawa perwakilan kelurahan dari kantor pemkot ke kelurahan beriringan menuju kantor kelurahan masing-masing, Senin (17/7/2023).

Baca Juga: Wali Kota: Pemkot Segera Sanksi ASN Palsukan Dokumen PPDB

1. Randis diharapkan bisa menjangkau pelosok gang Kota Bandar Lampung

Pemkot Bandar Lampung Gelontor Rp3,4 Miliar Beli 126 Randis LurahPengadaan motor Pemkot untuk lurah di Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan, pengadaan motor untuk lurah se-Kota Bandar Lampung ini bertujuan untuk menunjang kegiatan pemerintahan dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

Ia juga menyebutkan, ini juga merupakan bentuk apresiasi dirinya terhadap lurah dan camat atas kinerjanya selama beberapa tahun terakhir dan mendukung kinerja mereka ke depan agar lebih baik lagi.

"Kalau dengan motor kan lebih mudah untuk menjangkau ke pelosok gang-gang. Soalnya kan ada juga daerah yang gangnya cuma bisa dilalui motor,” katanya.

2. Tahun depan pemkot akan kembali mengadakan randis roda dua untuk UPT kebersihan

Pemkot Bandar Lampung Gelontor Rp3,4 Miliar Beli 126 Randis LurahWali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Tak hanya itu, ia juga berjanji pada 2024 mendatang pihaknya akan kembali mengadakan randis roda dua untuk UPT kebersihan.

"Insya Allah nanti tahun depan kita adakan lagi untuk kendaraan dinas roda dua untuk UPT kebersihan. Sekitar 20 unit. Supaya nantinya UPT kita bisa lebih menjangkau titik sampah yang ada di Kota Bandar Lampung," katanya.

Ia pun berharap, keberadaan randis ini bisa bermanfaat bagi tiap kelurahan dan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kebutuhan pelayanan masyarakat.

3. Harga tiap unit motor Rp27,3 juta

Pemkot Bandar Lampung Gelontor Rp3,4 Miliar Beli 126 Randis LurahSekda Bandar Lampung, Iwan Gunawan. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Sekretaris Daerah Kota Bandar Lampung Iwan Gunawan mengatakan, harga unit motor tersebut ada pada Kabag Umum Pemkot Bandar Lampung kota Bandar Lampung karena ia tidak tahu persis harga per unitnya.

“Jadi nanti dicek saja di Kabag Umum, nanti harganya dikalikan saja 126 unit karena jumlah kelurahan kita semua 126 kelurahan,” kata Iwan Gunawan.

Menurut data dari Kabag Umum Kota Bandar Lampung, harga satu unit motor Yamaha Lexi S  untuk tiap kelurahan tersebut adalah sekitar Rp27,3 juta sehingga pemkot telah mengeluarkan sekitar Rp3,4 miliar untuk 126 unit motor itu.

Baca Juga: PAD Balam Juli 2023 Rp350 Miliar, Masih Jauh dari Target?

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya