TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gubernur Lampung tak Divaksin COVID-19 Pertama, Ini Alasannya

Vaksinasi COVID-19 perdana 14-15 Januari 2020

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengukuhkan lima Pejabat Sementara (Pjs) bupati, Sabtu (26/9/2020). (IDN Times/Istimewa).

Bandar Lampung, IDN Times – Pemerintah Provinsi Lampung dijadwalkan melakukan vaksinasi COVID-19 perdana 14-15 Januari 2020. Kegiatan itu rencananya akan diikuti 20 peserta dari berbagai unsur.

Namun, dari 20 peserta vaksinasi perdana itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tidak termasuk menjadi orang pertama yang divaksin COVID-19. Berikut IDN Times rangkum penjelasan pejabat nomor satu di provinsi Sai Bumi Ruwa Jurai ini dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana.

Baca Juga: Pemprov Lampung Usulkan 20 Nama Divaksin Perdana 14-15 Januari

1. Siap divaksin pertama tapi terkendala aturan umur

Ilustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengatakan, sejatinya siap divaksin yang pertama kali. Namun merujuk aturan, vaksin tidak diperbolehkan bagi mereka yang berusia lebih dari 60 tahun.

"Kalau saya mau jadi yang pertama, tapi kan tidak diperbolehkan. Jadi itu ada aturan yang menyangkut usia. Ini tolong dijelaskan, agar tak terjadi kesalah pahaman. Jangan nanti dibilang gubernur takut divaksin," katanya, Rabu (6/1/2021).

2. Wagub akan divaksin pertama

Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim saat menerima kunjungan kerja Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Abdul Halim Iskandar di Bandar Lampung, Sabtu (12/9/2020). (IDN Times/Istimewa).

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana, menyatakan, vaksin COVID-19 diproduksi Sinovac asal Tiongkok hanya diperuntukkan bagi mereka yang berusia 18-59 tahun. "Sedangkan Pak Gubernur usianya sudah lebih dari 60 tahun,” ujarnya

Ia menambahkan, pada vaksin perdana digelar minggu depan, kepala daerah yang divaksin diwakilkan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim. Sedangkan Arinal dijadwalkan divaksin pada tahap kedua.

Masyarakat umur 60 tahun ke atas akan divaksinasi setelah mendapatkan informasi keamanan vaksin untuk kelompok umur tersebut. “Gubernur ingin menjadi penerima vaksin pada tahap pertama. Tapi karena umur, diwakili Ibu Wagub," terang Reihana.

Baca Juga: 40.520 Vaksin Sinovac Tiba di Lampung, Masih Proses Izin Edar BPOM

Berita Terkini Lainnya