7.277 Jemaah Haji 2023 Lampung Telah Pulang ke Tanah Air

Total ada 27 jemaah meninggal

Bandar Lampung, IDN Times - Seluruh jemaah haji sebanyak 7.277 jemaah haji asal Provinsi Lampung sudah kembali dari Tanah Suci ke Tanah Air. Pemulangan terakhir jemaah Lampung tergabung kelompok terbang (Kloter) JKS-72 sebanyak 101 jemaah.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Puji Raharjo mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak dan stakeholder terkait atas penyelengaraan musim haji 2023/1444 Hijriah.

"Terimakasih tak terhingga kepada seluruh pihak, atas dedikasi dan pelayanan yang diberikan kepada jamaah haji Provinsi Lampung pada penyelenggaraan Haji 1444 Hijriah," ujarnya kepada IDN Times, Jumat (4/8/2023). 

Baca Juga: [WANSUS] Ketua PWNU Lampung, Kenal Agama dan Pesantren Sejak Kecil

1. Total jemaah haji meninggal 27 orang

7.277 Jemaah Haji 2023 Lampung Telah Pulang ke Tanah AirSuasana memperlihatkan Ka'bah saat umat Muslim menjaga jarak sosial saat melakukan Tawaf mereka yang terakhit, memperingati berakhirnya musim Haji di tengah pandemi penyakit virus korona (COVID-19), di kota suci Mekah, Arab Saudi, Minggu (2/8/2020). Foto diambil tanggal 2 Agustus 2020 (ANTARA FOTO/Sultan Al-Masoudi)

Dijelaskan Puji, dari total seluruh jemaah haji asal Lampung berangkat ke Tanah Suci hingga pulang kembali ke Tanah Air, tercatat sebanyak 27 jemaah meninggal dunia. Rinciannya, 26 jemaah wafat di Arab Saudi dan seorang jemaah wafat di Tanah Air.

"Selamat kepada seluruh jamaah haji Lampung telah kembali ke Tanah Air, semoga menjadi haji mabrur dan mabrurah," ujarnya.

2. Penerbangan kepulangan jemaah haji terakhir menggunakan pesawat Garuda Indonesia

7.277 Jemaah Haji 2023 Lampung Telah Pulang ke Tanah AirKepulangan jemaah haji 2023 asal Lampung Kloter terakhir. (IDN Times/Istimewa).

Executive General Manager Bandara Radin Inten II Lampung, Untung Basuki mengatakan, rombongan jemaah haji Kloter JKS-72 menjadi kloter terakhir asal Provinsi Lampung telah tiba kembali di Bandara setempat menggunakan pesawat Garuda Indonesia, dengan nomor penerbangan GA7600, Kamis (3/8/2023).

Menurutnya, Bandara Radin Inten II Lampung mencatat telah melayani debarkasi haji antara Provinsi Lampung 2023 sebanyak 21 Kloter, dengan jumlah total 7.277 jamaah haji berikut dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

“Dari data yang kami terima selama periode debarkasi haji antara yang dimulai pada tanggal 5 Juli 2023 sampai dengan kemarin, tercatat sebanyak 21 kloter atau 7.277 jamaah haji beserta PPIH telah tiba di Bandara Radin Inten II Lampung,” ujar dia.

3. Kepulangan didukung 150 personel Bandara Radin Inten II Lampung

7.277 Jemaah Haji 2023 Lampung Telah Pulang ke Tanah AirKepulangan jemaah haji 2023 asal Lampung Kloter terakhir. (IDN Times/Istimewa).

Dalam pelaksanaan musim haji 2023, Untung Basuki menambahkan, pihaknya telah menugaskan sebanyak 150 personel bandara pada proses kedatangan jemaah haji Provinsi Lampung. Selain dukungan personel, bandara juga memberikan dukungan operasional berupa penyesuaian jam operasional, disesuaikan dengan jadwal kedatangan jamaah haji.

“Bandara Radin Inten II akan selalu ikut berkontribusi dan mendukung lancarnya prosesi ibadah haji merupakan hajat besar bagi umat muslim, khususnya bagi umat muslim di Lampung," tandasnya.

Baca Juga: Hendak Cari Sinyal, Jemaah Haji Lampung Utara Hilang di Tanah Suci

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya