Comscore Tracker

Asal Usul Senjata Airgun Dipakai Pelaku Teror di Mabes Polri Diusut 

Pelaku teror di Mabes Polri gunakan airgun berkaliber 4,5 MM

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Argo Yuwono, memastikan senjata digunakan pelaku teror Zakiah Aini di Mabes Polri jenis Airgun berkaliber 4,5 MM. Hal itu dipastikan setelah melakukan pendalaman dan pengecekan dari uji labfor atas sejumlah barang bukti yang ditemukan dari jasad pelaku teror tersebut.

"Dari hasil pengamatan gambar senjata yang dipergunakan pelaku jenis pistol Airgun BB bullet call 4,5mm," kata Argo dalam keterangan resmi diterima IDN Times, Kamis (1/4/2021).

1. Polisi usut asal usul Airgun bisa didapatkan pelaku

Asal Usul Senjata Airgun Dipakai Pelaku Teror di Mabes Polri Diusut senjata digunakan pelaku teror Zakiah Aini di Mabes Polri jenis Airgun berkaliber 4,5 MM. (Dok Kadivhumas Polri).

Irjen Argo menyatakan, aparat kepolisian sampai saat ini masih terus melakukan penyelidikan asal usul senjata Airgun tersebut bisa didapatkan oleh pelaku.

"Asal senjata masih diselidiki. Karena yang bersangkutan sudah meninggal," ujar Argo.

Baca Juga: Antisipasi Terorisme, Begini Suasana Layanan Polda Lampung dan Polresta

2. Gunakan gas Co2 sebagai pendorong peluru

Asal Usul Senjata Airgun Dipakai Pelaku Teror di Mabes Polri Diusut Ilustrasi Pistol (IDN Times/Mardya Shakti)

Diketahui, senjata Airgun digunakan pelaku menggunakan gas Co2 sebagai pendorong peluru. Co2 penggunaannya ditancapkan dan dipasang pada bagian popor senjata.

Airgun adalah salah satu jenis senjata angin. Mekanisme yang digunakan untuk menembak memanfaatkan tekanan angin. Hal yang sama bisa ditemukan pada senapan angin atau airsoft gun.

Tetapi, dalam hal perbedaannya yaitu untuk airgun angin yang digunakan adalah karbon dioksida atau CO2. Peluru yang digunakan juga berbentuk bola kecil atau gotri yang terbuat dari logam.

Beda dari airsoft gun yang menggunakan peluru dari plastik yang lebih ringan. Dengan begitu, airgun lebih memiliki kekuatan dan lebih berbahaya ketimbang airsoft gun. Jika ditembak dari jarak dekat, airgun bisa melukai atau bahkan mematikan orang.

3. Terkait bom Makassar, Densus 88 amankan 23 orang terduga teroris

Asal Usul Senjata Airgun Dipakai Pelaku Teror di Mabes Polri Diusut malangtoday.net

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri, mengamankan 23 orang terduga terorisme di beberapa wilayah, pascabom bunuh diri yang terjadi di Gereja Katedral Makassar. Hal itu diungkapkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri Rabu kemarin.

Penangkapan tersebut dilakukan di wilayah Jabodetabek, Bima, Nusa Tenggara Barat, dan Makassar. "Kami sudah amankan, di mana satu orang atas inisial W adalah pelaku otak perakit bom. kemudian di Jakarta sendiri sudah kami amankan lima orang. Total sampai hari ini ada 23 orang (diamankan)," kata Listyo.

Ia pun memastikan bakal terus mengusut tuntas aksi teror yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

Baca Juga: Perayaan Paskah, 50 Personel Polisi Berjaga di Tiap Gereja Bandar Lampung

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya