Comscore Tracker

6 Sikap Kekanak-kanakan Bisa Menghancurkan Hubungan Asmara

Apa kamu salah satunya?

Bersikaplah dewasa dalam menjalani hubungan. Jangan bersikap kekanak-kanakan yang akan menghancurkan hubunganmu sendiri. Apa kalian suka ngadu saat ada masalah dengan pasangan?

Jika iya, itu tandanya kalian belum cukup dewasa dalam menjalani hubungan. Dikit-dikit ngadu, udah kaya anak-anak aja, yang suka berkelahi sama teman terus nangis ngadu sama ibunya. Apa kalian gak malu, udah punya pasangan masih saja suka ngadu.

Bukan hanya suka ngadu ada 6 sikap kekanak-kanakan lainnya yang akan menghancurkan hubunganmu sendiri, jika tidak segera diperbaiki. 

1. Suka ngadu

6 Sikap Kekanak-kanakan Bisa Menghancurkan Hubungan AsmaraChristianitymalaysia.com

Jika masih sendiri ngadu sama orang tua itu wajar, tapi disaat sudah punya pasangan ngadu sama orang tua rasanya sudah tidak pantas untuk dilakukan lagi. Tanpa kalian sadari saat kalian masih ngadu dengan orang tua, ini menjadi beban pikiran bagi mereka. Jadi belajarlah untuk menyelesaikan masalahmu sendiri tanpa melibatkan orang tua didalamnya. 

Jika ada masalah dengan pasangan, bicarakan baik-baik, cari solusinya bukan dengan ngadu dengan orang tua ya! Hal ini bisa memperparah masalah yang ada,  jadi stop ngadu sama orang tua ya!

2. Mengandalkan hidup sepenuhnya pada pasangan

6 Sikap Kekanak-kanakan Bisa Menghancurkan Hubungan AsmaraIlustrasi pasangan ( unsplash.com/Mark)

Mengandalkan hidup sepenuhnya pada orang tua, sangat wajar dilakukan semasa masih anak-anak, tapi tidak seharusnya hal ini terbawa sampai pada pasangan. Sesekali mengandalkan pasangan itu wajar, tapi jika terus-terusan mengandalkan hidup sepenuhnya pada pasangan itu tandanya kalian belum bisa bersikap dewasa.

Sikapmu yang suka mengandalkan pasangan dalam segala hal, membuktikan kalian masih kekanak-kanakan dalam hubungan. Belajarlah mengandalkan diri sendiri, biarpun ada pasangan kalian harus bisa mandiri.

Itu karena tidak setiap waktu pasangan terus berada disampingmu. Ada saatnya mereka bekerja dan melalkukan hal lainnya, tentunya kalian tidak bisa sepenuhnya mengandalkan pasangan.

Baca Juga: 5 Tanda Dia Memiliki Pasangan, Jangan Mau Dijadikan Selingkuhan!  

3. Maunya dimengerti tapi tidak mau mengerti pasangannya

6 Sikap Kekanak-kanakan Bisa Menghancurkan Hubungan AsmaraIlustrasi Pasangan ( unsplash.com/ Jahir Martinez)

Maunya dimengerti tapi tidak mau mengerti pasangan inilah sikap kekanak-kanakan yang akan mengancurkan hubungan. Jangan egois! Dalam hubungan itu harus bisa memberi dan menerima, jangan maunya menerima terus. Jika kalian saja ingin dimengerti oleh pasangan, maka kalian juga harus mengerti pasangan kalian.

Jika kalian hanya maunya dimengerti, tanpa mau mengerti pasangan yang ada hubungan kalian akan hancur berantakan. Jangan karena sikap egoismu ini, membuat kalian ditinggalkan pasangan. Yuk, saling mengerti dalam menjalin hubungan, supaya bisa terus harmonis sampai bisa menua bareng pasangan.

4. Gampang bilang putus saat bertengkar

6 Sikap Kekanak-kanakan Bisa Menghancurkan Hubungan AsmaraIlustrasi marahan ( unsplash.com/ jd mason)

Apa kalian tipe orang suka gampang bilang putus saat bertengkar sama pasangan? Jika iya, tandanya kalian belum dewasa dalam menjalin hubungan.

Pantaslah jika hubungan kalian tidak bisa berlangsung lama, jika setiap bertengkar saja yang terucap kata putus. Sikap kekanak-kanakan seperti ini, harusnya mulai kalian tinggalkan agar bisa menjalin hubungan yang lama dengan pasangan.

Jangan gampang bilang putus, pikirkan dulu sebelum menyesal nantinya. Jangan cuma emosi sesaat, kalian menghancurkan hubungan yang sudah cukup lama dibangun dengan pasangan. Selagi masih bisa diperbaiki, hindari kata putus ya!

5. Belum bisa memilih dan memilah mana dijadikan prioritas terlebih dahulu dalam hubungan

6 Sikap Kekanak-kanakan Bisa Menghancurkan Hubungan AsmaraIlustrasi belanja ( unsplash.com/Edward)

Udah tahu gajian masih lama, tetap aja maksain belanja, yang ada sebulan gak makan jadinya. Ini menjadi contoh nyata, saat seseorang belum bisa bersikap dewasa dalam hubungan.

Mereka belum bisa memilih dan memilah mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu dalam hubungan yang mereka jalani. Belajarlah untuk memilih dan memilah mana dulu yang harus diprioritaskan, supaya hubungan bisa lebih terarah kedepannya.

6. Cemburuan banget

6 Sikap Kekanak-kanakan Bisa Menghancurkan Hubungan AsmaraIlustrasi pertemanan ( unsplash.com/Alexis)

Orang dewasa sekalipun punya rasa cemburu, tapi mereka bisa mengontrolnya dengan baik. Berbeda halnya dengan orang yang masih bersikap kekanak-kanakan, karena mereka tixak bisa mengontrol rasa cemburunya itu.

Suka cemburu berlebih sampai lepas kontrol, menjadi penyebab hancurnya hubungan yang mereka jalani. Jadi bersikaplah lebih dewasa, ketika kalian sedang merasa cemburu, utarakan dengan pasangan sehingga mereka tahu tentang alasan yang membuatmu merasa cemburu.

Bersikaplah lebih dewasa, karena sikap kekanak-kanakan seperti di atas hanya akan mengancurkan hubunganmu sendiri. 

Baca Juga: 5 Tanda Saatnya Kamu Mengakhiri Hubungan Asmara, Jangan Takut!

Andri Wiyatno Photo Community Writer Andri Wiyatno

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya