Comscore Tracker

Sukses Berbisnis, Sheyla: Emak Berdaster Bisa, Pemuda Harus Lebih Bisa

Juara 1 nasional Wirausaha Muda Pemula Berprestasi

Bandar Lampung, IDN Times - Menjadi seorang pengusaha tentu bukan hal mudah. Tak hanya sekadar modal uang tapi kreativitas supaya usaha berbeda dengan lainnya juga diperlukan. Seperti dilakukan oleh Sheyla Taradia Habib sukses membuat brand kosmetik lokal Lampung bisa digunakan seluruh kalangan.

Tak hanya sekadar meraup untung dari hasil usahanya, perempuan asal Bandar Lampung ini juga memberdayakan ibu-ibu rumah tangga agar tetap memiliki penghasilan.

26 Oktober 2021 lalu, ia bahkan baru saja menyabet juara 1 Program Pemilihan Wirausaha Muda Pemula Berprestasi 2021 Kategori Industri Kreatif digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga. Sheyla berhasil menyingkirkan 426 peserta seluruh Indonesia, membawa nama Lampung ke kancah nasional.

Penasaran seperti apa cerita Sheyla membangun usahanya yang cukup unik ini? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

1. Satu-satunya peserta asal Lampung lolos tahap pertama

Sukses Berbisnis, Sheyla: Emak Berdaster Bisa, Pemuda Harus Lebih BisaSheyla Taradia Habib, owner skincare lokal Lampung Bemee juara 1 wirausaha muda berprestasi (IDN Times/Istimewa)

Sheyla mengatakan sempat tak yakin untuk mengikuti ajang bergengsi digelar tahunan itu. Namun akhirnya, ibu dari tiga anak itu memberanikan diri untuk daftar dan koordinasi dengan team manajemen Beeme.

"Saya ajak team daftar lalu submit proposal bisnis pada Agustus 2021 dengan membawa nama Lampung," kata Sheyla, Kamis (28/10/2021).

Sampai akhirnya keberuntungan itu berpihak pada Sheyla, yang menjadi satu-satunya peserta dari Lampung lolos tahap pertama.

"Tapi dengan izin Allah SWT, doa orangtua, keluarga, suami dan para mitra Beeme Alhamdulillah, saya mewakili Lampung berhasil juara. Semoga ini jadi penyemangatku dan kita semua untuk selalu bertumbuh dan selalu semangat," ujar perempuan akrab disapa mama Shey itu.

2. Pemuda harus lebih bisa

Sukses Berbisnis, Sheyla: Emak Berdaster Bisa, Pemuda Harus Lebih Bisa(Instagram.com/Sheytaradia)

Bertepatan hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2021 ini, Sheyla berharap prestasi yang ia dapat bisa menginspirasi anak-anak muda lebih berkembang dan kreatif.

"Emak-emak berdaster yang mengurus suami dan tiga anak aja masih bisa berkarya dan berprestasi membawa nama Lampung," ujarnya.

Sehingga, menurutnya, pemuda atau pemudi masa kini juga harus bisa memberi dampak lebih besar untuk dirinya, keluarganya, lingkungannya dan daerahnya.

Baca Juga: Kisah Guru Bandar Lampung Terpanggil Mengajar Gratis di Panti Asuhan

3. Berdayakan ibu rumah tangga

Sukses Berbisnis, Sheyla: Emak Berdaster Bisa, Pemuda Harus Lebih Bisaumma.io

Di tengah pandemik COVID-19 ini, Sheyla mengatakan, Beeme telah memberdayakan lebih dari 300 ibu rumah tangga untuk melek digital dan sejahtera secara finansial melalui program mereka #BerjuangBarengBeeme dan menginisiasi gerakan sosial #BDM yaitu borong dagangan mereka dan Bangkit Jenama Lampung.

“Kami ingin menciptakan Ibu yang bahagia diseluruh dunia. Karena ibu yg bahagia dan sejahtera menghasilkan rumah tangga yang harmonis, anak dan suami yang bahagia pula," tuturnya.

Sheyla berharap, produk lokalnya bisa melesat secara global dan membawa nama Indonesia khususnya Lampung ke luar negeri.

"Selain itu bisa memberdayakan ibu-ibu rumah tangga agar mendapatkan penghasilan meskipun dirumah saja," harapanya.

4. Berawal dari iseng bagikan skincare rutin harian ke medsos

Sukses Berbisnis, Sheyla: Emak Berdaster Bisa, Pemuda Harus Lebih BisaInstagram.com/sheytada

Sheyla menceritakan awal mula memiliki ide membuat brand skincare lokal Lampung yang bisa digunakan seluruh kalangan ini. Bahkan bayi juga bisa menggunakannya lho. Menurutnya, saat itu Sheyla sedang hamil dan lebih selektif memilih produk skincare yang akan digunakan.

"Jadi aku penginnya pake yang herbal-herbal aja, takut kalau kimia bisa berdampak sama anak dalam kandungan aku," cerita Sheyla kepada IDN Times.

Singkat cerita, perempuan kelahiran 1992 ini membagikan skincare rutin hariannya ke media sosial Instagram. Tak disangka, banyak pengikutnya minta skincare yang ia gunakan dijual.

"Jadi ini skincare herbal terbuat dari beeswax dengan kandungan minyak nabati. Jujur resepnya banyak di YouYube “DIY cream pelembab” tapi siapa sangka dengan keisengan open pesan online hari itu juga full order 100 jar," ujar alumni Universitas Indonesia ini.

5. Jadi produk hits di Indonesia dan luar negeri

Sukses Berbisnis, Sheyla: Emak Berdaster Bisa, Pemuda Harus Lebih BisaBeeme (instagram/@beeme.official

Sheyla akhirnya melanjutkan usahanya itu dan memberi nama brand  Beeme.  Menurutnya, awal pemasaran ia kewalahan mengejar produksi dan mengurus BPOM.

"Tapi sekarang Beeme jadi produk hits di Indonesia bahkan merambah internasional. Itu semua berkat media sosial endorsement dan review customer yang selalu puas dengan produk Beeme," terangnya.

Dalam waktu sebulan, menurutnya, penjualan Beeme di skala nasional atau internasional menjual 8.000 sampai 10.000 pieces. Untuk harganya, Rp80 ribu Beeme nourishing balm dan honey sunscreen. Sedangkan Beeme natural soap 3 in 1 Rp85 ribu.

6. Produk aman untuk semua kalangan

Sukses Berbisnis, Sheyla: Emak Berdaster Bisa, Pemuda Harus Lebih BisaInstagram.com/beloved.beeme

Sheyla juga menjelaskan, produk sudah terdaftar BPOM dan halal ini tidak memiliki efek samping apa pun. Karena terbuat dari bahan-bahan alami yang aman untuk ibu menyusui, ibu hamil bahkan bayi.

Menurutnya, produk miliknya ini harganya cukup terjangkau dengan kualitas internasional. Apalagi berbahan alami dari turunan lebah, seperti madu dan beeswax yang kaya manfaatnya.

"Bahkan sudah dijelaskan di dalam Al-Quran manfaat madu dan turunan lebah lainnya. Bee itu kan lebah, me diri saya. Jadi aku ingin semua orang yang memakai produk Beeme seperti lebah yang selalu menebarkan kebaikan dan manfaat," ujarnya.

7. Khasiat dalam produk

Sukses Berbisnis, Sheyla: Emak Berdaster Bisa, Pemuda Harus Lebih BisaInstagram.com/beloved.beeme

Lebih lanjut, Sheyla menjelaskan, khasiat produk Beeme dapat mengobati iritasi ringan, menjadi pelembab wajah, masalah kulit ruam popok, biang keringat, luka bakar, memudarkan bekas jerawat.

"Bisa juga buat sariawan, caranya ditempelkan di bagian yang ada sariawannya. Claim sertifikat bahan Beeme yang digunakan adalah foodgrade, dipakai dokter bedah mulut untuk pasien," jelasnya.

Sementara itu, Beeme nourishing balm adalah pelembab serbaguna mengandung lilin lebah, minyak zaitun, minyak kelapa, minyak almond dan petrolatum (vaseline).

Sifatnya menutrisi kulit karena mempunyai sejuta manfaat. Tak hanya untuk kulit wajah, tapi bisa untuk bibir, memudarkan bekas jerawat, stretch marks, ruam popok bayi, biang keringat, gatal-gatal dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Baca Juga: Kisah Penulis Buku Anak Lampung, Pernah Gagal Edar, Bahas Seks Edukasi

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya