Comscore Tracker

Kece! Inovasi Penggiling Padi Tulang Bawang Masuk 10 Besar Nasional

Gabah sudah digiling dalam mesin akan menjadi beras premium

Tulang Bawang, IDN Times - Kabupaten Tulang Bawang masuk 10 besar final lomba Teknologi Tepat Guna Unggulan (TTGU) tingkat nasional tahun 2021 mewakili Provinsi Lampung.

Dalam lomba ini, Tulang Bawang mengikutsertakan karya Nurhadi, petani asal Kampung Batanghari, Kecamatan Rawapitu menciptakan mesin penggiling padi dengan hasil beras kualitas premium.

Menurut pemaparan Nurhadi, mesin pengolah serbaguna atau multi purpose processing machine itu, diklaim mampu menekan biaya produksi gabah menjadi beras.

Baca Juga: Peredaran Narkotika Berkedok Salon Kecantikan di Tuba Digerebek Polisi

1. Nama alatnya lesung milenium

Kece! Inovasi Penggiling Padi Tulang Bawang Masuk 10 Besar NasionalDiskominfo Tulang Bawang

Nurhadi memberi nama mesin penggiling padi itu, lesung milenium. Menurutnya, gabah sudah digiling dalam mesin itu akan menjadi beras premium tanpa limbah sekam.

"Proses pengerjaan produk yang akan diolah hingga siap pakai atau produk jadi yaitu berupa butir padi yang bersih dan berkualitas hanya dengan 2 kali pengolahan," terangnya, Rabu (15/9/2021). 

Kini, permintaan mesin giling padi mini multifungsi ini sudah digunakan Poknas program kreatif mandiri Kabupaten Tulang Bawang dan beberapa daerah di Indonesia, seperti Jawa, Kalimantan termasuk Sumatera. Pengiriman dan penginstalan mesin melalui jasa ekpedisi.

2. Juara bukan prioritas

Kece! Inovasi Penggiling Padi Tulang Bawang Masuk 10 Besar NasionalReplika medali Asian Games (ANTARA FOTO/INASGOC/Widodo S Jusuf)

Bupati Tulang Bawang Winarti bangga atas inovasi Nurhadi bisa sampai tingkat nasional. Namun menurutnya, predikat juara bukanlah hal utama.

Terpenting, inovasi hasil karya petani asal Tulang Bawang bisa menginspirasi masyarakat luas. Sehingga bisa mengharumkan nama kabupaten setempat di kancah nasional mewakili Lampung

"Juara itu nomor dua, yang terpenting putra Tulang Bawang bisa ikut tampil mengeksplor inovasi yang dibuat melalui lesung milenium, alat penggiling serbaguna," kata Winarti melalui pertemuan virtual.

3. Beri akses jalan mudah untuk petani

Kece! Inovasi Penggiling Padi Tulang Bawang Masuk 10 Besar NasionalBupati Tulang Bawang, Winarti tinjau sekolah tatap muka naik sepeda (Instagram.com/winartiku.winartiku)

Winarti berharap ke depan bisa melahirkan Nurhadi lain di Tulang Bawang dengan mengeluarkan inovasi-inovasi lain dan karyanya bisa dikenal hingga nasional.

Disisi lain, Winarti juga menyampaikan, Pemkab Tulang Bawang saat ini gencar membenahi infrastruktur jalan dari Kecamatan Banjar Agung menuju Rawapitu.

Menurutnya, ini sebagai salah satu upaya Pemkab Tulang Bawang mempermudah akses petani untuk memasarkan hasil pertaniannya ke luar daerah.

"Kita hotmix, sampai tahun 2022 proses perbaikan jalan dari Ronggolawe Kecamatan Banjar Agung sampai pintu masuk Rawapitu," kata Winarti.

Baca Juga: Ibu Rumah Tangga di Tulang Bawang Nyambi jadi Bandar Sabu

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya