Comscore Tracker

Hindari Perilaku Ini jika Tak Mau Kucing Benci Padamu!

Khususnya kepada kucing peliharaanmu sendiri

Bandar Lampung, IDN Times - Kucing merupakan salah satu hewan penurut dan mudah dijinakan. Wajah dan tingkah lucunya membuat kucing banyak dijadikan hewan peliharaan oleh manusia. Kucing juga berkembang biak secara cepat sehingga banyak ditemukan dimana-mana.

Tak heran jika kucing jadi peliharaan favorit umat manusia di berbagai zaman. Namun tahu kah kamu, dilansir dari berbagai sumber ternyata banyak penelitian menyebutkan ada beberapa hal perilaku manusia dibenci oleh kucing lho.

Hal itu dapat membuat kucing dapat menyerang manusia sampai stres. Yuk kita simak 5 perilaku manusia yang dibenci kucing!

1. Dielus secara agresif

Hindari Perilaku Ini jika Tak Mau Kucing Benci Padamu!Kucing hissing

Kucing merupakan salah satu hewan manja dan penyayang. Itu sebabnya kucing suka dielus. Khususnya oleh sang pemilik.

Bahkan Michael Delgado, seorang konsultan perilaku kucing mengatakan kucing akan mengeluarkan aroma feromon ketika seseorang mengelus kepalanya sehingga dia akan akan nyaman dan tenang. Namun sesuatu yang berlebihan juga tentu tak baik untuk kucing.

Termasuk mengelusnya secara agresif. Biasanya kucing akan mengeluarkan suara auman, hissing, atau menyakar ketika dia dielus secara berlebihan oleh seseorang. Itu menandakan ia tak nyaman dengan perilaku tersebut.

2. Meninggalkan kucing sendirian di rumah

Hindari Perilaku Ini jika Tak Mau Kucing Benci Padamu!Kucing menatap pintu menunggu pemiliknya datang. (Unsplash)

Tak hanya manja dan penyayang, ternyata kucing juga hewan yang emosional. Kucing biasanya akan merasa sangat sedih bila pemiliknya meninggalkannya di rumah sendirian dalam waktu lama.

Rata-rata untuk kucing dewasa bisa ditinggal di rumah sendirian maksimal 12 jam saja. Jika lebih dari itu kamu bisa mengakalinya dengan memberi mainan pada kucingmu atau mempersiapkan kebutuhannya seperti makanan dan litter box bersih untuk membuang kotoran. 

Baca Juga: Kucing Ternyata Boleh Makan 7 Buah dan Sayur Ini Lho!

3. Pemiliknya menggendong atau mengelus kucing lain

Hindari Perilaku Ini jika Tak Mau Kucing Benci Padamu!Ilustrasi kucing marah

Benoit Bucher, seorang peneliti dari Universitas di Jepang pernah menguji sebanyak 52 kucing untuk mengetahui apakah kucing memiliki rasa cemburu atau tidak.

Setelah diteliti, ternyata kucing punya rasa cemburu tak hanya ketika ia melihat pemilik mengelus atau menggendong kucing lainnya. Kucing biasanya akan ngambek dengan misalnya meninggalkan tempat itu atau tak mau makan sementara waktu. 

4. Malas membersihkan kandang

Hindari Perilaku Ini jika Tak Mau Kucing Benci Padamu!Kucing poop sembarangan. (Google)

Siapa yang belum tahu kalau kucing adalah hewan terbersih di dunia? Menurut banyak penilitian, air liur kucing merupakan salah satu benda terbersih di dunia karena mengandung enzim antibakteri dan antibiotik alami. Oleh karena kucing senang menjilati badannya sendiri untuk membersihkan diri.

Selain itu kucing juga merupakan satu-satunya hewan yang mengubur kotorannya sendiri hingga minimal tidak tercium lagi olehnya. Oleh karenanya Ia tidak senang jika litter boxnya kotor atau jarang dibersihkan. Kalau itu terjadi, biasanya kucing akan protes dengan cara buang kotoran sembarangan.

5. Suara keras manusia

Hindari Perilaku Ini jika Tak Mau Kucing Benci Padamu!ilustrasi kucing (unsplash.com/Kristina Yadykina)

Tak hanya sensitif terhadap bau, kucing juga ternyata sangat sensitif terhadap suara. Seperti manusia, kucing cenderung tidak menyukai suara keras.

Jangan anggap sepele suara keras bagi kucing ini, karena beberapa kucing bisa stres sampai sakit kepala parah jika tak kuat. Usahakan jauhkan kucing dari tempat keramaian, atau biarkan kucingmu bebas dari kandang agar ia bisa menjauhkan diri sendiri dari suara keras itu.

Itulah 5 perilaku manusia dibenci oleh kucing. Semoga kamu tidak melakukan beberapa hal di atas kepada anabulmu di rumah ya! Jika kucingmu punya gejala stres mungkin kamu bisa membawanya ke dokter hewan terdekat.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Makanan Kucing Murah tapi Berkualitas!

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya