Comscore Tracker

10 Bahasa Bunga Kamu Perlu Tahu, Ternyata Ada Pesan Khusus

Bahasa bunga dapat menyampaikan pesan pemberi ke penerima

Bandar Lampung, IDN Times - Secara harfiah, bahasa bunga atau language of flower merupakan makna dari bunga. Bahasa bunga juga digunakan sebagai bentuk komunikasi atau penyampai pesan pemberi kepada penerima bunga. Namun sebenarnya, bahasa bunga tak hanya melekat pada tanaman berbunga saja tapi hampir pada semua jenis tanaman.

Bahasa bunga diberikan pada tanaman tertentu berdasarkan banyak hal. Dari budaya, sejarah, cerita penting berkaitan dengan bunga itu, karakteristik, hingga kasiat dari bunga atau tanamannya.

Hampir di semua negara memiliki bahasa bunganya masing-masing namun pertama kali diformalitaskan pada abad ke-17 di Eropa tepatnya di Turkiye. Aubry de La Mottraye (1674-1743) Dan Mary Wortley Montagu (1689-1762) dikenal sebagai pelopor pertama bahasa bunga. Pada 1819, kamus bahasa bunga juga pernah diterbitkan di Perancis oleh Madame Charlotte de la Tour. Nama kamus bahasa bunga itu adalah Le Langage des Fleurs.

Ada sekitar 800 bahasa bunga telah diatur di buku itu. Bahkan beberapa jenis bunga seperti mawar ada makna khusus berdasarkan jumlah kelopaknya. Misalnya mawar dengan tiga kelopak berarti 'Aku mencintaimu', sepuluh artinya 'Kamu sempurna', dan tiga belas adalah 'Teman selamanya'.

Juga berdasarkan warna, seperti merah berarti ‘cinta atau kagum’, kuning ‘persahabatan’, merah muda ‘penghargaan’, dan putih ‘cinta baru’. Berikut bahasa bunga dari 10 bunga-bunga indah dan bisa kamu jadikan hadiah kepada orang tersayang.

1. Marigold

10 Bahasa Bunga Kamu Perlu Tahu, Ternyata Ada Pesan KhususMarigold. (Instagram/tokyo_shokubutsu_zufu)

Marigold merupakan bunga berbentuk bulat berwarna kuning keemasan. Bunga ini tumbuh subur di dataran rendah hingga tinggi sehingga banyak di temukan di Indonesia. Bahasa bunga Marigold adalah 'kebahagiaan yang pasti akan datang.' Karena berisi pesan harapan baik, maka bunga ini bagus untuk di berikan kepada siapapun.

2. Tulip Mangga

10 Bahasa Bunga Kamu Perlu Tahu, Ternyata Ada Pesan KhususTulip Mangga. (Shopee)

Tulip Mangga adalah bunga yang sangat populer akhir-akhir ini. Selain memang bentuk tulip yang anggun, warna dari Tulip Mangga sangat indah dengan gradasi kuning ke jingga.

Bahasa bunga Tulip Mangga adalah 'tanda cinta si pemalu'. Ada kalanya seseorang yang malu mau mengungkapkan rasa sukanya, jika kamu tergolong orang demikian, bisa berikan Tulip Mangga untuk menggantikan kata-kata itu.

Baca Juga: Salat Ini Membolehkanmu Membaca Doa Qunut

3. Anggrek

10 Bahasa Bunga Kamu Perlu Tahu, Ternyata Ada Pesan Khususlinkshortener.id

Ada lebih dari 30 jenis Anggrek di Indonesia. Keindahan bentuk dan eksotismenya membuat anggrek sangat dikagumi penggemar tanaman.

Begitupun dengan bahasa bunga tiap jenisnya berbeda-beda. Misalnya Anggrek pink dapat menyampaikan pesan ‘kasih sayang yang tulus dan murni’, atau Anggrek jenis cattelya dianggap mewakili ‘pesona yang lebih dewasa dan matang’. 

Namun secara general, bahasa bunga Anggrek berarti ‘cinta, kemewahan, keindahan yang langka, dan kekuatan’.

4. Lisianthus

10 Bahasa Bunga Kamu Perlu Tahu, Ternyata Ada Pesan KhususLisianthus. (Instagram/tokyo_shokubutsu_zufu)

Lisianthus sekilas menyerupai bunga mawar. Bentuk kelopaknya indah dan lebih banyak dari Mawar. Bunga ini juga dikenal sebagai Mawar tak berduri. Bahasa bunga Lisianthus adalah 'cinta yang tidak berubah'.

Seromantis kelihatannya kan? Bunga ini sangat cocok untuk diberikan kepada pasanganmu.

5. Freesia

10 Bahasa Bunga Kamu Perlu Tahu, Ternyata Ada Pesan KhususFreesia. (Instagram/zzigle___)

Freesia atau dikenal dengan bunga musim semi. Hal itu dikarenakan Freesia hanya tumbuh di musim semi saja.

Tapi tak perlu khawatir karena dengan teknologi pertanian saat ini, Freesia dapat tumbuh baik di Indonesia. Bunga kuning cerah ini memiliki bahasa bunga 'Aku mendukung untuk awalmu yang baru'. Sehingga sangat pas jika diberikan kepada orang yang baru menikah, hendak memulai bisnis, baru mendapat pekerjaan, atau upacara kelulusan.

Baca Juga: 11 Novel Karya Andrea Hirata, Wajib Jadi Bahan Bacaanmu!

6. Melati

10 Bahasa Bunga Kamu Perlu Tahu, Ternyata Ada Pesan KhususMelati. (Tokopedia)

Melati erat kaitannya dengan mempelai wanita di pelaminan. Hal itu dikarenakan Melati melambangkan ‘kesucian, kecantikan, dan sensualitas’. 

Namun beberapa budaya ternyata mengartikan Melati sebagai bentuk apresiasi dan keberuntungan. Ada pula melati dalam peringatan kematian diartikan sebagai ‘perpisahan atau ucapan selamat tinggal’.

7. Ranunculus

10 Bahasa Bunga Kamu Perlu Tahu, Ternyata Ada Pesan Khususpexels.com/@kpaukshtite

Meski nama Ranunculus terasa asing bagi sebagian orang, bunga ini ternyata merupakan salah satu bunga favorit untuk dihadiahkan kepada orang yang kita taksir. Kelopaknya yang tumpang tindih terlihat penuh dan indah. Bahasa bunga Ranunculus adalah 'Kamu sangat menarik'.

8. Bunga Matahari

10 Bahasa Bunga Kamu Perlu Tahu, Ternyata Ada Pesan Khususpixabay

Bunga matahari juga ternyata cocok untuk dijadikan karangan bunga dan dihadiahkan kepada orang tersayang. Bunga Matahari memiliki pesonanya sendiri karena bentuknya yang unik dan cerah sehingga banyak disukai banyak orang.

Bahasa bunga Bunga Matahari adalah 'Aku hanya melihatmu'. Kamu bisa memberikan bunga ini pada pasanganmu saat ulang tahunnya atau anniversary pernikahanmu

9. Dephinium

10 Bahasa Bunga Kamu Perlu Tahu, Ternyata Ada Pesan KhususDelphinium. (Pixabay)

Delphinium berasal dari kata dolphin atau lumba-lumba. Dinamakan seperti itu karena kuncup bunganya menyerupai lumba-lumba.

Bahasa bunga Delphinium adalah 'Aku akan membuatmu bahagia'. Begitu romantisnya sehingga lebih pas jika diberikan saat kamu melamar gadis impianmu.

10. Hydrangea

10 Bahasa Bunga Kamu Perlu Tahu, Ternyata Ada Pesan Khususpixabay.com

Tanaman ini sering terabaikan karena mampu hidup liar dibeberapa tempat. Namun ketika berbunga, perhatianmu akan selalu tertuju pada bunga biru keunguan itu. Mirip mawar, bahasa bunga untuk Hydrangea berbeda untuk setiap warnanya.

Hydrangea Kuning berarti ‘cinta tak berbalas’, Hydrangea ungu melambangkan ‘keinginan untuk memahami seseorang lebih dalam, kekayaan dan kelimpahan’, Hidrangea Merah Muda adalah ‘cinta dan pernikahan’, dan  Hydrangea biru berarti ‘hati yang dingin, minta maaf, dan penolakan cinta’. Jadi hati-hati ya memberikan bunga ini. 

Itulah 10 bahasa bunga-bunga yang bisa kamu jadikan referensi sebelum kamu berikan kepada orang lain.

Baca Juga: 5 Kegiatan Seru Bisa Kamu Lakukan Meskipun Sendirian, Coba Yuk!

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya