Comscore Tracker

Cerita Polisi di Kota Metro Patroli Jalan Kaki, Blusukan Temui Warga

Dialog interaktif sampaikan pesan kamtibmas

Metro, IDN Times - Era pandemik beragam cara dilakukan personel kepolisian untuk mengedukasi masyarakat menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi COVID-19. Hal itupun dilakukan jajaran personel Polres Metro

Personel rutin menggelar patroli di wilayah hukum Polres Metro. Salah satu metode patroli jarang dilirik adalah patroli jalan kaki. Seperti yang dilakukan personel Polsek Metro Barat melaksanakan patroli jalan kaki di wilayah hukumnya.

Bagaimana ceritanya? Yuk simak penjelasan berikut. 

Baca Juga: Mantap! Kota Metro Kirim 7 Atlet Kontingen Lampung PON XX Papua

1. Patroli jalan kaki diklaim ada kelebihan

Cerita Polisi di Kota Metro Patroli Jalan Kaki, Blusukan Temui WargaPersonel Polsek Metro Barat melaksanakan patroli jalan kaki, Rabu (15/9/2021). (IDN Times/Istimewa).

Kapolsek Metro Barat, AKP Fadil A Rohim, mengatakan, metode patroli jalan kaki ini memiliki beberapa kelebihan. Misalnya, petugas patroli  bisa blusukan dan langsung melakukan dialog interaktif dengan masyarakat sambil menyampaikan pesan kamtibmas.

"Tujuan dari pelaksanaan patroli jalan kaki, untuk mendekatkan anggota kepolisian bersama masyarakat. Kami ingin mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dari masyarakat dimana pun berada melalui patroli jalan kaki, disamping itu patroli ini juga bertujuan untuk menjaga situasi kamtibmas,” jelasnya.

2. Ada warga ditegur tak pakai masker

Cerita Polisi di Kota Metro Patroli Jalan Kaki, Blusukan Temui WargaBeberapa warga dapat teguran petugas gabungan, saat melaksanakan patroli malam, Selasa (14/9/2021). (IDN Times/Istimewa).

Beberapa warga dapat teguran petugas gabungan, saat melaksanakan patroli malam. Saat patroli, personel mengimbau seluruh masyarakat untuk menaati protokol kesehatan.

Kapolres Metro AKBP Yuni Iswandari Yuyun, mengatakan, personel menjaga tindakan saat di lapangan. Bagi pelanggar protokol kesehatan khususnya tidak memakai masker penegakan cukup ditegur. 

Ia menambahkan, saat dilakukan patroli masker, masih ada sebagian kecil warga yang tidak menggunakan masker saat petugas lakukan operasi. "Diharapkan masyarakat punya kesadaran dalam diri, saat tidak memakai masker. "Jadi bukan karena takut, tapi malu karena tidak memakai masker," tambahnya. 

3. Gencar sosialisasi vaksinasi

Cerita Polisi di Kota Metro Patroli Jalan Kaki, Blusukan Temui WargaProgram vaksin massal di Mako Polresta Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Jajaran Polres Metro melaksanakan sosialisasi vaksin dengan sasaran masyarakat Kota Metro. Hal tersebut sesuai perintah Kapolres Metro AKBP Retno Prihawati kepada seluruh personel Polres Metro.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk memutus rantai penularan penyakit dan menghentikan wabah Corona.

“Ini merupakan untuk memutus rantai penularan covid-19, Vaksin COVID-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat COVID-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh dengan pemberian vaksin,” ucapnya. 

Baca Juga: Hari Kunjung Perpustakaan, Warga Metro Gelar Diskusi Buku dan Lomba Foto

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya