Comscore Tracker

UIN Raden Intan Masuk 10 Kampus Peminat Tertinggi UM-PTKIN 2022 

Jumlah pendaftar 10.536 peminat

Bandar Lampung, IDN Times - Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung masuk jajaran 10 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dengan jumlah peminat tertinggi calon mahasiswa baru pada jalur seleksi UM-PTKIN 2022.

Itu merujuk kampus setempat menerima jumlah pendaftar sebanyak 10.537 peminat di berbagai jurusan perkuliahan dari total 142.716 pendaftar UM-PTKIN 2022 pada tingkat nasional.

"UIN Raden Intan Lampung juga menjadi PTKIN jumlah lulusan terbanyak yaitu, sebanyak 3.323 orang, disusul UIN Walisongo Semarang 2.790 orang, dan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulung Agung 2.642 orang lulusan," ujar Ketua Panitia UM-PTKIN 2022, Prof Imam Taufiq, Sabtu (2/6/2022).

Baca Juga: UM-PTKIN 2022 Resmi Dibuka, UIN Raden Intan Siapkan Kuota 2.400 Kursi

1. Pengumuman kelulusan UM-PTKIN 2022 telah berlangsung

UIN Raden Intan Masuk 10 Kampus Peminat Tertinggi UM-PTKIN 2022 UIN Raden Intan masuk dalam jajaran 10 PTKIN dengan jumlah peminat tertinggi calon mahasiswa baru pada jalur seleksi UM-PTKIN 2022. (IDN Times/Istimewa)

Prof Imam melanjutkan, seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2022 memasuki tahap akhir yaitu, pengumuman kelulusan telah dilaksanakan dilaksanakan melalui laman resmi UM-PTKIN, Kamis (30/06/2022).

Menurutnya, peserta ingin melihat pengumuman cukup dengan memasukkan nomor ujian tertera pada kartu peserta dengan mengakses https://pengumuman.um-ptkin.ac.id/.

“Keputusan penetapan kelulusan ini didahului oleh sidang kelulusan panitia nasional bersama seluruh panitia lokal masing-masing PTKIN, mengacu pada nilai hasil ujian masing-masing peserta” ucapnya.

2. Mahasiswa baru diminta daftar ulang 4-8 Juli 2022

UIN Raden Intan Masuk 10 Kampus Peminat Tertinggi UM-PTKIN 2022 unsplash.com/Kaitlyn Baker

Plt Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Safari Daud menyambut kedatangan para calon mahasiswa dan menyampaikan ucapan selamat bagi peserta telah dinyatakan lulus. Selain itu, ia pun mengingatkan agar dapat segera melakukan daftar ulang mulai 4-8 Juli 2022.

Caranya, pendaftaran ulang dapat diakses secara online pada laman https://siaril.radenintan.ac.id/mahasiswa-baru/registrasi, dengan login menggunakan nomor peserta dan tanggal lahir sesuai saat mendaftar UM-PTKIN 2022.

”Untuk calon mahasiswa yang belum dinyatakan lulus UM-PTKIN, jangan berkecil hati, masih ada kesempatan dengan mendaftar kembali lewat jalur UM-Mandiri,” imbuhnya.

3. UIN Raden Intan Lampung masih membuka jalur penerimaan mahasiswa Mandiri

UIN Raden Intan Masuk 10 Kampus Peminat Tertinggi UM-PTKIN 2022 Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Sebagai informasi, UIN Raden Intan Lampung kini tengah membuka pendaftaran jalur Mandiri tahap-1 dibuka mulai 21 Juni hingga 10 Juli 2022. Sedangkan Mandiri tahap 2 akan dibuka pada 18-30 Juli 2022 secara online melalui laman https://aplikasi.radenintan.ac.id/pmb_lokal.

Selain itu, program Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung perketat Seleksi Ujian Masuk. Sebanyak 244 orang terdiri dari 202 orang calon mahasiwa Program Magister (S2) dan 42 orang calon mahasiswa Program Doktoral (S3) mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa tahun 2022.

Jumlah tersebut adalah mereka yang berhasil lolos seleksi administrasi, dari sebanyak 307 orang pendaftar. Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof Wan Jamaluddin turut menjadi tim penguji dalam seleksi ini menyatakan, seleksi adalah sebuah langkah positif untuk membuktikan keseriusan dalam mempersiapkan Internationalisasi Kampus yang berorientasi pada mutu.

“Ini adalah langkah untuk mempersiapkan tahapan-tahapan yang lebih serius agar visi besar UIN Raden Intan Lampung sebagai rujukan internasional bisa berjalan dengan baik dan bisa terwujud,” ucap Rektor.

4. Upaya menciptakan peserta didik berkualitas melalui program pascasarjana

UIN Raden Intan Masuk 10 Kampus Peminat Tertinggi UM-PTKIN 2022 Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof Wan Jamaluddin. (IDN Times/Istimewa)

Prof Wan Jamaluddin juga berharap, adanya seleksi pada program Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung dapat menghasilkan calon-calon peserta didik yang berkulitas.

“Ini upaya kami untuk mewujudkan visi besar itu, selain kualitas mutu Lembaga, input calon mahasiswa didiknya juga harus berkualitas," tandas Rektor.

Baca Juga: 6.420 Calon Mahasiswa Lulus Jalur SPAN-PTKIN UIN Raden Intan

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya