Comscore Tracker

ITERA Rangking 13 Kampus Paling Berkelanjutan di Indonesia

Versi UI Greenmetric World University Ranking 2021

Lampung Selatan, IDN Times - Institut Teknologi Sumatera (ITERA) berhasil menempati peringkat ke-13 sebagai Kampus Paling Berkelanjutan di Indonesia dan peringkat 143 kampus berkelanjutan di tingkat global dalam UI Greenmetric World University Ranking 2021. ITERA berhasil naik enam peringkat, dari tahun sebelumnya menempati posisi ke-19, dan meraih predikat khusus The Most Sustainably Improved University.

Peringkat kampus berkelanjutan versi UI Greenmetric World University Ranking tahun 2021 tersebut diumumkan oleh Wakil Ketua UI Greenmetric World University Ranking, Junaidi, Selasa (14/12/2021). Kegiatan yang dilakukan secara daring ini turut mengumumkan ranking tingkat global, regional, dan nasional kampus berkelanjutan.

Baca Juga: Film Tapis Dandan Sai Tutugan Karya Dosen ITERA 20 Besar BRIN 2021

1. Jumlah perguruan tinggi ikut serta UI Greenmetric naik pesat

ITERA Rangking 13 Kampus Paling Berkelanjutan di IndonesiaITERA berhasil menempati peringkat ke-13 sebagai Kampus Paling Berkelanjutan di Indonesia dalam UI Greenmetric World University Ranking 2021. (Dok. ITERA).

Rektor ITERA Prof Mitra Djamal menyampaikan, raihan peningkatan ranking ITERA tahun ini sangat membanggakan. Pasalnya, jumlah perguruan tinggi turut serta ajang ini naik pesat.

Dari Indonesia, peserta meningkat dari 88 perguruan tinggi di 2020 menjadi 101 perguruan tinggi di 2021. Sementara secara global pesertanya naik dari 912 perguruan tinggi menjadi 956 perguruan tinggi dari 85 negara di dunia.

Tahun ini partisipan dari Eropa sebanyak 261 perguruan tinggi, 53 dari Amerika Utara, 107 dari Amerika Latin, 513 dari Asia, 20 dari Afrika dan 2 perguruan tinggi dari Oceania.

UI GreenMetric World University Rankings Awards adalah kegiatan diinisiasi Universitas Indonesia, sejak 2010 untuk mengukur upaya keberlanjutan yang dilakukan oleh perguruan tinggi. Perangkingan dilakukan berdasarkan kerangka konsep environment, economy and equity.

Tahun ini adalah kali ketiga ITERA berpartisipasi dalam penilaian UI GreenMetric. Sebelumnya, ITERA mendapatkan peringkat ke-24 pada 2019 dan naik menjadi peringkat ke-19 pada 2020. ITERA juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai The Most Sustainably Improved University 2020 dan juga Trees Rating 3,5 pada 2021 dari UI GreenMetric.

2. Berkomitmen menjadi kampus berkelanjutan dan ramah

ITERA Rangking 13 Kampus Paling Berkelanjutan di IndonesiaITERA berhasil menempati peringkat ke-13 sebagai Kampus Paling Berkelanjutan di Indonesia dalam UI Greenmetric World University Ranking 2021. (Dok. ITERA).

Jamal menyatakan, pihaknya berterima kasih dan bangga atas capaian ITERA tersebut. Rektor menyebut, UI GreenMetric bagi ITERA adalah sebagai tutor merencanakan dan mewujudkan ITERA sebagai kampus pembelajaran dengan orientasi mutu dan akuntabilitas berbasis filosofi campuss green development.

Selain itu, program UI GreenMetric juga menjadi pemandu dan sparing partners percepatan membangun komitmen tinggi penghijauan dan pengembangan kampus berkelanjutan. Selain itu, media pembelajaran nyata untuk terus meningkatkan sistem dokumentasi mutu dan akuntabilitas secara berkelanjutan.

Jamal menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk menjadi kampus berkelanjutan dan ramah kepada seluruh sivitas akademika dan masyarakat. “Kita perlu terus meningkatkan apa yang perlu ditingkatkan agar ITERA menjadi kampus yang tidak hanya sustainable akan tetapi juga nyaman untuk semua yang beraktivitas,” ujar rektor.

3. Maintenance di perguruan tinggi hanya beroperasi 40 persen selama pandemik

ITERA Rangking 13 Kampus Paling Berkelanjutan di IndonesiaInstitut Teknologi Sumatera (Itera) meresmikan PLTS dengan kapasitas 1 Megawatt-peak (MWp) dan Indonesia Continuously Operating Reference Station (Ina-CORS), Kamis, (7/1/2021). (IDN Times/Istimewa).

Ketua UI Greenmetric World University Rankings 2021 Prof Riri Fitri Sari, mengatakan, kondisi pandemik COVID-19 persentase operasi maintenance di perguruan tinggi hanya beroperasi 40 persen. Hal itu dapat dilihat dari salah satu dari beberapa indikator tambahan dalam penilaian UI GreenMetric menyesuaikan kondisi pandemik COVID-19.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Ristek, Prof Nizam menyebut, penyelengaraan pemeringkatan UI GreenMetric dapat mengukur sikap, dan perilaku. Itu baik terjadi di perguruan tinggi dalam konteks seberapa peduli perguruan tinggi tersebut dengan Sustainable Development Goals (SDGs).

“Jadi bukan sekadar teori tapi juga perguruan tinggi telah melaksanakan praktik baik,” paparnya.

Baca Juga: Kebun Raya ITERA Pakai Paving Block dan Batako Olahan Limbah Batu Bara

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya