7 Superhero Terkenal Ternyata Yatim Piatu Sejak Masih Muda

Kenapa banyak superhero yang tidak punya orang tua?

Intinya Sih...

  • Banyak superhero merupakan yatim piatu untuk mendapatkan empati dari penggemar dan pengembangan karakter.
  • Superman, Batman, Spider-Man, Iron Man, Captain America, Wanda Maximoff, dan Robin adalah beberapa superhero yang kehilangan orang tua.
  • Kehilangan orang tua membuat mereka mandiri sejak muda dan menjadi kuat dalam menghadapi tantangan.

Apa yang terlintas dalam pikiran kita ketika mendengar kata "superhero"? Tentunya adalah karakter fiksi punya kekuatan luar biasa untuk melindungi dunia dari orang-orang jahat.

Para superhero biasanya merupakan manusia dianugerahi kekuatan super yang membuatnya begitu istimewa. Akan tetapi, sadarkah kamu kalau banyak karakter superhero dalam kisah-kisah fiksi itu punya satu kekurangan yang sama, yaitu merupakan seorang yatim piatu?

Ya, banyak karakter superhero kehilangan kedua orang tua ketika mereka masih sangat muda. Hal ini disebabkan agar karakter superhero tersebut mendapatkan empati dari penggemar. Lalu, siapa saja para karakter superhero terkenal merupakan yatim piatu?

1. Superman

7 Superhero Terkenal Ternyata Yatim Piatu Sejak Masih MudaClark Kent dan dan ibu angkatnya (dok. Warner Bros. Pictures/Man of Steel)

Seperti yang diketahui, kalau nama asli Superman adalah Kal-El merupakan orang dari planet Krypton. Orang tua Superman yaitu Jor-El dan Lara tewas karena planet mereka hancur bersama dengan jutaan orang Krypton lainnya.

Superman yang dikirim ke Bumi menggunakan kapsul kemudian diadopsi oleh pasangan Jonathan dan Martha Kent kemudian menjadi orang tua angkat baginya, lalu menamainya Clark Kent. Superman tak pernah tahu orang tua aslinya sampai ia dewasa dan menyadari kalau dia bukan manusia biasa.

Meski demikian, Jonathan dan Martha sudah menganggap Clark Kent alias Superman seperti anak mereka sendiri. 

2. Batman

7 Superhero Terkenal Ternyata Yatim Piatu Sejak Masih MudaBruce Wayne muda melihat kedua orang tuanya tewas (dok. Warner Bros. Pictures/Batman Begins)

Dalam banyak kisah Batman termasuk dalam komik aslinya, kedua orang tua Bruce Wayne yaitu Thomas dan Martha Wayne tewas ditembak oleh perampok di hadapan Bruce Wayne sendiri. Bruce Wayne adalah anak orang sangat kaya raya di Gotham, uangnya nyaris tidak terbatas dan bisa membeli apa saja.

Namun Bruce selalu merasa kesepian karena kepergian ayah dan ibunya yang membuatnya menderita trauma yang berkepanjangan. Untungnya Bruce masih punya Alfred Pennyworth, pelayan sekaligus sosok ayah dan mentor baginya.

Mental Bruce yang kuat juga membuatnya memutuskan melindungi Gotham dengan cara menjadi Batman. 

Baca Juga: 8 Film dan Serial Dibintangi Pemain Jatuh Cinta Seperti di Film-film

3. Spider-Man

7 Superhero Terkenal Ternyata Yatim Piatu Sejak Masih MudaPeter Parker bersama paman dan bibinya (dok. Columbia Pictures/The Amazing Spider-Man)

Peter Parker menjadi Spider-Man tinggal bersama paman dan bibinya sejak kecil atau sejak ayah dan ibunya meninggal. Dalam versi asli komiknya, diceritakan Richard dan Mary Parker, orang tua Peter Parker, adalah agen rahasia Amerika Serikat bekerja untuk pemerintah.

Mereka meninggal dalam kecelakaan pesawat saat dalam perjalanan pulang dari misi rahasia. Paman Ben dan Bibi May adalah orang yang sangat baik pada Peter, sampai akhirnya ketika Paman Ben tewas dibunuh oleh penjahat, Peter memutuskan untuk menjadi Spider-Man. 

4. Iron Man

7 Superhero Terkenal Ternyata Yatim Piatu Sejak Masih MudaTony Stark ketika masih arogan (dok. Marvel Studios/Iron Man)

Tony Stark mempunyai kemiripan dengan Bruce Wayne. Keduanya merupakan miliarder, jenius, tampan, playboy, dan sama-sama kehilangan kedua orang tua karena dibunuh.

Bedanya, Tony kehilangan kedua orang tuanya ketika sudah cukup dewasa, namun itu tetap membuat Tony sangat menderita. Dalam cerita MCU, Howard dan Maria Stark tewas dibunuh oleh Winter Soldier alias Bucky Barnes atas perintah petinggi HYDRA.

Tony tidak punya pelayan setia seperti Alfred-nya Bruce Wayne, tapi dia punya kekasih yang mencintainya, Pepper Pots. 

5. Captain America

7 Superhero Terkenal Ternyata Yatim Piatu Sejak Masih MudaSteve Rogers muda ketika masih kurus (dok. Marvel Studios/Captain America: First Avenger)

Nasib Captain America alias Steve Rogers tak kalah tragis dengan superhero lainnya. Ayahnya, Joseph Rogers, meninggal dunia saat bertugas sebagai tentara dalam Perang Dunia I sebelum Steve dilahirkan.

Ibunya, Sarah Rogers, meninggal karena penyakit saat Steve masih kecil, membuatnya menjadi yatim piatu. Steve Rogers tumbuh sebagai anak yang kurus dan kesulitan hidup karena tak punya orang tua.

Namun karena tekad kuat, berbudi luhur dan kejujurannya, membuat Steve Rogers terpilih menjadi super soldier dan menjadi Captain America.

6. Scarlet Witch versi MCU

7 Superhero Terkenal Ternyata Yatim Piatu Sejak Masih MudaWanda menangis karena sudah banyak kehilangan dalam hidupnya (dok. Marvel Studios/WandaVision)

Di versi X-Men, Wanda Maximoff mempunyai orang tua, dia adalah Magneto. Tapi di MCU, Wanda dan saudara kembarnya, Pietro Maximoff merupakan yatim piatu dengan masa lalu yang tragis.

Dikisahkan kalau Wanda dan keluarganya adalah orang Sokovia. Saat Wanda masih kecil, terjadi peperangan di Sokovia. Hingga pada suatu malam ketika keluarga Wanda sedang menonton TV, tiba-tiba bom menimpa rumah mereka dan menewaskan ayah dan ibu Wanda. Saat itu Wanda melihat roket milik Stark Industries jatuh di rumahnya.

7. Robin (Dick Grayson)

7 Superhero Terkenal Ternyata Yatim Piatu Sejak Masih MudaRobin dalam serial Batman: The Animated Series (dok. Warner Bros./Batman: The Animated Series)

Dalam cerita Batman, Dick Grayson alias Robin pertama, kehilangan kedua orang tuanya dalam sebuah aksi kriminal yang tragis. Dick adalah seorang seniman sirkus yang tampil bersama dua orang tuanya yang dikenal sebagai "The Flying Graysons" di Haly's Circus.

Kedua orang tua Dick tewas setelah kecelakaan dalam sebuah pertunjukan sirkus disebabkan oleh sabotase seorang penjahat menginginkan keuntungan. Bruce Wayne yang melihat keberanian dan kejujuran yang dimiliki oleh Dick Grayson, memutuskan untuk mengadopsinya. Pada akhirnya Dick Grayson membantu Batman dengan cara menjadi Robin. 

Setelah kita tahu latar belakang para superhero di atas, kita juga menjadi tahu alasan kenapa para superhero banyak yang yatim piatu. Selain karena untuk memancing empati para penggemar, juga untuk pengembangan karakter. Orang yang sudah mandiri sejak masih sangat muda, biasanya adalah orang yang kuat. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Fakta Menarik Welcome to Samdalri, Relate dengan Kehidupan Nyata

Hilman Azis Photo Community Writer Hilman Azis

Seorang penulis yang menyukai berbagai hal termasuk budaya populer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya