Comscore Tracker

Resep Kue Lappet Khas Batak, Paduan Manis dan Gurih Nampol!

Dijamin mudah dan bikin nagih!

Kue lappet merupakan salah satu jajanan khas Sumatera Utara terutama daerah sekitar Danau Toba. Kue lappet memiliki ciri khas bentuk limas ditutupi dengan daun pisang.

Isian kue lappet terdiri dari parutan kelapa dan gula merah menambah keunikan kue jajanan khas Batak satu ini. Buat kamu jauh dari kampung halaman, kamu boleh menyajikan makanan sederhana ini untuk keluarga tercinta, simak yuk!

1. Bahan makanan

Resep Kue Lappet Khas Batak, Paduan Manis dan Gurih Nampol!ilustrasi bahan-bahan (pixabay.com/sontung57 19733131)

Bahan Isian

  • 1 butir kelapa ukuran besar
  • 400 gr gula aren
  • 1 lembar daun pandan
  • 2 batang kayu manis
  • Air mineral  300 ml

Adonan Kulit

  • 500gr tepung beras kentan
  • 500 ml santan suhu ruangan
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanilli
  • daun pisang secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

2. Melarutkan gula merah

Resep Kue Lappet Khas Batak, Paduan Manis dan Gurih Nampol!ilustrasi melarutkan gula merah (pixabay.com/three-shots-3936226)

Tahap pertama siapkan wajan untuk melelehkan gula merah, gunakan air secukupnya untuk memudahkan proses pelarutan gula merah, setelah gula merah larut, saring gula merah untuk memisahkan larutan gula merah dengan ampasnya. Setelah itu sisihkan.

Baca Juga: Resep Potato Gratin ala Prancis, Gurih dan Bikin Ngiler!

3. Campurkan gula dan parutan kelapa

Resep Kue Lappet Khas Batak, Paduan Manis dan Gurih Nampol!ilustrasi mencampur adonan di atas wajan (pixabay.com/viki_b6314823)

Setelah menyaring larutan gula merah, selanjutnya panaskan parutan kelapa dan gula  merah tambahkan kayu manis, daun pandan dan garam secukupnya. Masak sampai aroma kayu manisnya keluar, campurkan semua larutan kelapa sampai benar-benar tercampur dengan gula merah, sisihkan dan diginkan.

4. Mengolah bahan kulit kue lappet

Resep Kue Lappet Khas Batak, Paduan Manis dan Gurih Nampol!ilustrasi adonan kulit kue lappet (pixabay.com/tookapic-1386459)

Siapkan wadah mangkuk untuk mencampur bahan adonan tepung, campurkan air santan kelapa dengan bahan adonan tepung jangan lupa untuk memasukan vanilli. Aduk sampai bahan tepung dan santan kelapa sampai kalis, untuk memastikan bahan sudah siap digunakan, ambil sedikit adonan untuk menetes kelengketan, apabila adonan tidak lenget ditangan maka dipastikan adonan siap digunakan.

5. Adonan siap dibentuk

Resep Kue Lappet Khas Batak, Paduan Manis dan Gurih Nampol!ilustrasi kue lappet makanan tradisional Batak (instagram.com/faridakristinasiallagan)

Pertama bentuk daun pisang berbentuk kerucut, masukan adonan secukupnya mengikuti bentuk kerucut daun pisangnya, jangan lupa masukan isian kelapa dengan gula merah sesuai selera. Pastikan lipatan kue lappetnya rapi, agar menudahkan saat mengukus. Setelah selesai membentuk kue lappet susun kue dengan rapi di dalam kukusan, tunggu selama 20 menit. Kue lappet siap disajikan dan dinikmati keluarga tercinta.

Baca Juga: Resep Terong Bakar Sambal Hijau, Pedas dan Ekonomis

Minar Pakpahan Photo Community Writer Minar Pakpahan

Tidak ada sesuatu yang baru di bawah matahari.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya