Comscore Tracker

Resep Seruit Khas Lampung, Kenikmatan Sambal Hakiki

Makan seruit plus ikan dan lalapan makin lahap deh!

Ada yang pernah mendengar Seruit? Seruit adalah salah satu sambal khas dari daerah Lampung yang umumnya dihidangkan saat acara keluarga ataupun acara-acara besar lain.

Secara bahasa, Seruit memiliki arti berkumpul bersama atau beramai-ramai. Karena pada dasarnya, menurut tradisi sambal ini akan dinikmati dengan keadaan beramai-ramai. Lalu bagaimanakah cara membuat Seruit? Simak artikel ini sampai habis ya!

1. Bahan utama

Resep Seruit Khas Lampung, Kenikmatan Sambal HakikiIlustrasi bahan masakan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Umumnya sambal Seruit akan disajikan bergandengan dengan ikan segar yang digoreng ataupun dibakar, lalu disiram dengan sambal Seruit untuk dinikmati secara bersama-sama.

Bahan-bahan utama yang harus disiapkan untuk resep Seruit antara lain adalah 500 gram ikan patin, belide, baung, layis atau ikan lain yang tersedia. Siapkan juga garam dan jeruk nipis sebagai bahan utama masakan ini.

2. Bahan sambal

Resep Seruit Khas Lampung, Kenikmatan Sambal HakikiIlustrasi bahan-bahan sambal goreng kasbi (Instagram.com/harysubastian)

Untuk membuat sambal, diperlukan bahan bahan antara lain terasi udang, cabe keriting, tomat ceri dan bawang merah. Lalu siapkan juga tempoyak, yakni duren yang telah difermentasi sebagai pembangkit citarasa khas sambal ini, mangga muda dan jeruk nipis yang menambah kesegaran sambal Seruit.

Baca Juga: Baso Aci Perpaduan Sunda dan Korea, Sensasi Super Pedas! 

3. Masak bumbu utama

Resep Seruit Khas Lampung, Kenikmatan Sambal Hakikipexels.com/Mareefe

Memasak resep seruit, pertama tama adalah mengolah bumbu utama. Langkahnya yaitu pertama-tama haluskan bawang putih, garam, kunyit, ketumbar dan jahe hingga menjadi adonan. Lalu beri sedikit air untuk mengencerkan dan memudahkan bumbu ini untuk meresap.

4. Olah ikan sesuai selera

Resep Seruit Khas Lampung, Kenikmatan Sambal HakikiIlustrasi Ikan yang dijual di Pasar Ikan (IDN Times/Lia Hutasoit)

Balurkan bumbu yang telah dihaluskan tadi ke ikan yang telah disiapkan, ratakan hingga bumbu meresap sempurna. Nah untuk memasak ikan ini Anda bisa memilih untuk menggoreng ataupun membakar ikan yang telah disiapkan.

Cara memasak ikan ini bebas karena menyesuaikan selera dari penikmat sambal Seruit dan citarasa sambal akan tetap keluar dengan kedua cara ini. Masak dengan api kecil saja agar bumbu dapat meresap dengan sempurna.

Jika memilih untuk mengolah ikan dengan cara dibakar, ketika ikan sudah setengah matang segera olesi ikan yang dibakar tadi dengan bumbu khusus. Bumbu khusus resep seruit ini dibuat dengan dengan kecap manis dan campuran bumbu dari bawang putih, garam dan ketumbar yang telah dihaluskan.

5. Mengolah sambal

Resep Seruit Khas Lampung, Kenikmatan Sambal Hakikicookpad.com/id

Setelah ikan matang sempurna, angkat lalu tiriskan dan sisihkan ikan. Kemudian masukkan cabai merah dan cabai rawit sesuai selera, setengah sendok garam, dan terasi. Haluskan semua bumbu ini sampai benar-benar merata.

Setelah bumbu menjadi halus, masukkan tempoyak dan campurkan lalu aduk hingga  rata untuk membangkitkan citarasa yang khas dari sambal Seruit ini.

6. Disajikan dengan lalapan

Resep Seruit Khas Lampung, Kenikmatan Sambal HakikiInstagram.com/eviwanq

Setelah sambal selesai dibuat, tuangkan sambal Seruit di atas ikan yang telah dimasak dengan cara dibakar atau digoreng. Hidangan ini lebih cocok untuk dinikmati bersama beberapa jenis lalapan untuk menyeimbangkan rasa dari sambal dan sedapnya olahan ikan. Jangan lupa tambahkan mangga muda untuk dihidangkan sebagai penambah sensasi sambal yang segar.

7. Sambal seruit siap dinikmati

Resep Seruit Khas Lampung, Kenikmatan Sambal Hakikiinstagram.com/kulinerselampung

Terakhir, tambahkan perasan jeruk nipis pada sambal untuk memberi sensasi asam yang menggoda pada adonan sambal Seruit. Hidangkan berdampingan dengan nasi hangat dan santap selagi belum dingin. Sensasi sambal yang segar pedas asam sangat membangkitkan selera makan.

Resep Seruit dengan kelezatan sambal yang dipadukan dengan kehangatan perkumpulan keluarga menjadikan prosesi menyantap sambal Seruit menjadi lebih nikmat dan lezat. Itulah tadi pembahasan resep sambal Seruit yang terkenal dari daerah Lampung, semoga dapat menginspirasi Anda untuk menyiapkan hidangan yang cocok untuk disajikan dalam perkumpulan keluarga.

Baca Juga: Resep Engkak Ketan Khas Lampung, Tekstur Kenyal dan Gugah Selera

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya