Comscore Tracker

Jadwal Penukaran Uang Rupiah BI Lampung, Cek Syaratnya Ya!

Digelar di halaman parkir depan kantor BI

Bandar Lampung, IDN Times - Layanan penukaran uang Rupiah pecahan kecil kepada masyarakat menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah masih akan dilakukan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung. Jadwal layanan 27-28 April 2022 di halaman parkir depan kantor BI.

Penukaran uang Rupiah selama 2 hari itu bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah Lampung, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, Bank Syariah Indonesia, Bank Tabungan Negara, Bank Central Asia, dan Bank CIMB Niaga.

Baca Juga: Jadwal Layanan Kas Keliling Bank Indonesia di Bandar Lampung-Lamsel

Sebelum tukar uang, daftar dulu ya

Jadwal Penukaran Uang Rupiah BI Lampung, Cek Syaratnya Ya!Warga antre menukarkan uang baru pada mobil kas keliling Bank Indonesia (BI) di Pasar Koja Baru, Jakarta Utara, Rabu (13/4/2022). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung, Budiyono menjelaskan, layanan penukaran uang dilakukan secara drive thru dan walk thru. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk service excellent perbankan dan selaras fungsi dan peran Bank Indonesia yakni menjaga dan memenuhi kebutuhan uang kartal di masyarakat.

Sebelum melakukan penukaran uang imbuhnya, masyarakat diminta melakukan pemesanan melalui aplikasi PINTAR di situs pintar.bi.go.id. Penukaran untuk per orang maksimal sebesar Rp3,8 juta.

Rincian penukaran uang nominal tersebut terdiri dari:

  • Pecahan Rp20.000 = Rp2.000.000 (1 pak)
  • Pecahan Rp10.000 = Rp1.000.000 (1 pak)
  • Pecahan Rp5.000 = Rp 500.000 (1 pak)
  • Pecahan Rp2.000 = Rp 200.000 (1 pak)
  • Pecahan Rp1.000 = Rp 100.000 (1 pak). 

Sosialisasi QRIS

Jadwal Penukaran Uang Rupiah BI Lampung, Cek Syaratnya Ya!Ilustrasi penggunaan QRIS (IDN Times/Dokumen Bank Indonesia)

Selain penukaran uang, turut digelar sosialisasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah serta QRIS” dengan tema Serambi Rupiah Ramadhan 2022. Apalagi 2022 ini secara nasional ditargetkan sebanyak 15 juta pengguna baru QRIS.

Budiyono berharap, kegiatan layanan dan sosialisasi digelar 2 hari tersebut dapat mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan uang Rupiah dengan kualitas yang baik, pecahan yang sesuai, dan nominal yang cukup. Sekaligus menambah pemahaman masyarakat terkait alat pembayaran sah di Indonesia yakni Rupiah yang harus
dikenali, dirawat, dan dijaga serta semakin memperluas pemahaman masyarakat mengenai QRIS.

Salurkan 1.000 paket sembako

Jadwal Penukaran Uang Rupiah BI Lampung, Cek Syaratnya Ya!Kpw BI Provinsi Lampung bersama jajaran pimpinan perbankan tergabung dalam Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Lampung kembali menyelenggarakan kegiatan penyaluran bantuan sosial, Senin (25/4/2022). (Dok. BI Lampung).

Kpw BI Provinsi Lampung bersama jajaran pimpinan perbankan tergabung dalam Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Lampung kembali menyelenggarakan kegiatan penyaluran bantuan sosial, Senin (25/4/2022) di ruang auditorium Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung. Dalam acara tersebut, disalurkan bantuan sosial berupa 1.000 paket sembako.

"Bantuan berupa 1.000 paket sembako ini akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan di wilayah Kota Bandar Lampung khususnya pada periode Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah," kata Budiyono

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan wujud pelaksanaan fungsi dan tugas Bank Indonesia yang didukung oleh seluruh perbankan di wilayah Provinsi Lampung aktif berkontribusi pada perekonomian daerah. Salah satunya pada aspek pemberdayaan ekonomi dan kepedulian sosial.

"Apalagi saat ini pandemik COVID-19 masih berlangsung. Ini turut berdampak pada kesejahteraan masyarakat menengah ke bawah yang tidak memiliki penghasilan tetap," jelas Budiyono.

Baca Juga: Kala BI Lampung Buka Layanan Penukaran Uang di Kapal Penyeberangan

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya