Comscore Tracker

Apeksi 2022 di Bandar Lampung, Tingkat Hunian Hotel Meningkat

Sambut kedatangan pejabat dengan spanduk dan gelaran UMKM

Bandar Lampung, IDN Times - Jelang kegiatan nasional HUT APEKSI di Bandar Lampung 26-29 Mei 2022, hunian hotel berbintang di Kota Tapis Berseri ini meningkat.

Terutama Hotel Novotel karena dijadikan tempat penginapan utama dan banyak kegiatan digelar di hotel bintang 4 tersebut.

General Manager Novotel Lampung, Samian Rais mengatakan, tingkat hunian Hotel Novotel periode 26 sampai 28 Mei 2022 mencapai 97 persen.

"Alhamdulillah signifikan ya. Kalau bulan lalu tingkat hunian di Novotel di angka 35 persen karena puasa," kata Samian kepada IDN Times, Kamis (26/5/2022).

Menurut Samian, pihak hotel tak mempersiapkan kedatangan  pejabat secara khusus, sebab penyambutan ditangani oleh pihak panitia Apeksi. "Pihak hotel menyiapkan apa yang diminta pihak mereka karena ditangani oleh pihak EO Apeksi," ujarnya.

Baca Juga: Ini Rencana Lokasi dan Kegiatan Rakernis APEKSI Bandar Lampung 2022

1. Pasang booth UMKM di lobby hotel

Apeksi 2022 di Bandar Lampung, Tingkat Hunian Hotel MeningkatIDN Times/Reza Iqbal

Hotel berbintang lain mempersiapkan gelaran Apeksi adalah Sheraton Hotel Lampung. Selain sederet spanduk terpasang di sepanjang jalan, Hotel Sheraton bekerjasama dengan Disperindang Provinsi Lampung untuk mendukung UMKM.

"Jadi UMKM memasang booth mereka di lobby hotel kita," kata General Manager Hotel Sheraton Lampung, Benedictus Jodie. 

Namun, Sheraton hanya mendapat beberapa pesanan kamar hunian saja dalam acara Apeksi tersebut.

"Sementara ini kami mendapat pemesanan dari acara lain. Kalau acara Apeksi ini tidak terlalu banyak, hanya beberapa saja yang masuk ke hotel kami," jelasnya.

Jodie berharap, ke depan bisa mempersiapkan lebih baik lagi dan mendapat grup atau pesanan kamar hunian juga, sehingga hunian menjadi lebih baik.

2. Tingkat hunian dari semua hotel capai 70 persen

Apeksi 2022 di Bandar Lampung, Tingkat Hunian Hotel MeningkatInstagram.com/novotellampung

Jodie mengatakan, berdasarkan data PHRI Lampung, untuk tingkat hunian dari semua hotel di Kota Bandar Lampung, dibanding bulan lalu, jelang kegiatan Apeksi hampir mencapai 60 sampai 70 persen. 

Jodie berharap, tidak hanya kegiatan Apeksi tetapi kegiatan daerah lain, atau acara G20, hotel di Lampung memiliki kesempatan melayani tamu negara untuk melihat keindahan Lampung.

"Pasti dengan kegiatan MICE atau daerah, Lampung salah satu provinsi sangat cocok jadi tuan rumah kedatangan tamu Manca Negara atau daerah untuk melihat keindahan Sai Bumi Ruwa Jurai ini," harapnya.

3. Tingkat hunian kamar di Hotel Bukit Randu meningkat

Apeksi 2022 di Bandar Lampung, Tingkat Hunian Hotel Meningkatilustrasi kamar hotel (Instagram/@artotelgajahmadasemarang).

Senada dengan Jodie, Manager Operasional Bukit Randu, Raban juga berharap ada banyak acara digelar di Kota Tapis Berseri ini, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Menurutnya, dalam acara Apeksi tersebut Hotel Bukit Randu juga hanya menerima beberapa tamu. Namun untuk tingkat hunian relatif baik pada periode 27-29 Mei mencapai 80-90 persen.

"Kita gak ada persiapan khusus untuk Apeksi ini karena yang di hotel kami mungkin hanya beberapa stafnya," ujarnya.

Baca Juga: 775 Personel Polisi Bersiap Amankan Apeksi 2022 di Bandar Lampung

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya